Jangan Kaget! Ternyata Ini 15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita, Luar Biasa

 lakukanlah senam aerobik secara teratur Jangan Kaget! Ternyata Ini 15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita, Luar Biasa
15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Wanita (Foto: yaoutube.com)

Berapapun usia Anda, lakukanlah senam aerobik secara teratur!

Apa sih manfaat senam aerobik bagi tubuh kita? Yuk simak ulasannya biar nggak nyesel...

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang paling diminati wanita. Senam ini memang cukup mengasyikkan dan sangat efektif untuk menciptakan kita berkeringat.

Terlebih lagi, di balik gerakan-gerakn lincah dan dinamis, senam aerobik ternyata mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Tak hanya itu, berapapun usia Anda, melaksanakan senam aerobik secara teratur sanggup mendatangkan banyak manfaat untuk menstimulasi denyut jantung, pernapasan, dan baik untuk jantung Anda.

Manfaat senam aerobik bagi perempuan gemuk juga efektif menurunkan berat badan. Melakukan senam aerobik selama kurang lebih satu jam saja sudah cukup banyak mengkremasi kalori tubuh.

Pengertian Senam Aerobik

Pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara terus-menerus sanggup disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, sampai bersepeda. Di Indonesia sendiri, olahraga aerobik yang paling terkenal yaitu senam aerobik, lantaran memang terdapat kata ‘aerobik’ di dalamnya.

Senam aerobik yaitu serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh sampai denyut jantung meningkat. Tidak menyerupai tarian, gerakan senam aerobik selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

Manfaat Senam Aerobik


Senam aerobik (Rumu)

Seperti kami kutip dari manfaat.co.id, berikut yaitu banyak sekali rincian manfaat senam aerobik setiap hari.

1. Aerobik sanggup meningkatkan stamina dan daya tahan.

Manfaat senam aerobik bagi tubuh: Pasti setiap insan pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan banyak sekali acara bahkan cenderung gampang sakit.

Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang sanggup meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Meningkatkan fungsi jantung.

Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik sanggup meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.

3. Manfaat senam aerobik untuk menurunkan berat badan.

Tentu setiap olahraga mempunyai tugas dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya yaitu aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat tubuh secara bertahap.

4.Mengurangi banyak sekali penyakit / mencegah penyakit.

Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik sanggup membantu mencegah banyak sekali penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan banyak sekali kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.

5. Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada korelasi ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang sanggup menciptakan tubuh anda sehat dan mempunyai umur panjang.

6. Meningkatkan Kesehatan Otot.

Otot insan membutuhkan oksigen untuk membantu semoga terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari banyak sekali limbah. Selain itu, dengan aerobik juga sanggup mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.

7. Meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang sanggup mengaktifkan endorfin yang sanggup memperlihatkan rasa damai dan sejahtera. Selain itu dengan melaksanakan aerobik anda juga sanggup mengurangi stres yang ditimbulkan oleh banyak sekali acara serta kesibukan anda.

8. Membersihkan arteri.

Latihan aerobik sanggup meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus sanggup menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL sanggup mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang sanggup mengakibatkan banyak sekali penyakit kronis menyerupai jantung.

9. Memperkuat napas/stamina.

Jika anda sering merasa lelah saat gres beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak berpengaruh yang sanggup disebabkan oleh lemak dan gangguan anutan oksigen dalam darah. Aerobik rutin sanggup membantu mengembalikan fungsi napas semoga anda lebih powerful dan berpengaruh beraktivitas.

10. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Aerobik juga dipercaya sanggup membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

: Inilah 5 Hal yang Dianggap Sepele Tapi Dapat Membahayakan Kesehatan Wanita

11.Mencegah diabetes.

Sudah bukan diam-diam umum olahraga menyerupai aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.

12. Mengatasi insomnia.

Insomnia merupakan penyakit insomnia yang sanggup disebabkan oleh banyak sekali hal. Terlepas dari penyebabnya, ternyata aerobik juga sanggup membantu anda mengatasi insomnia dan menciptakan anda lebih nyenyak untuk tidur.

13. Aerobik memperkuat tulang dan sendi.

Ini yaitu manfaat yang sangat penting bagi perempuan lantaran tulang yang berpengaruh dan sendi mengurangi kemungkinan seorang perempuan untuk terkena penyakit osteoporosis.

14. Awet muda.

Rajin beraerobik merupakan salah satu diam-diam untuk menciptakan anda abadi muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.

15. Untuk ibu hamil.

Manfaat senam aerobik bagi ibu hamil sanggup membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.

Melakukan Senam Aerobik Sederhana di Rumah


Senam aerobik (bolehkah.com)

Berikut ini yaitu beberapa rangkaian gerakan senam aerobik yang sanggup dilakukan sendiri di rumah.

Rocket jump

Berdirilah agak bungkuk dengan kedua kaki dibuka sedikit. Tekuk lutut sedikit. Tempatkan kedua telapak tangan pada paha. Melompatlah dengan tangan lurus ke atas, serta meluruskan kaki.

Mendaratlah dengan pelan. Kemudian posisikan tubuh kembali pada posisi sebelum lompat. Lakukan dua set dengan pengulangan sebanyak 15-25 kali.

Squat jump

Berdirilah tegap, kencangkan perut dan luruskan punggung. Kemudian berjongkoklah dengan mendorong bokong ke belakang menyerupai akan duduk dan punggung masih lurus menyerupai membentuk sudut 45 derajat. Lengan berada pada kanan kiri lutut.

Lompatlah tinggi-tinggi dengan merentangkan tangan ke kanan dan kiri dan kaki terbuka lebar. Mendaratlah dengan ringan dengan posisi kembali membungkuk dan tangan berada pada sisi kiri kanan lutut. Lakukan dua rangkaian masing-masing dengan 15-25 pengulangan.

Squat

Dengan kedua kaki dibuka sejajar bahu, julurkan kedua tangan ke depan dan rendahkan paha serta bokong sampai mencapai posisi menyerupai orang duduk di kursi, dengan posisi paha yang sejajar lantai.

Jaga semoga punggung tetap lurus membentuk sudut 45 derajat, kedua tangan lurus ke depan. Ulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak 15-25 kali.

Burpee 

Dilakukan dengan rangkaian gerakan sebagai berikut:

- Dari posisi berdiri, ambil posisi jongkok dengan kedua tangan memegang lantai.- Kemudian luruskan kedua kaki ke belakang dengan kedua tangan tetap di lantai, sampai membentuk posisi push-up.
- Dengan cepat, kembali ke posisi jongkok tanpa mengubah posisi tangan, kemudian berdirilah dengan kedua tangan meraih ke atas.

- Ulangi gerakan ini sebanyak 15-25 kali.

Jika Anda sudah usang tidak melaksanakan olahraga rutin dan ingin melaksanakan senam aerobik, mulailah dengan durasi dan intensitas ringan. Misalnya melaksanakan gerakan lima menit di pagi hari, kemudian 2-3 hari berikutnya meningkat menjadi 10 menit, dan seterusnya.

Namun kalau Anda mempunyai penyakit kronis, konsultasikan dulu ke dokter sebelum berolahraga. Misalnya Anda mengidap artritis, maka Anda perlu menanyakan bagaimana semoga tetap sanggup melaksanakan senam aerobik yang kondusif untuk kondisi Anda.

Nah, itulah sederet manfaat senam aerobik bagi tubuh kita. Jadi, mulai kini rajin-rajin ya melakukannya.