Warisan Dari Nenek Moyang, Bolehkah Menyimpan Benda Pusaka Berdasarkan Islam?


Sejarah benda pusaka via bendamustikabertuah.blogspot.com

Tidak dipakai untuk suatu kepentingan apapun. Bolehkah benda pusaka milik kakek nenek kita simpan dirumah?

Bagaimana hukumnya menyimpan keris atau semisal cincin dari batu, atau benda-benda lain yang dianggap keramat?

Sejak zaman dulu banyak sekali benda bertuah banyak dicari atau dimiliki oleh beberapa orang, pro kontra memang selalu mewarnai segala hal dalam kehidupan. Perbedaan pandangan atau keyakinan yaitu masuk akal dalam kehidupan manusia. Bahkan dalam agama islam yang jelas-jelas menggunakan satu kitab suci, juga masih mempunyai perbedaan dalam setiap pendapatnya.

Semua benda maupun benda pusaka maupun berupa tongkat, keris, tombak dll pada umumnya tidaklah mempunyai suatu kekuatan apapun, namun banyak yang meyakini bahwa benda pusaka mempunyai kekuatan tersendiri. Apa itu benda pusaka? Pusaka yaitu suatu istilah yang dipakai untuk menyebutkan suatu benda yang dianggap sakti atau keramat. Biasanya benda-benda yang dianggap keramat di sini umumnya yaitu benda warisan yang secara bebuyutan diwariskan oleh nenek moyangnya, ibarat contohnya dalam lingkungan keraton

Semua benda ataupun benda pusaka baik berupa tongkat, keris, dan lain sebagainya bekerjsama tidak mempunyai kekuatan apapun. Lalu bagaimana aturan mengoleksi benda pusaka? Inti dari aturan benda pusaka didasarkan pada keyakinan kita dalam menilai benda tersebut.

Di Indonesia banyak masyarakat yang meyakini perihal kekuatan dari benda pusaka ini, banyak yang percaya benda pusaka mempunyai kekuatan ghoib. Adapun benda pusaka paling sakti di tanah jawa yaitu keris empu gandring, keris pusaka kyai sengkelat, keris pusaka setan kober, keris pusaka nagasasra sabuk inten, dan keris pusaka kala munyeng milik sunan giri. Dibawah ini merupakan klarifikasi mengenai benda pusaka dan kegunaannya.


Keguaan benda pusaka via penasihatspiritual.com

Benda Pusaka dan Kegunaannya.

berikut yaitu beberapa jenis Benda Pusaka Alam Gaib yang paling banyak dicari oleh orang-orang Indonesia dan Kegunaannya:

#Mustika Merah Delima
Mustika Merah Delima yaitu salah satu benda supranatural yang mempunyai energi spiritual sangat kuat dan kebanyakan orang dipercaya sebagai ajimat yang mempunyai banyak karomah.

Kegunaan Mustika Merah Delima:
  • Sebagai  keselamatan
  • Meningkatkan kewibawaan
  • Perlindungan diri
  • Pagar ghaib
  • Membuka aura tubuh
  • Membuka aura spiritual
  • Menaikkan jabatan dengan cepat
  • Membantu melancarkan rezeki
  • Membantu melancarkan karir
  • Meningkatkan keimanan

#Mustika Ratu Pantai Selatan
Mustika Ratu Pantai Selatan merupakan mustika bertuah yang mempunyai pamor atau corak warna hijau yang sangat indah dan elegan. Mustika ini didapatkan hasil penarikan mistik di pantai selatan, dan Mustika Ratu Pantai Selatan ibarat ini sangat banyak yang menggemari dan memburunya.

Kegunaan Mustika Ratu Pantai Selatan:
  • Kekayaan
  • Penglarisan
  • Perlindungan
  • Kerezekian
  • Pengasihan


Hukum menyimpan pusaka via benda-bertuah.com

#Keris Semar Mesem
Keris semar mesem yaitu salah satu benda pusaka yang dipercaya mempunyai kekuatan magis untuk memikat dan meluluhkan hati seseorang.

Kegunaan Keris Semar Mesem
  • Pengasihan
  • Daya Tarik
  • Pemikat
  • Kewibawaan
  • Pelet
  • Pesona
  • Meningkatkan Kecantikan
  • Meningkatkan Ketampanan

#Bambu Petuk atau Pring Petuk
Bambu Petuk dalam bahasa Jawa yaitu Pring Petuk merupakan benda bertuah yang konon dipercaya untuk pagar mistik dan pemanggil kekayaan berlimpah. Secara fisik sendiri yang dimaksud dengan Bambu Petuk yaitu bambu bertemu ruas atau bambu yang mempunyai pertemuan buku (ruas) pada batangnya.

Kegunaan Bambu Petuk:
  • Pagar Gaib Rumah
  • Pagar Gaib Toko
  • Pagar Gaib Tempat Usaha
  • Mudah mendatangkan kekayaan
  • Sangat Ampuh untuk sumbangan gaib, dari serangan Ilmu hitam
  • Anti Santet
  • Anti Guna-Guna
  • Anti Pelet

Dan kenapa benda pusaka dihentikan dibawa ke kamar mandi?  Sebenarnya boleh saja membawa benda pusaka masuk ke kamar mandi atau toilet, namun dikala buang air (besar / kecil) letakkan benda pusaka di daerah yang aman. Jangan menggunakan benda pusaka dikala sedang buang air besar / kecil. Kemudian bagaimana cara mendapat benda pusaka? Ketahui cara mendapat benda pusaka dibawah ini.

Cara Mendapat Benda Pusaka:

Berikut langkah-langkah cara mendapat atau menarik benda pusaka sehabis memilih daerah untuk melaksanakan penarikanya.
  1. Langkah pertama cara menarik benda pusaka yaitu Siapkan kain putih, kembang tuju rupa dan kemenyan.
  2. Gunakan kain putihnya sebagai ganjal duduk Anda dan ganjal kemunculan pusaka bertuah nanti, taburi kain putih itu dengan kembang 7 rupa , kemudian silahkan bersemedi di atasnya.
  3. Ucapkan salam dengan bahasa yang sopan kepada para penunggu mistik yang ada di lokasi tersebut sambil memperabukan kemenyan. Bawalah kemenyan itu mengelilingi lokasi semedi di sekitar Anda.
  4. Kemudian duduk kembali dan sampaikan niat untuk meminta pusaka, dan mintalah tanda-tandanya. kalau diijinkan untuk mempunyai pusaka itu
  5. Lakukan wirid dengan membaca amalan berikut sambil duduk bersila
  6. Bacalah surat alfatihah 1x dengan menahan nafas.
  7. Ya illahi ya robbi,,laillaha illa anta,,subhanaka inni kuntu minaddholimin..100x
  8. Wujud lan maujud,teko lan tumeko,siro nompo kanti lapanging samudro..baca 111x kemudian tiupkan ke tangan dan hentakkan/tepukkan tangan anda ketanah sebanyak 3 x.
  9. Setelah itu tidurlah di lokasi itu, maka kalau diijinkan, akan muncul para penunggu mistik di daerah itu, dan merekalah yang akan memberitahu cara-cara dan syaratnya dan biasanya ini akan muncul dalam mimpi
  10. Jika memang jodoh dan hak Anda, maka pusaka akan muncul dengan 3 cara. Yang pertama: akan muncul tiba-tiba dengan sendirinya disamping Anda. Yang kedua : Penunggu mistik tersebut akan mengarahkan dan memberi bisikan dimana sanggup di gali dan diambil sendiri pusaka tersebut. Dan yang ketiga: Penunggu mistik akan berwujud menjadi seseorang dan memberikannya pusaka tersebut secara langsung.

Adapun penjelsan mengenai benda pusaka berdasarkan islam yaitu: Semua benda ataupun benda pusaka baik berupa tongkat, keris, tombak dll intinya tidaklah mempunyai suatu kekuatan apapun, alasannya yaitu sumber segala kekuatan itu dari Allah semata. Kaprikornus tidaklah benar pendapat yang menyampaikan bahwa benda pusaka mempunyai kekuatan atau kuat terhadap sesuatu.


Benda pusaka via mbahgewor.com

Adapun tongkat Nabi Musa yang sanggup membelah lautan, memunculkan mata air dari kerikil intinya semua itu untuk memperlihatkan kekuasaan Allah dan sebagai mu’jizat dari Allah untuk mengukuhkan kenabian Nabi Musa, sebagaimana dalam hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Sa’id bin Jubair. Allah SWT mengkisahkan perihal Nabi Musa dengan tongkatnya di dalam Al-Qur’an Surat Al Baqarah ; 60 :

وَإِذِ اسْتَسْقَى مُوسَى لِقَوْمِهِ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِعَصَاكَ الْحَجَرَ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ كُلُوا وَاشْرَبُوا مِنْ رِزْقِ اللَّهِ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

Artinya : “ dan (ingatlah) dikala Musa memohon air untuk kaumnya kemudian Kami berfirman “ pukullah kerikil itu dengan tongkatmu” kemudian memancarlah daripadanya dua belas mata air, sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui daerah minumnya (masing-masing), makan dan minumlah rizqi (yang diberikan) Allah. Dan janganlah kau berkeliaran dimuka bumi dengan berbuat kerusakan” (QS al BAqarah ; 60).

Hukum menyimpan atau mengoleksi benda pusaka sendiri berdasarkan islam adalah:

HARAM dan berakibat KUFUR, kalau meyakini bahwa benda pusaka itu mempunyai kekuatan sendiri yang kuat terhadap sesuatu yang lain bukan dari Allah.

HARAM tapi tidak kufur, pelakunya dihukumi FASIQ, kalau meyakini benda pusaka itu mempunyai kekuatan dan kuat terhadap benda lain tapi masih meyakini semuanya dari Allah.

BOLEH, kalau meyakini segala kekuatan hakikatnya dari Allah semata.

Ada benda pusaka yang berasal dari surga, apa saja benda pusaka itu? Ini adalah 7 benda pusaka yang berasal dari surga. Ada lima benda yang keluar dari nirwana bersamaan dengan Nabi Adam as. Yaitu :
  1. Kayu dupa
  2. Tongkat Musa yang berasal dari pohon ‘Aas
  3. Lembaran-lembaran daun pohon at-tiin yang di gunakan Nabi Adam dan Hawa untuk menutupi badannya
  4. Hajar aswad
  5. Cincin Nabi Sulaiman As. Sebagian Ulama menambahkan dua benda lagi, yaitu :
  6. Batu yang di gunakan Nabi Muhammad saw, untuk mengikat perutnya
  7. Maqom Ibrahim yaitu berupa kerikil yang di gunakan Nabi Ibrohim dikala membangun “Baitullah”

Ketika Nabi Ibrahim bermaksud meletakkan kerikil bangunan, kerikil yang dipakai pijakan terbang melesat, dan sehabis tamat kerikil itu pun turun mengantarkan dia kembali ke tanah, untuk mengambil kerikil selanjutnya dari anaknya Nabi Isma’il as. pada kerikil ini terdapat bekas telapak kaki Nabi Ibrahim as.
Dari kitab I’anah ath-tholibiin hal. 266-267 Juz II (dinukil dari Fiqh Klenik hal. 107)

Dari pembahasan diatas sanggup kita simpulkan bahwa menyimpan benda pusaka boleh saja asal kita tetap yakin bahwa kekuatan yang bekerjsama berasal dari Allah bukan benda pusaka, demikian klarifikasi ini sanggup kami sampaikan. Bila ada salah kata kami mohon maaf, terimakasih sudah membaca artikel ini.