Ciri-Ciri Dajjal Ketika Akan Muncul, Benarkah Keluar Ditahun 2020?


ciri ciri dajjal via iluminasi.com

Siapakah Dajjal? Sudah tidak asing lagi kita mendengar namanya.

Namun siapa dia, darimana asal-usulnya nanti, kapan ia muncul? Karena datangnya Dajjal menjadi tanda berakhirnya kehidupan.

Al Qur'an menjelaskan, bagaimana ciri ciri dajjal. Berikut kupas selengkapnya.

Diantara gejala hari final zaman yaitu munculnya Dajjal, yaitu sosok insan dari turunan Adam yang akan menjadi fitnah bagi manusia. Karena besarnya fitnah Dajjal dan sangat berbahayanya bagi manusia, maka ciri ciri dajjal berdasarkan Rasulullah dalam aneka macam hadits penting untuk diketahui.

Sebagian orang menyangka ciri ciri dajjal dalam al quran adalah bermata satu dibagian tengah dahinya, berbadan mirip raksasa, bertanduk dan besarnya mirip gunung, sehingga sanggup diilustrasikan dajjal bisa berpindah dari suatu pulau ke pulau yang lainnya hanya dengan satu langkah. Bahkan kedalaman lautan pun hanya setinggi betisnya.

Asal seruan dan ciri ciri dajjal dalam beberapa hadist dijelaskan bahwa dajjal yaitu seorang keturunan Yahudi. Ia lahir dari orang renta yang postur tubuhnya tinggi gemuk dengan hidung sangat mancung ibarat paruh burung.


ilustrasi kedatangan dajjal via youtube.com

Imam Al Barzanji juga pernah menyebut bila asal seruan moyang dajjal yaitu seorang dukun Yahudi (Syaqq) yang kawin dengan perempuan dari keturunan jin. Moyang dajjal ini hidup di zaman Nabi Sulaiman AS. Oleh nabi Sulaiman, si moyang dajjal dan istrinya yang berasal dari golongan jin disebutkan sempat dipenjarakan dan ditangkap sebab ulahnya dalam merusak iman umat.

Dajjal dipenjara dan dirantai di sebuah pulau asing dan dijauhkan dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan umat manusia. Ia tidak akan pernah bisa lepas dari penjara tersebut sebab selain dirantai, ia juga dijaga oleh seekor binatang besar berjulukan Al-Jassasah.

Apa ciri ciri dajjal datang? Ciri ciri dajjal sudah keluar menjadi tanda tibanya hari final zaman atau hari akhir. Dajjal akan muncul dari arah timur dari negeri Persia, disebut Khurasan. Orang yang berpengaruh imannya akan berani menentang pedoman tersebut meski nyawanya dipertaruhkan, sedangkan bagi orang yang imannya lemah, ia akan berdasarkan dan menjadi pendukung dan hamba dajjal. Naudzubillah.

Wallahualam, 13 Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Muncul


Ciri Ciri Dajjal Beserta Dalilnya

ilustrasi dajjal via islamidia.com

Keluarnya Dajjal merupakan satu kasus yang pasti. Dajjal akan berusaha menyesatkan insan dari jalan Allah. Sehingga orang yang beriman semestinya mengetahui ciri ciri dajjal beserta dalilnya agar terhindar dari kesesatannya. Bagaimana ciri ciri dajjal? Berikut ulasannya.

1. Dajjal Memiliki Cacat Fisik
Salah satu citra Dajjal berdasarkan islam ialah ia mempunyai keanehan fisik yang mana terdapat buta pada mata sebelah kiri. Akan tetapi, cuilan mata kanan sebelah kanan berwarna gelap yang mana tidak bersinar digambarkan mirip layaknya buah anggur yang rusak.

Dikarenakan mata sebelah kirinya yang buta dan tidak sanggup melihat, didalam beberapa hadits menyebutkan bahwa dajjal mempunyai bermata satu. Namun, terdapat pula hadits yang menyebutkan bahwa mata kanan dajjal yang buta atau tidak sanggup melihat.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar رضي الله عنهما bahwasannya Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyebutkan Dajjal ditengah-tengah insan seraya berkata:

إن الله لايخفى عليكم إن الله ليس بأعور ألا وإن المسيح الدجال أعور العين كأن عينه عنبة طافية

Sesungguhnya Allah ta’ala tidak Buta.Ketauhilah bahwa al-Masih ad Dajjal buta sebelah kanannya.seakan-akan sebuah anggur yang busuk. (HR. Bukhari)

Adapun beberapa perbedaan mengenai cuilan mata yang buta sebelah kanan atau kiri, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Yang terpenting ialah dajjal buta matanya yang sebelah atau bermata satu.

2. Dajjal Berpostur Gemuk
Gambaran dajjal berdasarkan islam yang lainnya ialah ia merupakan pria dengan postur tubuh gemuk dan mempunyai warna kulit kemerah-merahan.

Sebagaimana dijelaskan pada hadist Rasulullah Saw yaitu, “Sesungguhnya, Dajjal yaitu seorang pria yang pendek, pengkor, keriting, matanya buta sebelah, tidak timbul tidak pula berlubang-lubang. Kalau ia membuat kalian ragu-ragu, ketahuilah bahwa Rabb kalian tidak buta.” Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud.

Nantinya diyakini, dajjal akan muncul dan mulai beraksi pertama kali di Kota Isfahan, Iran. Pada ketika ini, kota ini merupakan kota terbesar yang berada di Iran sesudah Mashad dan Teheran. Kota Isfahan terebut  terletak sekitar 340 kilometer dari selatan Teheran.

3. Terdapat Tulisan Kafir di Keningnya
Salah satu citra dajjal dalam islam yang paling mencolok bagi kaum muslimin ialah terdapat goresan pena kafir pada keningnya. Pada dahinya,  terdapat cap atau setempel yang bertuliskan aksara Arab yaitu kaaf, faa, raa, yang kemudian dibaca sebagai kafir.

Sebagaimana  sabda Rasulullah Saw,

ألا إنه أعور وإن ربكم ليس بأعور وإن بين عينيه مكتب كافر فيه

“…Ketahuilah sesungguhnya beliau (Dajjal) buta sebelah. Sedangkan Rabb kalian tidak buta. Dan sesungguhnya di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’.” Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari.

Cap atau goresan pena yang terdapat pada kening dajjal tersebut sanggup dengan terang terbaca oleh setiap Muslim, walaupun  sebelumnya ia tidak sanggup membaca aksara Arab.

4. Memiliki Kendaraan Berupa Keledai Putih
Gambaran dajjal dalam islam selanjutnya ialah ia mempunyai kendaraan eksklusif yaitu keledai yang berwarna putih. Walaupun berupa keledai, binatang tersebut sanggup berjalan dengan cepat. Digambarkan dalam Sekali langkah saja bisa hingga satu mil jaraknya, selain itu keledai tersebut sanggup terbang di atas daratan dan lautan.

Selain itu, keledai tersebut juga bisa memakan api dan menghembuskan asap pada hidungnya. Dalam alam pikiran insan modern, ada yang memahami bahwa keledai sebagai pesawat terbang berwarna putih, berbahan bakar (memakan api), dan menghembuskan asap. Wallahu A’lam Bishawab.

5. Dajjal Membawa Air dan Api dikedua Tangannya
Diceritakan bahwa suatu hari pada demam isu kemarau, Dajjal kemudian akan bertanya, “Apakah kau menginginkan api atau air?” Jika menjawab air, itu bermakna api yang diberikannya. Jika jawabannya api, ia akan memberi air.

Kemudian seseorang akan diberikan air bila mengakui Dajjal sebagai Tuhan dan bila keluar dari agama Allah. Sebaliknya bila seseorang lebih menentukan api dan tetap berada di jalan Allah, maka ia akan dibunuh Dajjal. Namun api tersebut bersama-sama ialah syurga dari Allah SWT.

Melihat ciri-ciri mengerikan itu tahun kemudian telah tersebar isu, akankah Dajjal keluar ditahun 2020?

Akhir-akhir ini terasa banyak sekali isu-isu yang keluar wacana kerusakan dunia yang akan datang. Dari konflik Palestina dan Israel bahkan negara-negara lain yang tak kunjung reda, gempa bumi yang melanda Indonesia, hingga bunyi-bunyi absurd dari aneka macam penjuru dunia.

Semua itu seolah-olah menjadi instruksi akan datangnya kiamat.

Pernah viral di tahun 2017 sebuah program televisi bertema Ruqyah, mendapati seorang pasien kerasukan jin dan memanggil-manggil nama "dajjal".

“Dajjal dajjal tolong aku” begitulah keluhnya. Sempat Jin kafir tersebut mengancam sambil tertawa “2020, hahaha kalian lihat nanti, dunia akan kekeringan, dunia akan kekeringan, kalian akan disesatkan oleh dajjal hahahaha. Dajjal yang kuasa kami”.

Bagaimana kita harusnya menanggapi hal ini?

Yang niscaya yaitu dunia ini sudah renta dan insan masih saja melaksanakan kerusakan mirip yang dikhawatirkan para malaikat sewaktu Allah akan membuat Adam as. sebagai insan pertama di dunia ini. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 30:

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya saya hendak menyebabkan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menyebabkan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya saya mengetahui apa yang tidak kau ketahui.”

Akhir zaman yaitu sesuatu yang niscaya dan mustahil untuk dihindari. Maka dari itu jalan satu-satunya supaya kita selamat dari kebijaksanaan kancil syaitan yaitu tetap semangat dalam beribadah dan terus memperbaiki diri.

9 Ciri Ciri Orang yang Akan Menjadi Pengikut Dajjal

ilustrasi pengikut dajjal via dailymoslem.com

Sebelum kemunculan Dajjal ke muka bumi, para pengikut Dajjal sudah mempersiapkan diri dan menghimpun koloni. Mereka yang tergabung yaitu orang-orang yang disenangi Dajjal. Siapa saja mereka? Berikut 9 ciri ciri orang yang akan menjadi pengikut dajjal.

1. Orang yang Mengacuhkan Seruan Adzan
Adzan yaitu ujian keimanan bagi seorang mukmin. Ketika panggilan Allah SWT ini diabaikan, maka golongan ini akan dengan gampang melanggar larangan-larangan lainnya. Sehingga siapa yang dengan gampang mengacuhkannya akan sangat disenangi oleh Dajjal. Karena hakikatnya Dajjal akan menghuni neraka, sehingga mereka yang melanggar perintah Allah, akan bersama Dajjal ikut ke neraka.

2. Senantiasa membaca al-Quran, namun bacaannya tidak hingga melewati tenggorokan
Ciri-ciri yang telah Nabi sebutkan di atas telah sesuai dengan kelompok yang selalu teriak lantang kembali pada al-Quran dan hadits, kelompok yang senantiasa mempermasalahkan urusan furu’iyyah ke tengah-tengah umat, kelompok yang mengaku mengikut manhaj salaf, kelompok yang senantiasa membawakan hadits-hadits Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam yaitu tidak ada lain yaitu wahhabi yang kini bermetomorfosis menjadi salafi.

3. Suka memerangi umat Islam dan membiarkan orang-orang kafir
Ciri mereka yang suka memerangi umat Islam, tidak samar dan tidak diragukan lagi, sejarah telah mencatat dan mengakui sejarah berdarah mereka di awal kemuculannnya, ribuan umat Islam dari kalangan awam maupun ulamanya telah menjadi korban berdarah mereka hanya sebab melaksanakan amaliah yang mereka anggap perbuatan syirik dan kufr dan dianggap telah menentang dakwah mereka.

4. Memperbagus ucapan namun prakteknya buruk
Mereka bila berbicara dengan lawannya selalu mengutarakan ayat-ayat al-Quran dan hadits, namun ucapanya tersebut tidaklah dinyatakan dalam prakteknya, kadang mereka membaca mushaf al-Quran pun sambil tiduran tanpa ada adabnya sama sekali.

5. Selalu mengajak kembali pada al-Quran, namun sejatinya al-Quran berlepas darinya
Mereka senantiasa berkoar-koar kepada kaum muslimin lainnya biar kembali pada al-Quran. Tanda mereka ini sangat konkret dan kentara kita ketahui pada realita ketika ini, kaum wahabi selalu teriak kepada kaum muslimin untuk kembali pada Al-Quran. Ahlus sunnah selalu mengajak pada Al-Quran sebab pedoman mereka memang bersumber dari Al-Quran, namun kenapa Allah menyebabkan sifat ini sebagai tanda pada kaum neo khawarij ini? Sebab merekalah satu-satunya kelompok yang dikenali dikalangan awam yang selalu teriak mengajak pada Al-Quran sedangkan Al-Quran sendiri berlepas diri dari mereka. Sehingga hal ini (yad’uuna ilaa kitabillah, mengajak kepada Al-Quran) menjadi tanda atas kelompok ini bukan pada kelompok khawarij lainnya.

6. Bercukur gundul
Tanda mereka yaitu bercukur gundul, hal ini menambah keyakinan kita bahwa yang dimaksud oleh Nabi dalam tanda ini yaitu tidak ada lain kelompok wahaboy. Tidak ada satu pun kelompok jago bid’ah yang melaksanakan kebiasaan dan melazimkan mencukur gundul selain kelompok wahaboy ini, mereka kelompok sesat lainnya hanya bercukur gundul pada ketika ibadah haji dan umrah saja sama mirip kaum muslimin Ahlus sunnah. Namun kelompok wahaboy ini menyebabkan mencukur gundul ini suatu kelaziman bagi pengikut mereka kapan pun dan dimana pun.

7. Berusia muda dan akalnya lemah
Mereka pada umumnya masih berusia muda tetapi lemah akalnya, atau itu yaitu sebuah kalimat majaz yang bermakna orang-orang yang kurang berpengalaman atau kurang berkompetensi dalam memahami Al Qur’an dan As Sunnah. Subyektivitas dengan daya dukung pemaham yang lemah dalam memahaminya, bahkan menafsiri ayat-ayat Al-Qur`an dengan mengedepankan fanatik dan emosional golongan mereka sendiri.

8. Berbohong atau dusta
Allah mengutuk orang yang banyak berbohong:

“Terkutuklah orang-orang yang banyak berdusta" [QS Adz Dzaariyaat:10]
Siksa yang pedih di neraka disediakan bagi para pendusta:

Dusta yaitu satu ciri orang Munafik:

Nabi Muhammad SAW: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yaitu bila berbicara dusta, bila berjanji tidak ditepati, dan bila diamanati beliau berkhianat. “(HR. Muslim)

Berdusta bukanlah sifat seorang Mukmin:

“Seorang mukmin mempunyai watak atas segala sifat malu kecuali khianat dan dusta. (HR. Al Bazzaar)

9. Bersekutu dgn kaum Zionis Yahudi dan Kristen (AS, NATO, dan Israel) membantai ummat Islam
Orang-orang yang beriman tidak akan mengambil kaum Yahudi dan Kristen sebagai pemimpin:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kau mengambil orang-orang Yahudi dan Kristen menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka yaitu pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa diantara kau mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. [Al Maa-idah 51]

Hanya orang munafik yang bersahabat dengan kaum Yahudi dan Kristen yang ketika ini tengah memusuhi Islam dan membantai ummat Islam:

“Maka kau akan melihat orang-orang yang ada penyakit dalam hatinya (orang-orang munafik) bersegera mendekati mereka (Yahudi dan Nasrani), seraya berkata: “Kami takut akan menerima bencana.” Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan (kepada Rasul-Nya), atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya. Maka sebab itu, mereka menjadi menyesal terhadap apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka.” [Al Maa-idah 52]

Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Muncul Ditahun 2018, Naudzubillah

Nah, itulah informasi wacana ciri ciri dajjal yang kami rangkum dari aneka macam sumber. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Mohon maaf bila ada kekurangan ataupun kesalahan.