Mempunyai Ketabahan Yang Luar Biasa, Berikut Nama Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya

ulul azmi via waktuku.com

Pastinya sudah pernah mendengarkan kan wacana istilah ulul azmi? Istilah ini sangat istimewa dan penuh makna. Apakah maksud ulul azmi? Lalu, siapa saja ulul azmi?

Dalam bahasa Arab ulul azmi disebut juga Ulu al-Azmi. Apakah maksud ulul azmi? Ulul Azmi yaitu gelar khusus yang diberikan kepada Nabi dan Rasul yang mempunyai ketabahan dan kesabaran luar biasa dalam mengembangkan Agama Tauhid. Gelar ini merupakan gelar yang sangat istimewa kedudukannya di mata Allah.

Kenapa disebut ulul azmi? Gelar ulul azmi ini diberikan kepada lima Rasul lantaran menerima pengiktirafan Allah SWT, mempunyai kesabaran yang tinggi semasa berdakwah, sentiasa memohon kepada Allah SWT semoga kaum mereka tidak diturunkan azab, sentiasa berdoa kepada Allah SWT semoga memberi hidayah kepada kaum mereka, serta mempunyai keazaman yang tinggi semasa berdakwah.

Lalu, apa perbedaan Rasul ulul azmi dan Rasul lainnya? Perbedaan antara Rasul ulul azmi dan Rasul lainnya terletak pada berat ujian dan cobaan yang diterima serta ketabahan dan kesabaran mereka dalam menghadapi ujian dan cobaan tersebut.

Sebagai Pengharap Syafa'at Rasul, Berikut Bacaan Sholawat Nabi Lengkap Beserta Artinya

Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya

Ulul Azmi artinya seorang Rasul Allah yang mempunyai ketabahan hati yang luar biasa. Mereka mengerahkan segala daya dan upaya dengan penuh kesabaran untuk menegakkan kalimat Allah swt. dan membumikan syariat Allah swt. di muka bumi. Siapa saja ulul azmi? Dari 25 Rasul Allah yang meraih derajat Rasul Ulul Azmi ada lima. Berikut Rasul ulul azmi beserta mukjizatnya:

1. Nabi Nuh as.


ilustrasi mukjizat nabi nuh via 4amiin.blogspot.com

Nabi Nuh as. merupakan keturunan ke sepuluh dari Nabi Adam as. bapaknya berjulukan Lamak bin Matusyalih dan ibunya berjulukan Qainusy binti Rakil. Nabi Nuh as. diutus Allah swt untuk turun membimbing keturunan bani Syis dan Bani Qabil yang pada ketika itu mengalami kerusakan moral yang sangat buruk. Beliau berdakwah pada umatnya mencapai 950 tahun, namun hanya beberapa orang saja yang mau mendapatkan dakwahnya dan beriman terhadap apa yang dia sampaikan.

Mukijizat Nabi Nuh as.
  • Kemampuan menciptakan perahu
  • Ketika bahtera Nabi Nuh dibakar oleh umatnya tidak bisa terbakar
  • Dengan bahtera itu pula, Nabi Nuh dan pengikutnya diselamatkan oleh Allah dari tragedi banjir

2. Ibrahim as.
Nabi Ibrahim merupakan nabi yang dilahirkan di kota Babil (Babilonia, Irak) kawasan kutsi yang termasuk wilayah kekuasaan raja namrud pada ketika itu. Bapaknya merupakan salah satu pengrajin atau pembuat patung yang kuasa yang berjulukan Tarikh atau Azar bin Nakhur. Dibandingkan dengan nabi dan rosul yang lain, nabi Ibrahim as. merupakan seoseorang yang mempunyai banyak kelebihan oleh alasannya yaitu itu ia termasuk di dalamnya sebagai salah satu rosul ulul azmi.

Mukjizat Nabi Ibrahim as.
  • Ketika masih bayi ibu jarinya bisa mengeluarkan madu
  • Peristiwa penyembelihan Ismail, yang lalu digantikan gibas (domba)
  • Ketika dibakar oleh Raja Namrud, tidak terbakar.

3. Nabi Musa as.


ilustrasi mukjizat nabi musa via pulsk.com

Nabi Musa as. merupakan nabi yang dilahirkan dalam kekuasaan raja firaun yang sangat besar kepala dan menggap dirinya sebagai Tuhan. Ia diutus oleh Allah swt. untuk menaklukkan dan meredam kemurkaan Firaun, memberantas kemusyrikan, serta menjadi pembimbing bagi bai Israil. Bapaknya bernam Imran bin Yasar dan Ibunya berjulukan Yukabad.

Mukjizat Nabi Musa as.
  • Tongkat yang dimilikinya bisa bermetamorfosis ular yang besar, sehingga bisa mengalahkan ular ciptaan tukang sihir Raja Fir’aun
  • Dengan tongkat itu pula Nabi Musa bisa membelah lautan, ketika Nabi Musa dan pengikutnya di kejar-kejar oleh Fir’aun dan tentaranya.
  • Ketika pengikut Nabi Musa kehausan, tongkat dia dipukulkan ke batu, lalu memancar- kan air untuk di minum.

4. Nabi Isa as.
Nabi Isa as. merupakan salah satu rasul yang diutus di tengah-tengah kaum bani Israil yang ketika itu sudah menyimpang dari ketentuan dan aturan Taurat. Ia lahir tanpa seorang ayah yaitu tanpa hubungan sumi istri layaknya insan normal biasanya. Ibunya berjulukan Maryam binti Imran.

Mukjizat Nabi Isa as.
  • Bisa berbicara ketika masih bayi
  • Menjadikan burung dari tanah
  • Dapat menyembuhkan penyakit-penyakit yang sulit disembuhkan, menyerupai lepra, buta dan lain-lain
  • Dapat menghidupkan orang yang sudah meninggal atas ijin Allah.

5. Nabi Muhammad saw.


ilustrasi mukjizat nabi muhammad via artikelkuislami.blogspot.com

Rosul ulul azmi yang terakhir yaitu Nabi Muhammad saw. yang diutus ditengah-tengah kaum yang berbudaya raltif maju namun berpikiran dan berjiwa jahiliyah. Bapak Rosulullah berjulukan Abdullah bin Abdul Mutalib, ibunya berjulukan Aminah binti Wahab. Kedua orang bau tanah nabi Muhammad saw berasal dari suku Quraisy.

Mukjizat Nabi Muhammad saw.
  • Dengan mengatakan telunjukknya, dia bisa membelah bulan dan merapatkannya kembali
  • Ketika umatnya kekurangan air, dari sela-sela jari dia sanggup mengeluarkan air yang cukup untuk di minum dan untuk berwudlu oleh banyak orang
  • Peristiwa Isra’ Mi’raj, yakni diperjalankannya Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, lalu naik ke Sidratul Muntaha
  • Al-Qur’an merupakan mu’jizat yang paling besar bagi Nabi Muhammad SAW. Karena Al-Quran sangat universal di sepanjang zaman, yang memuat banyak sekali hal yang menyangkut kehidupan seluruh makhluq, baik di dunia maupun di akhirat, juga banyak sekali macam ilmu pengetahuan.
  • Mukjizat lain yang dimiliki oleh nabi Muhammad saw. yaitu jari-jari dia sanggup memancarkan air dari sela-sela jarinya.


Demikian klarifikasi wacana ulul azmi beserta mukjizatnya yang sanggup kami sampaikan. Semoga klarifikasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.