Awas!! Bukan Hanya Menyayat Tangan, Ini 7 Challenge Di Medsos Yang Mengancam Remaja


Gambar ilustrasi, jawapos.com

Challenge atau tantangan yang ada di media umum (Medsos) kembali memakan korban.

Sebanyak 55 anak SMP (SMP) Negeri 18 Pekanbaru nekat menyayat tangannya sendiri akhir mengikuti tantangan tersebut.

Selain tantangan tersebut, berikut 7 challenge  yang pernah beredar di medsos yang nggak kalah bahayanya!

Karakter cukup umur yang menggebu-gebu dan saluran media umum yang tak terkendali terkadang sanggup membuat teknologi menjadi sumber masalah.

Baru-baru ini Sebanyak 55 anak SMP (SMP) Negeri 18 Pekanbaru (sebelumnya 56), nekat menyayat tangannya sendiri.

Setelah ditelusuri, ternyata perbuatan itu dilakukan alasannya ialah mereka mengikuti challenge atau tantangan yang ada di media umum (Medsos).

Hal ini sungguh miris, mengingat diusia mereka seharunya lebih fokus mencar ilmu untuk masadepan.

Bicara soal challenge, ternyata  masih banyak tantangan yang sanggup mengancam generasi muda kita.

Berikut 7 tantangan yang pernah beredar di medsos, beserta ancaman yang ditimbulkan:

1. Kiki challenge


sumber gambar news.solopos.com
Polisi di seluruh dunia telah memperingatkan orang-orang biar berhenti melaksanakan tantangan yang juga disebut sebagai In My Feelings Challenge ini. Pasalnya, beberapa orang telah mengalami kecelakaan akhir melaksanakan tantangan ini.

Beberapa waktu kemudian diberitakan seorang perempuan menjadi korban jambret akhir terlalu fokus melaksanakan tantangan dengan iringan musik milik Drake ini.

Bagaimana tidak? Tantangan ini dilakukan dengan satu orang mengendarai kendaraan beroda empat sambal mendokumentasikan rekannya yang harus melompat dari kendaraan beroda empat dan menari seiring dengan jalannya kendaraan beroda empat dengan pintu kendaraan beroda empat terbuka.

2. Momo


sumber gambar Catch News

Momo challenge baru-baru ini terangkat akhir ditemukannya seorang cukup umur berusia 12 tahun asal Buenos Aires yang meninggal gantung diri untuk menjalankan tantangan terakhir dari challenge berbasis chatting via aplikasi WhatsApp ini.

Sebelumnya, angka bunuh diri di kalangan cukup umur di Argentina, Meksiko, Amerika Serikat, Prancis, dan Jerman pun meningkat akhir tantangan ini.

Pengikut tantangan ini harus menyimpan nomor telepon seseorang berjulukan Momo yang diperoleh dari sebuah grup Facebook. Setelah berkomunikasi dengan Momo via Whatsapp, tantangan demi tantangan harus dilakukan.

Seluruh tantangannya merujuk pada hal-hal yang menyakiti diri sendiri, menyerupai melompat dari atap rumah, menyayat lengan, berdiri di jam-jam aneh, dan yang lainnya.

JIka tidak dilakukan, maka akun dengan avatar boneka instalasi karya Midoru Hayashi tersebut akan  mengirimkan rekaman suara, video, atau foto-foto yang menyeramkan.

3. Condom Snorting


sumber gambar Hindustan Times

Pertama kali muncul pada 2007 dan ramai kembali di 2013, tantangan ini eksklusif memicu kontroversi. Pelaku tantangan harus memasukkan kondom ke salah satu lubang hidung, menghirupnya kuat-kuat, hingga kondom keluar lewat mulut, kemudian menariknya keluar.

Para mahir kesehatan menyampaikan bahwa tantangan ini sangat berbahaya, alasannya ialah berisiko menimbulkan kondom tersangkut di antara hidung dan tenggorokan, sehingga membuat orang yang melakukannya tersedak.

Dilansir dari klikdokter.com, bicara wacana fenomena tantangan condom snorting, dr. Dyah Novita Anggraini menjelaskan bahwa ketika seseorang tersedak, trakea (batang tenggorok) akan tersumbat dan menimbulkan gangguan fungsi tubuh.

Saat tersedak kondom, orang akan sulit bicara atau berteriak, wajah membiru akhir kekurangan oksigen, pelaku merasa menyerupai tercekik, hingga batuk dan mengalami gangguan pernapasan,” jelasnya.

4. Skip challenge


Sumber gambar LINE Today

Sempat ramai di kalangan cukup umur Indonesia, di Amerika tantangan ini lebih dikenal dengan sebutan passed out challenge. Pelaku diharuskan menghirup udara sebanyak mungkin, kemudian 2–3 orang akan menekan dadanya sekuat tenaga hingga ia pingsan.

Meski terlihat kocak dan sederhana, nyatanya data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mencatat sepanjang tahun 1995–2007 terdapat 82 kasus ajal anak usia di bawah 18 tahun yang diakibatkan oleh tantangan ini.

Mendorong dada dengan tekanan berlebih sanggup menghambat oksigen masuk ke dalam sirkulasi darah, serta meningkatkan risiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, organ pecahan otak yang tidak cukup mendapat oksigen juga akan menimbulkan pelaku kehilangan kesadaran.

5. Cinnamon challenge


Sumber gambar SlideShare

Meskipun tidak terlalu ramai dibicarakan di Indonesia, pelaku tantangan menelan sesendok kayu elok dalam 60 detik tanpa minum air ini telah mendapat peringatan dari para dokter.

Dalam jurnal Pediatrics tahun 2013, dijelaskan bahwa tantangan ini sanggup menimbulkan duduk kasus tenggorokan dan pernapasan, termasuk tersedak, dan paru-paru yang rusak.

Pada 2015 seorang anak pria ditemukan tersedak hingga mati sehabis menelan hampir seluruh bubuk kayu elok dalam satu wadah, tanpa disertai minum air.

:

6. Vampire biting


Sumber gambar youtube.com

Berangkat dari euforia film Twilight, ternyata ada sekelompok cukup umur yang membuat sebuah challenge yang membahayakan pesertanya.

Orang yang mengikuti tantangan ini harus menggigit pasangannya hingga muncul bintik darah menyerupai digigit vampire. Padahal, risiko HIV, hepatitis, dan bisul di lokasi gigitan sanggup membahayakan kesehatan.

7. Salt and Ice


sumber gambar Simplemost

Tantangan terakhir dilakukan dengan meletakkan garam di lengan, kemudian meletakkan es kerikil di atasnya dan membiarkan es kerikil tersebut mencair. Secara ilmiah, garam sanggup mempertahankan suhu es, meski es kerikil telah mencair.

Atas tantangan ini, cukup umur yang melakukannya berisiko terkena radang dingin, yang menyerupai dengan kondisi ketika seseorang memperabukan diri. Namun, alasannya ialah es menjadikan sensasi mati rasa, maka pelaku tidak menyadari bahwa jaringan pada lengannya tengah terluka.

Tren tantangan ini sangat berbahaya, hingga sebuah forum pencegahan kekejaman anak di Inggris mengeluarkan peringatan kepada orang bau tanah seputar ancaman di balik salt and ice challenge.

Dari aneka macam jenis challenge yang ditawarkan melalui media umum tersebut, terdapat satu kesamaan. Yaitu sama-sama berbahaya!!

Oleh alasannya ialah itu, orang bau tanah harus memperhatikan adanya kegitan-kegiatan semacam ini.

Dan jangan sampai, acara digital yang dilakukan belum dewasa anda malah menjadi tragedi alam bagi mereka.