Apa Kelebihan Beras Merah Yang Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan?


beras merah via kumparan.com

Pernahkah Anda mengonsumsi nasi merah? Banyak orang yang sedang diet mengganti nasi putih dengan nasi merah. Lalu, apa saja beras merah fungsinya? Adakah imbas samping beras merah?

Terbuat dari apa beras merah? Beras merah yaitu salah satu jenis beras yang berasal dari padi merah. Sekilas gabahnya sama dengan beras putih biasa. Namun, sesudah dibuka kulit gabahnya, ternyata di dalamnya ada butiran yang berwarna merah.

Apa saja yang terkandung dalam beras merah? Kandungan di beras merah menawarkan sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Sumber karbohidrat kompleks dari beras merah ini, membuatnya lebih unggul dari beras putih. Selain itu beras merah mengandung sejumlah nutrisi lain yang terkandung di dalamnya.

Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah sebagai berikut:
  • Karbohidrat -- 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  • Serat -- 7% ( dari serat diharapkan untuk diet 2.000 kalori)
  • Vitamin B -- ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).
  • Magnesium, fosfor dan kalsium -- untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
  • Kalium -- untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung. 

Benar-Benar Luar Biasa, Ini 10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Beras Merah Fungsinya

ilustrasi nasi merah via sahabatnestle.co.id

Mayoritas masyarakat mengkonsumsi beras putih, namun akhir-akhir ini banyak yang beralih dengan mengkonsumsi beras merah, tentu saja bukan tanpa alasan. Mengapa beras merah lebih baik dari beras putih? Ada beberapa beras merah fungsinya untuk kesehatan yang melebihi beras putih, diantaranya:

1. Alternatif Diet Terbaik
Apa beras merah manis untuk diet? Bagi Anda yang tidak percaya diri dengan berat tubuh yang Anda miliki dan ingin menurunkan berat tubuh dengan cara yang sehat, maka sebaiknya Anda memulai mengonsumsi beras merah. Pasalnya beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang tujuannya yaitu sebagai energy supply dan dilakukan secara terpola pada tubuh manusia, sehingga perut tidak gampang terasa kosong dan lapar.

2. Mengobati Sakit Maag
Manfaat beras merah kali ini diperuntukkan bagi Anda yang sering mengalami duduk perkara dalam pencernaan menyerupai sakit maag. Sakit maag sanggup mengganggu hari-hari Anda alasannya yaitu rasa nyerinya tiba secara berkala, dimana akan terasa tidak nyaman dan menyiksa.

Namun bagi anda yang sedang mengalaminya tidak perlu risau, salah satu cara mengobati sakit maag yaitu dengan rutin mengkonsumsi beras merah sebagai masakan pokok. Beras merah mempunyai kandungan serat yang tinggi yang di percaya sanggup mengurangi kadar asam lambung dalam tubuh.

3. Menjaga Tulang Tetap Kuat
Semakin bertambah usia, kekuatan tulang pada tubuh insan juga semakin berkurang. Namun bagi Anda yang ingin tetap terlihat bugar dan kuat, tak ada salahnya anda mulai beralih mengonsumsi dari beras putih ke beras merah. Karena beras merah mempunyai kandungan magnesium yang populer bisa menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegah osteoporosis.

4. Mencegah Sembelit atau Sulit Buang Air Besar (BAB)
Anda tak perlu lagi mewaspadai manfaat beras merah untuk membantu BAB menjadi lebih lancar. Beras merah mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi 6 kali dari pada beras putih biasa, sehingga kandungan serat yang dihasilkan sanggup mencegah Anda mengalami sembelit dan mencegah kanker usus.

5. Menjaga Kekuatan Gigi
Selain mempunyai gigi rapi yang bersih, gigi yang berpengaruh juga merupakan poin penting sehingga bisa masuk dalam kategori gigi yang sehat. Salah satu cara paling gampang yang bisa Anda lakukan untuk mempunyai gigi yang berpengaruh ialah dengan mengonsumsi beras merah,karena beras ini mengandung magnesium yang bisa membantu memperkuat tekstur gigi Anda.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah
Kadar kolesterol jahat dalam darah yang berlebih sanggup menimbulkan banyak sekali macam penyakit khususnya yang sering terjadi yaitu penyakit jantung dan stroke. Jika anda tidak ingin mengalaminya, maka anda perlu melaksanakan pencegahan dini dengan cara mulai mengkonsumsi beras merah.

Manfaat beras merah yang satu ini di percaya bisa menaikkan kadar kolesterol baik dalam darah alasannya yaitu mempunyai senyawa lovastatin alami atau yang dikenal dengan monacolinK. Dengan begitu, beras merah sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker
Kanker sanggup di cegah dengan contoh hidup yang sehat dan bersih, namun tidak ada salahnya anda memperhatikan khasiat pada masakan yang anda konsumsi. Manfaat beras merah kali ini yaitu sebagai salah satu alternatif mencegah kanker. Kandungan serat dan atioksidan tinggi yang dimiliki beras merah sanggup membantu tubuh dalam menghindari radikal bebas penyebab kanker.

Efek Samping Beras Merah



ilustrasi beras merah via kiatfit.com

Ternyata efek samping beras merah  ada lho, jikalau dikonsumsi secara sembarangan dan tidak sesuai dengan proposal hebat gizi atau mekanisme 4 sehat 5 sempurna. Berikut beberapa efek samping beras merah yang sanggup Anda alami.

1. Gangguan pencernaan lambung
Beras merah mengandung asam fiktat dan senyawa lektin yang jikalau dikonsumsi secara berlebihan akan muncul imbas samping beras merah berupa gangguan perembesan zat zat mineral dalam tubuh. Asam fiktat dan lektin sanggup mempersulit protein untuk dicerna oleh tubuh sehingga mengganggu kinerja sistem pencernaan termasuk gangguan pencernaan lambung pada insan yang diawali dengan adanya luka dan peradangan .

2. Gangguan mental
Di dalam beras merah juga terkandung zat Leaky gut syndrome yang sanggup menimbulkan jaringan usus rusak dan mengganggu kelancaran pedoman darah sehingga memudahkan basil atau mikroba lain untuk mengurai dan meningkatkan resiko munculnya gangguan pada saraf, pembuluh darah serta jaringan otak yang mengacu pada kelainan mental.

3. Reaksi alergi
Beras merah yang tidak dicuci higienis sanggup mengakibatkan imbas samping beras merah dalam bentuk reaksi alergi. Kondisi gampang terjadi pada siapa saja alasannya yaitu beras merah bisa saja telah terkontiminasi oleh kotoran dan urine dari beberapa binatang contohnya tikus, Cecurut, Kecoa, Lipan dan sebagainya. Dimana kotorannya mengandung basil atau virus yang beresiko mengganggu jaringan dalam bentuk reaksi alergi. Salah satu ciri ciri alergi yang perlu di waspadai yaitu ruam kemerahan yang gatal.

4. Badan kurus
Beras merah rendah kalori, rendah lemak dan mempunyai karbohidrat yang jelek tetapi bisa menekan rasa lapar lebih usang sehingga menimbulkan seseorang kehilangan selera untuk makan masakan jenis lain yang lebih bergizi. Jika dikonsumsi terus menerus tanpa diimbangi gizi yang seimbang, maka sanggup menimbulkan tubuh kekurangan gizi dan menimbulkan munculnya imbas samping beras merah berupa berat tubuh yang terus menurun.

5. Mengandung timbal, arsenik, dan kadmium
Beras merah sanggup mengandung zat-zat berbahaya menyerupai timbal, arsenik atau kadmium ketika penyimpananya bekerjasama pribadi dengan kondisi kurang baik, daerah yang kotor, dibiarkan terlalu usang di lantai, tanah, berada pada tingkat udara yang penuh dengan radikal bebas dan kelembaban ruangan yang berubah ubah. Dampak ancaman keracunan timbal bagi kesehatan tubuh insan sama besarnya dengan zat arsenik atau kadmium yang ada pada kepulan asap rokok dan asap hitam kendaraan.

Manfaat Tomat, Selain Enak Dimakan Ternyata Bagus Untuk Perawatan Wajah

Nah, itulah manfaat dan imbas samping dari beras merah yang sanggup kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Mohon maaf jikalau ada kekurangan ataupun kesalahan.