9 Tanda Kiamat Ini Sudah Muncul, Hingga Kapan Kamu Masih Mau Maksiat?


Image Source: tribunnews.com

Selama beribu-ribu tahun lamanya insan telah hidup di dunia  dan mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan hidup manusia. Islam sendiri meyakini bahwa insan ketika ini tengah hidup di kiamat dan hari kiamat atau hari selesai dibangkitkannya insan akan segera tiba.

Meskipun tidak ada yang mengetahui kapan hari kiamat itu akan tiba kecuali Allah Swt. Setiap umat Islam tentunya harus mengimani hari selesai atau hari kiamat tersebut alasannya yaitu pada hari tersebut insan yang sudah mati akan dibangkitkan kembali dan dihisab amal perbuatannya. Hari kiamat atau yang dikenal dengan hari kiamat atau yaumul selesai yaitu hari dimana umat insan akan dibangkitkan oleh Allah Swt dan ditimbang amal perbuatannya. Apa saja tanda selesai zaman?

Tanda-tanda Akhir Zaman

Meskipun tidak ada seorangpun yang tahu kapan akan tiba hari kiamat ada beberapa hal yang menandai bahwa insan ketika ini tengah berada di selesai zaman. Berikut yaitu tanda tanda selesai zaman.

1. Zina Merajalela

Apakah tanda kiamat sudah dekat? Perubahan zaman sangat pesat dan insan semakin banyak berbuat kerusakan. Teknologi semakin maju, semakin banyak pula maksiat di mana-mana. Itulah yang terjadi di zaman kita ketika ini. Hal ini sanggup kita saksikan dari bagaimana seorang perempuan dalam menggunakan busana. Ada perempuan yang menggunakan pakaian tanpa epilog kepala. Ada pula yang suka memakerkan betisnya. Pada kiamat perbuatan zina pun tersebar di mana-mana.

Imam Muslim meriwayatkan sebuah hadist,
“Dan tinggallah manusia-manusia yang buruk, yang seenaknya melaksanakan persetubuhan menyerupai himar(keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang.”
Mungkin ketika ini kita sering mendengar isu di televisi maupun surat kabar bahwa berbagai kasus perzinaan. Jika menurut hadist di atas, ini merupakan salah satu tanda hari kiamat akan segera datang.

2. Banyak Dusta

“Pada kiamat akan muncul pembohong-pembohong besar yang tiba kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kau dengar dan belum pernah didengar oleh ayah kau sebelumnya, alasannya yaitu itu jauhkanlah dirimu dari mereka semoga mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu.” (H.R. Muslim)
Teknologi semakin canggih, informasi semakin cepat tersebar. Namun tak jarang, informasi yang tersebar itu merupakan isu bohong, pengalihan isu bahkan hal yang sebaliknya.

3. Munculnya Dajjal

Berdasarkan hadits Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, dajjal yaitu seorang laki-laki, muda, buta sebelah matanya, berkulit merah, tidak punya anak, tertulis di antara kedua matanya ‘kafir’ yang sanggup dibaca setiap muslim.

Dari Ubadah bin Shomit ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Dajjal yaitu seorang pria pendek, berkaki bengkok, keriting, buta sebelah mata, terhapus mata, tidak menonjol dan tidak bermata cekung. Jika disamarkan kepadamu, maka ketahuilah bahwa Tuhanmu Subhanahu wa Ta’ala tidak buta sebelah matanya.” (HR. Ahmad)

4. Turunnya Nabi Isa bin Maryam

Setelah keluarnya Dajjal dengan berbuat kerusakan di muka bumi, lalu Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan Nabi Isa alaihi salam. Beliau turun ke bumi di suatu daerah di Suriah, pada sebelah sisi menara putih.

Kedua tangan Nabi Isa alaihi salam diletakan di atas sayap malaikat. Kemudian Nabi Isa membunuh Dajjal dan memerintah di bumi dengan aturan syariat Islam. Pada masa itu dunia akan tenang selama tujuh tahun, lalu Nabi Isa wafat.

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj merupakan dua golongan umat keturunannya Nabi Adam. Mereka yaitu sebuah golongan yang berpengaruh dan tak seorang pun yang bisa melawannya. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj yaitu salah satu dari gejala kiamat besar. Mereka semua mati sehabis Nabi Isa dan para sahabatnya berdoa memohon kepada Allah.
“Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh daerah yang tinggi.” (QS. Al Anbiyaa’ 96)

6. Terbitnya Matahari dari Barat

Berdasarkan hadits Nabi Shallallahu alaihi wa sallam,

Dari Abu Hurairoh, gotong royong Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga terbit matahari dari sebelah barat. Apabila matahari telah terbit dari sebelah barat maka semua insan akan beriman, pada hari itu: tidaklah bermanfaat lagi iktikad seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau beliau (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.” (Muttafaq alaihi)

7. Munculnya Nabi Palsu

Bermunculannya Nabi palsu yaitu salah satu tanda selesai zaman. Apakah ini tanda selesai zaman? Pada masa Rasulullah sendiri sehabis Rasul wafat ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi diantaranya yaitu Musailamah al kazzab, Thulaihah bin Khuwailid al-Asadi,serta di masa ini juga muncul nabi palsu menyerupai Mirza ahmad al qadiyani yang berasal dari India.  Rasul bersabda
“Tidak akan terjadi hari Kiamat sampai dibangkitkan ‘para Dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka yaitu utusan Allah (Rasulullah).” (HR Bukhari)

8. Banyaknya Kasus Pembunuhan

Banyaknya kasus pembunuhan keji yang terjadi ketika ini yaitu salah satu menandakan kiamat yang disebutkan dalam hadits berikut
“Tidak akan tiba hari Kiamat sampai banyak Al-Harj.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah Al-Harj itu?” Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Muslim).

9. Munculnya Beragam Fitnah

Tanda kiamat fitnah dimana mana. Fitnah yang dimaksud disini yaitu cobaan atau ujian. Sebagaimana tanda ini disebutkan dalam suatu hadits.

“Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah,bagaikan bab malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, dan di pagi harinya menjadi kafir. Orang yang duduk di ketika itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri di ketika itu lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan ketika itu lebih baik daripada orang yang berlari. Maka patahkanlah busur-busur kalian, putuskanlah tali-tali busur kalian, dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah menyerupai yang terbaik dari kedua anak Adam (Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim) yang dimaksud disini yaitu cobaan atau ujian. Sebagaimana tanda ini disebutkan dalam suatu hadits.

Demikian apa saja tanda selesai zaman yang bisa kita ambil hikmahnya. Semoga sanggup membantu.