Orang Bau Tanah Harus Tetap Waspada Kasus Penculikan Anak, Tapi Jangan Gampang Terpengaruh Gosip Hoax

Orang Tua Harus Tetap Waspada Kasus Penculikan Anak Orang Tua Harus Tetap Waspada Kasus Penculikan Anak, Tapi Jangan Praktis Terpengaruh Berita Hoax
Sumber gambar facebook/orangtuateladan

Banyak orangtua yang tergoda Isu kasus penculikan Anak, hingga ada yang menjadi korban fitnah hingga meninggal alasannya ialah dikeroyok warga.


Ini penting bagi orangtua untuk terus mengawasi anaknya yang berada diluar rumah.

Dalam beberapa waktu yang lalu, media umum mendapati banyaknya penyebar kasus penculikan anak yang disertai dengan foto-foto dan video hingga viral, namun ada beberapa orang yang menyampaikan jikalau insiden tersebut hanyalah hoax.

Contohnya menyerupai yang beredar di sosial media ini, diunggah oleh akun facebook/orangtuateladan, yang menyampaikan seorang anak sedang dirawat di rumah sakit.



Ada pula broadcast penculikan siswa SD di Cilodong, Depok. Polisi telah mengecek ke lokasi dan pihak sekolah menyatakan tidak ada siswanya yang diculik. Isu penculikan juga menyebar di Bandung, Banyumas hingga Kudus. Setelah dicek oleh polisi, tidak terbukti ada penculikan menyerupai kabar viral di media sosial.

Selain itu, ada pula insiden di Cipinang Muara, Jakarta Timur. Beredar video CCTV seorang laki-laki diduga penculik siswi SMP. Namun, polisi menyebut itu bukanlah penculikan melainkan penipuan bermodus pinjam HP.

Terkait maraknya kabar penculikan anak, polisi mengimbau warga selalu waspada. Namun, warga juga diminta tidak mengembangkan kabar hoax atau kabar yang belum sanggup dipastikan kebenarannya.

Biar Nggak Salah Faham dan Tidak Banyak yang Terprovokasi, Seperti Inilah Bendera HTI

"Terkait info hoax penculikan, namanya juga info hoax, info tidak benar yang disebarluaskan. Kita masyarakat jangan cepat percaya, harus mengklarifikasi, harus pintar harus cerdas dari mana sumber info itu," kata Kabagpenum Polri, Komisaris Besar Syahar Diantono menyerupai yang diktuip dari detik.com.

"Jangan cepat gundah dan bereaksi berlebihan dan ikut sebarluaskan. Nanti malah kita terlibat info hoax itu. Tetapi masyarakat juga harus tetap waspada dimana pun, dalam keadaan apapun semisal dikala membawa anak-anak yang usianya masih di bawah umur. Manakala ada orang tak dikenal dengan gerak gerik mencurigakan, segera laporkan ke kepolisian terdekat," ungkapnya.

Khusnul Khotimah dan Syahid, Rasulullah Mengatakan Orang yang Mati Tenggelam itu Syahid

Perlu difahami untuk semua orangtua mengenai info hoax wacana penculikan anak ini sebagai pelajaran bagi orangtua supaya memperhatikan anaknya.

Kejahatan sanggup saja terjadi dimana-mana, untuk itu orangtua tetap mengawasi anaknya dikala bermain.