Doa Memohon Kelancaran Ujian Unbk, Baik Untuk Diamalkan Orangtua

doa yang sanggup dibaca untuk memperlancar mengerjakan soal ujian Doa Memohon Kelancaran Ujian UNBK, Baik Untuk Diamalkan Orangtua
Sumber gambar tirto.id

Hari ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengan Atas dilaksanakan, UNBK dilaksanakan selama 4 hari sampai hari kamis. Mata pelajaran yang diujikan ada 4 macam, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Mata Pelajaran Jurusan.

Selain berguru yang harus dipersiapkan siswa dan siswi untuk menghadapi ujian, berdoa menjadi salah satu perjuangan yang sanggup mempermudah mengahadapi soal-soal yang ada.

Berikut sudah mempersiapkan doa yang sanggup dibaca untuk memperlancar mengerjakan soal ujian, baik dibaca sendiri maupun untuk diamalkan orangtua.

1. Doa biar diberi akomodasi (Mengikuti Ujian)


اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya :
“Ya Allah! Tidak ada akomodasi kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah sanggup Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

2. Doa Sebelum Menjawab Soal


Sebelum menjawab soal ujian, baca doa ini biar Allah memperlihatkan akomodasi dalam menentukan tanggapan yang benar dari soal-soal yang di ujikan.

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Artinya, “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,”

3. Doa memohon kemudahan


رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî.

Artinya: "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, biar mereka mengerti perkataanku."

Dalam doa diatas setidaknya terdapat tiga permohonan yang kita minta dari Allah SWT.

1. Memohon diangkatnya rasa susah yang menyesakkan dada.
2. Memohon dihilangkan banyak sekali kesulitan yang sedang dihadapi.
3. Praktis dalam menyerap ilmu dan diberikan kelancaran dalam bertutur kata.

Itulah beberapa doa-doa untuk menghadapi ujian sekolah dalam bahasa arab, goresan pena latin dan artinya. Jangan lupa untuk tetap berguru alasannya yakni berdoa saja tidak cukup, begitu juga sebaliknya.

Mintalah pemberian orang renta untuk didoakan alasannya yakni doa orangtua niscaya di ijabah Allah SWT, semoga bermanfaat.