Mereka Non Muslim Saja Meyakini Datangnya Hari Kiamat, Bagaimana Dengan Kita?


Sumber gambar liputan6.com

Bagi setiap orang yang beriman, hari selesai yaitu keyakinan yang tidak sanggup diganggu gugat.

Hal ini termasuk ke dalam rukun iman, sebagaimana umat muslim juga harus meyakini dan mengamalkan rukun islam.

Ketika ada muslim yang tak percaya datangnya hari tersebut, maka wajib dipertanyakan!

Hari selesai adalah  informasi yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat manusia, tanpa informasi kapan akan turun waktunya.

Setiap yang beriman akan mempercayai datangnya sedangkan mereka yang tidak mempunyai keimanan kepada Allah akan menolaknya dan menganggap hal tersebut tidak logis.

Tentu sebelum mengambil kesimpulan, bagi umat islam yang meyakini hari selesai juga perlu mengetahui informasinya secara lengkap mengenai hari selesai dalam Al-Quran.

Selain perlu mengetahui pengertian dan makna dari hari selesai dalam Al-Quran, umat islam juga perlu mengetahui pesan yang tersirat mengenai hari selesai tersebut.

Hal ini bertujuan supaya informasi ini sanggup menjadi penghayatan muslim di setiap harinya. Setiap apa yang diperintahkan Allah untuk diimani.

Tak ada satupun insan yang tahu kapan selesai zaman tersebut terjadi

Sebagamana sirman Allah Ta'ala:

Mereka menanyakan kepadamu perihal kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan perihal selesai zaman itu yaitu pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang sanggup menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan tiba kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seolah-olah kau benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan perihal bari selesai zaman itu yaitu di sisi Allah, tetapi kebanyakan insan tidak mengetahui.” (QS Al A’raf : 187)

Jelas sudah, dalam ayat beliau atas dijelaskan bahwa pengertian hari selesai yaitu hari dimana berahirnya kehidupan di seluruh alam semesta sedangkan di ketika semuanya hancur, hanyalah Allah yang tetap awet beserta segala yang dikehendakinya.

Mengenai kapan terjadinya hari selesai tentu saja setiap insan tidak akan ada yang sanggup mengetahuiya alasannya yaitu semuanya yaitu belakang layar Allah.

Hal ini untuk menguji insan sejauh apa sanggup melaksanakan ibadah dan amalan sebai-baiknya.

Manusia hanya sanggup memprediksi dari gejala alam yang ada namun secara niscaya kapan terjadinya tidak akan pernah ada yang tau secara akurat dan pasti.

Hikmah dari Keimanan terhadap Hari Akhir

Iman kepada hari selesai tentu bukan hanya percaya namun juga sanggup diaplikasikan dalam amalan sebagia bentuk keyakinan terhadapnya.

Tidak sia-sia tentunya orang yang beriman kepada hari akhir. Akan ada pesan yang tersirat bagi yang percaya dan berusaha mengambil maknanya untuk dihayati serta menjadi pencerahan hidup di setiap harinya.

Berikut yaitu pesan yang tersirat dari iman terhadap hari akhir.

1. Semakin Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah

Orang yang beriman kepada hari akhir, maka ia akan semakin beriman dan bertaqwa pula kepada Allah.

Keberimanan kepada Allah niscaya akan berdampak pada keyakinan hari selesai dan begitupun sebaliknya.

Allah lah yang membuat dan memilih hari akhir, maka itu hanya kepada Allah kita meminta pertolongan ketika terjadinya hari selesai supaya sanggup selamat menuju kebahagiaan akhirat.

Katakanlah: “Allah-lah yang menghidupkan kau kemudian mematikan kamu, sesudah itu mengumpulkan kau pada hari selesai zaman yang tidak ada keraguan padanya; akan tetapi kebanyakan insan tidak mengetahui.” (QS Al Jatsiyah 26)

2. Muncul Rasa Takut Tidak Mampu Mempertanggungjawabkan

(yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat”. (QS Al Anbiya : 49)

Orang yang beriman kepada hari selesai akan muncul rasa takut ketika berbuat sesuatu tanpa mempunyai pendasaran yang benar dan rasional.

Hal ini dikarenakan ketika nanti menghadap Allah eksklusif ketika harus mempertanggungjawabkannya tentu tidak akan sanggup dilakukan jikalau semenjak di dunia tidak pernah mempersiapkannya dengan baik dan sikap kita dasarnya hanyalah asal-asalan saja.

Untuk itu, orang beriman pada hari selesai akan senantiasa melaksanakan sesuatu dengan penuh pertanggungjawaban.

3. Menjauhi Kemaksiatan dan Perbuatan yang Buruk

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum tiba hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan” (QS Ibrahim : 31)

Menjauhi kemaksiatan yaitu pesan yang tersirat yang akan didapat oleh orang yang beriman kepada hari akhir.

Ia akan menjauhi kemaksiatan alasannya yaitu ia takut akan hari selesai dan pertanggungjawaban yang sangat berat nantinya.

Untuk itu, dalam berbuat ia akan hati-hati dan penuh perhitungan yang matang. Bahkan ia pun tidak akan begitu mengasihi dunia secara berlebihan, alasannya yaitu apa yang ada di dunia hakikatnya yaitu ujian dan titipan yang akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah kelak.

3. Mempersiapkan Diri dengan Profesional

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari selesai zaman (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, alasannya yaitu sebenarnya telah tiba tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang?” (QS Muhammad : 18)

Hari selesai datangnya tiba-tiba dan tidak disangka-sangka, maka itu seorang muslim yang beriman dengan hari selesai akan benar-benar secara profesional mempersiapkan diri menghadapinya.

Secara profesional artinya secara sungguh-sungguh, ada evaluasi, selalu memperbaiki diri dan juga melaksanakan perbaikan terus menerus akan kehidupan dan ibadah yang dijalaninya. Hal ini selayaknya seorang karyawan yang bekerja pada atasannya.

Tujuan Penciptaan Manusia , Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia , Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam yaitu yang menjadi kewajiban insan untuk melakukannya pada Allah.

Untuk itu, keberimanan pada hari selesai akan membuat insan terdorong sebaik-baiknya melaksanakan misi hidupnya sesuai hal-hal diatas dengan memahami berbagai  Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir.

Orang-orang yang tidak percaya pada hari akhir, biasanya yaitu mereka yang belum pernah menghayati fenomena alam serta apa yang disampaikan dalam Al-Quran

Sejatinya, jikalau mereka benar-benar menghayati maka akan benar-benar beriman dan takut kepada hari akhir.

Sebagaimana dalam ayat berikut;

Orang-orang yang tidak beriman kepada hari selesai zaman meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa selesai zaman itu yaitu benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sebenarnya orang-orang yang membantah perihal terjadinya selesai zaman itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh. “ QS Asy-Syura : 18)

Agar tetap beriman kepada hari akhir, cara satu-satunya yaitu senantiasa menggali informasi perihal hari selesai dari banyak sekali pendekatan.

Informasi dari Al-Quran, Sains, Hadist, dan ilmu terapan lainnya akan mengatakan bahwa hari selesai benar akan terjadi dan tidak sanggup dipungkiri walaupun insan berlari ke planet manapun.

Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan; sehingga apabila selesai zaman tiba kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: “Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami perihal selesai zaman itu!”, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu”. (QS Al An’Am: 31)

Lantas jikalau kemudian ada prediksi dari manusia, entah itu benar ataupun tidak. Kita kembalikan pada Allah SWT

Karena hanya Dialah yang tahu perihal apa yang ada di langit dan bumi

Dikutip dalam artikel terdahulu dari republika bahwa diperkirakan ada Meteor besar yang bakal menabrak Bumi pada 2019, namun artikel sumber tersebut ibarat telah ada beberapa perubahan.



Artikel ini balasannya sesudah diteliti sekian usang dan didapatkan fact checking, pada 16/10/2018, dipublikasikan liputan6.com bahwa itu tidak benar. Kala itu mengutip sumber dan publikasikan pada 27/11/2017, sanggup dibilang selisih sebelas bulan kemudian gres di sanggup kebenaran.

KAPAN KIAMAT TERJADI?

Apakah forum media ataupun sejenisnya sanggup memilih bahwa pada 2019 tidak akan terjadi kiamat. Jawabannya niscaya tidak.

Karena kembali kepada surat Al-A’raaf diatas bahwa datangnya selesai zaman itu tidak akan pernah sanggup ditebak, tidak ada sesosok pun mahluk di bumi yang tahu. Tidak sanggup dipercepat dan tidak sanggup ditunda oleh lembaga-lembaga, atau cuma sekedar media.

Tapi kami wajibbaca percaya niscaya tiba adanya hari akhir, kami memberitahukan dan meminta pendapat, apakah benar akan terjadi meteor menabrak bumi.

Tidak usah terlalu jauh?

Sebagai contoh, apakah berdasarkan Anda (yang sedang duduk manis dikantor sambil minum kopi) peristiwa di Palu itu kiamat? Jawabannya bukan. Karena kita sama sekali tidak terkena imbasnya.

Tapi itu yaitu selesai zaman bagi para korban gempa di sana. Jika dibilang mereka selesai zaman besar, mungkin kita menganggap selesai zaman kecil.

Tapi itu juga merupakan kiamat.

Karena itu kami menghimbau kepada seluruh saudara muslim supaya tetap mengokohkan iman dan memperbanyak amal sholeh. Kita harus beriman kepada hari selesai dan harus bersiap menyambut nya.

Karena sekecil apapun amal perbuatan kita, Allah SWT tidak akan melewatkan catatanya yang akan dibuka kelak di Yaumul hisab

Sekali lagi, kewajiban kita hanya berdoa-berdoa dan menambah keimanan kita padaNya!

Karena sejatinya, tak ada satupun umat insan yang tahu kapan datangnya hari akhir, sanggup saja tahun depan, bulan depan, besok ataupun sesudah Anda membaca artikel ini.

Demikian, semoga Allah SWT selalu memberi taufik pada kita semua. Aamiin...
Related Posts