Fakta Mengenai Samudra Pasifik, Pusatnya Kondisi Iklim Sampai Terjadinya Tsunami


samudra pasifik via bobo.grid.id

Samudra yaitu wilayah bahari yang luas. Terdapat 5 samudra di dunia yang ada mulai dari Samudra Arktik di penggalan utara sampai Samudra Antartika di penggalan selatan. Selain itu juga ada dua samudra yang berbatasan dengan Indonesia yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Terakhir ada Samudra Atlantik. Dari kelima nama samudra di dunia, kami akan tampilkan daftar 5 samudra terluas di dunia atau samudra terbesar di dunia.

Siapa penemu samudra pasifik ?

Penjelajah Portugis Fernando de Magelhaens yaitu orang yang menamakan Samudra Pasifik. Untuk sebagian besar perjalanannya dari Selat Magelhaens menuju Filipina, Magellan memang mencicipi ketenangan lautan tersebut. Tetapi, Samudra Pasifik tidaklah selalu tenang. Di mana Samudra Atlantik melebar, Samudra Pasifik menciut.

Hal ini menjadikan banyak terjadinya gempa bumi. Banyak angin puyuh dan topan yang merusak pulau-pulau di penggalan Pasifik dan tanah di sekitar Pasifik dipenuhi gunung berapi dan sering diguncang gempa bumi. Tsunami, yang disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut, telah menghancurkan banyak pulau dan meruntuhkan bangunan-bangunan kota.

Apakah samudra pasifik merupakan samudra terbesar di dunia ?

samudra pasifik terbesar via ilmugeografi.com

Jawabannya yaitu ya! Berikut ini merupakan formasi samudra di dunia.

1. Samudra Pasifik (Luas Samudra : 168.723.000 km2)
2. Samudra Atlantik (Luas Samudra : 85.133.000 km2)
3. Samudra Hindia (Luas Samudra : 70.560.000 km2)
4. Samudra Antartika (Luas Samudra : 21.960.000 km2)
5. Samudra Arktik (Luas Samudra : 15.558.000 km2)

Ciri samudra pasifik

Berikut inimerupakan daftar ciri ciri samudra pasifik itu menyerupai apa.

  • Merupakan samudera terluas di dunia
  • Dasar samuderanya merupakan pusat gempa bagi Jepang dan pantai barat benua Amerika
  • Terdapat arus panas kurosyiwo dan arus cuek oyashio 
  • Banyak terdapat gunung-gunung laut
  • Terdapat tanda-tanda iklim global yaitu el nino dan la nina
  • Titik terendah: -10.924 m (-35.840 kaki). di dasar Palung Mariana
  • Panjangnya sekitar 15.500 km (9.600 mi) dari Laut Bering di Arktik sampai batasan es di Laut Ross diAntartika di selatan
  • Samudra Pasifik berisi sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jikalau digabung), yang lebih banyak didominasi terletak di selatan khatulistiwa
  • Samudera ini merupakan daerah divergensi lempeng samudera bergerak saling menjauh.
  • Di samudera Pasifik sering terjadi topan lantaran merupakan pusat topan tropis


Apa karakteristik samudra pasifik ?

karakteristik samudra pasifik via nationalgeographic.grid.id

Adapun diantara karakteristik Samudra Pasifik yaitu sebagai berikut:

1. Nama dari Samudra Pasifik
Salah satu keunikan yang menggambarkan karakteristik dari Samudra Pasifik yaitu namanya sendiri yang dalam bahasa kita sering disebut sebagai “lautan teduh” atau dalam bahasa Italia disebut sebagai “Pacifio” yang berarti tenang.

2. Samudera Terluas di Dunia
Sebagaimana disingung di atas bahwa total luas dari Samudra ini mencapai 165 juta km, bahkan ada yang menyampaikan mencapai  (179, 7 juta) km.

3. Palung/Lautan Paling Dalam di Dunia
Ciri selanjutnya dari Samudra Pasifik ini yaitu letaknya palung terdalam dunia yang disebut sebagai Palung Mariana.

3. Dilalui oleh Garis Tanggal Internasional
Garis tanggal internasional merupakan garis pertemuan antara garis bujur timur (BT) dan bujur barat (BB) sebagai hasil dari konveksi  internasional dengan isi janji bahwa garis tersebut dijadikan dasar sebagai titik pergantian waktu. Garis ini memanjang dimulai dari Selat Bering sampai Samudra Pasifik.

4. Arus Laut Samudra Pasifik
Salah satu hal yang sanggup membedakan suatu Samudra dengan Samudra lainnya yaitu referensi arusnya. Khusus untuk arus bahari dari Samudra Pasifik ini mempunyai empat jenis arus.

5. Merupakan Pusat Badai Tropis
Pastinya kita sudah familiar dengan topan yang mempunyai nama ” El-Nino” yakni merupakan bentuk peyimpangan suhu di daerah pasifik di timur dan tengah yang kemudian menjadikan peningkatan suhu di atmosfer sehingga berdampak pada inkonsistensi kondisi cuaca.

6. Gunung Api Bawah Laut
Fakta mengejutkan yang disuguhkan daerah Samudra Pasifik ini yaitu ditemukannya gunung dengan lebar 643 km, yang berada di bawah bahari Samudra Pasifik.

7. Banyak Terdapat Kepulauan
Di Samudra ini terhampar banyak sekali pulau yang didominasi oleh pulau kecil dan beberapa pulau besar, terhitung sebanyak 25.000 pulau yang lebih banyak didominasi terdapat di garis khatulistiwa.

8. Terdapat Karang Terpanjang di Dunia
Greet Barier Reef itulah nama besar dari karang terpanjang dunia yang terletak di Samudra Pasifik. Di lokasi ini berkumpul sebanyak 3.000 dan 900 pulau sepanjang 2.600 km.

Kenapa samudra pasifik disebut lautan teduh ?

Berikut ini akan kami jelaskan mengapa samudra pasifik disebut lautan teduh.

Pasifik itu asal kata Pacifico, dari bahasa Spanyol yang artinya “tenang”. Menurut beberapa referensi, konon penjelajah Fernando de Magelhaens dari Portugis yaitu kali pertama menyebut istilah tadi, dengan alasan sebagian besar perjalanannya ketika melintas Selat Magelhaens menuju Filipina, ia mencicipi ketenangan dikala mengarungi samudra dimaksud. Selanjutnya istilah “Teduh” itu sendiri, terang mengacu pada kosa kata dalam bahasa Indonesia yang artinya tenang, damai, atau ayem, tentram, dan lain-lain.

Mengapa perubahan iklim di samudra pasifik besar lengan berkuasa pada kondisi iklim di indonesia ?

Kerena samudera pasifik letak/jaraknya tidak terlalu jauh dengan negara Indonesia ini. Jadi  iklim di samudra pasifik sangat besar lengan berkuasa pada kondisi iklim di indonesia.

Fakta samudra pasifik

fakta samudra pasifik via ilmugeografi.com

Berikut terdapat sejumlah fakta menarik ihwal Samudera Hindia:

1. Laut Terpanas
Tingginya temperatur air menciptakan Samudra Hindia dijuluki sebagai lautan terpanas di dunia. Kondisi ini menyulitkan fitoplankton untuk tumbuh, sementara makhluk ini diperlukan sebagai sumber makanan untuk mendukung kehidupan laut.

Ini yaitu salah satu alasan utama mengapa kehidupan binatang bahari di Samudra Hindia terbatas jikalau dibandingkan dengan lautan lainnya di dunia.

2. Memiliki sifat fisika dan kimia yang 'aneh'
Air di Samudra Hindia diketahui mempunyai konsentrasi hidrokarbon baik yang terlarut mau pun mengambang tertinggi dibanding lautan lainnya. Kawasan ini pun mempunyai tingkatan salinitas terendah sekaligus tertinggi.

Samudra Hindia diketahui pula mempunyai keseimbangan air paling negatif dibanding seluruh lautan lainnya di dunia mengingat penguapan air lautnya melampaui curah hujan dan ajaran sungai.

3. 20 persen permukaan Bumi
Mendengar nama Samudra Hindia, kebanyakan orang akan pribadi mengingat posisinya sebagai lautan terbesar ketiga di dunia sesudah Samudra Pasifik dan Atlantik.

Total daerahnya yang mencapai 68.556 juta kilometer persegi 'menempati' 20 persen permukaan bumi sehingga berkontribusi besar terhadap muatan air di Bumi.

Ukurannya yang besar menciptakan Samudra Hindia mempunyai volume 292 juta kilometer kubik dengan kedalaman rata-rata 3.890 meter.

4. Lokasinya yang unik
Samudra Hindia berbatasan dengan beberapa benua. Ada Afrika di penggalan barat, Kepulauan Sunda Kecil dan Australia di sebelah timur, dan Antartika di sebelah selatan.

Fakta geografis tersebut menggambarkan keragaman di daerah ini.

Setidaknya terdapat 57 kelompok pulau, 16 negara Afrika, dan 18 negara Asia yang terhubung pribadi dengan lautan ini.

Di lain sisi, terdapat pula sejumlah pelabuhan atau kota besar yang terkoneksi secara tidak langsung.

5. Berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik
Kawasan Samudra Hindia berbatasan dengan sejumlah lempeng tektonik dan satu titik pertemuan tiga lempeng tektonik (Triple Junction) yaitu Rodrigues Triple Point.

Rodrigues Triple Point merupakan triple junction yang mempertemukan lempeng Afrika, Indo-Australia, dan Antartika.

6. Kandungan oksigen sangat rendah
Perairan di daerah ini mempunyai salah satu kandungan oksigen terendah di dunia. Ini dikarenakan tingkat penguapan yang lebih tinggi dibanding curah hujan.

7. Lokasi sejumlah pelabuhan terpenting di dunia
Tiga pelabuhan di India menyerupai Chennai, Mumbai, dan Kolkata berada di Samudra Hindia. Tak hanya itu, ada pula Colombo di Sri Lanka, Richards Bay di Afrika Selatan, Jakarta di Indonesia, dan Melbourne di Australia.

Pelabuhan-pelabuhan ini tak hanya penting bagi perdagangan masing-masing negara, namun juga secara global.

Akses utama ke Samudra Hindia yaitu melalui Terusan Suez di Mesir, Selat Malaka di Indonesia/Malaysia, Selat Hormuz di Iran/Oman dan Selat Bab el Mandeb di Djibouti/Yaman. Hal ini pula yang menambah nilai strategis pelabuhan-pelabuhan tersebut.

8. Menyimpan 40 persen cadangan minyak dunia
Samudra Hindia mempunyai bantuan tersendiri dalam perdagangan dunia. Selain menjadi rute navigasi dan kaya mineral, daerah ini juga menyimpan cadangan minyak yang bisa memenuhi 40 persen produksi total minyak dunia.

9. Temuan benua yang sudah tenggelam
Fakta menarik lainnya yaitu terdapat benua, Kerguelen Plateau, di Samudra Hindia. Benua mini ini secara sedikit demi sedikit karam sekitar 20 juta tahun lalu.

10. Tertutup
Samudra Hindia yang menjadi muara dari sejumlah sungai menyerupai Sungai Zamezi, Tigris-Eufrat, Indus, Gangga, Brahmaputra dan Irrawady ini diklasifikasikan sebagai lautan yang tertutup lantaran penggalan utaranya 'dikunci' oleh Benua Asia.

Demikianlah artikel ihwal samudra pasifik. supaya bermanfaat!