Penyebab Trombosit Turun Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Trombosit Turun dan Cara Mengatasinya Penyebab Trombosit Turun dan Cara Mengatasinya
Image Source: honestdocs.id

Penyebab trombosit turun ternyata tidak hanya demam berdarah. lalu, apa saja penyebab trombosit turun? Bagaimana mengobatinya? Ini ia informasinya.

Apa penyebab trombosit turun? Banyak yang tahu bahwa trombosit yang rendah itu berbahaya, namun tidak banyak yang mengetahui apa penyebab trombosit turun. Tak hanya demam berdarah, banyak kondisi lain juga bisa mengakibatkan trombosit turun. Kenali penyebab trombosit turun pada situasi-situasi ini.

Trombositopenia atau kekurangan trombosit ialah istilah medis yang dipakai untuk penurunan jumlah trombosit di bawah batas minimal. Ada dua faktor utama penyebab trombosit turun, yaitu tanggapan produksinya yang berkurang dan hancurnya trombosit dengan cepat.

Trombosit bisa saja menurun walaupun Anda sedang tidak mengalami demam berdarah. Lalu apa yang menjadi penyebab trombosit turun? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

:

Apa yang terjadi bila trombosit turun di bawah nilai normal?

Trombositopenia ialah istilah medis yang dipakai untuk menggambarkan jumlah trombosit yang rendah. Trombosit bisa rendah bisa disebabkan oleh aneka macam faktor.

Sebagai pola tanggapan dari gangguan kesehatan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, leukemia atau bisa juga disebabkan oleh obat-obatan tertentu. Sebagian besar masalah trombositopenia terjadi ringan tapi masalah lain bisa berakibat fatal, terutama saat pasien mempunyai jumlah trombosit yang sangat rendah. Hal ini lantaran trombosit rendah bisa mengakibatkan perdarahan dalam yang terkadang tidak terdeksi.

Memang berapa kadar trombosit normal?

Kita bisa mengetahui kadar trombosit seseorang saat dilakukan investigasi darah (tes darah). Dalam keadaan normal, jumlah trombosit normal ialah 150.000 hingga 450.000 trombosit untuk setiap mikro liter darah. Dengan demikian jumlah trombosit turun yang hingga tergolong rendah bila kadarnya kurang dari 150.000 trombosit per mikro liter darah.

Seperti yang telah disebutkan di atas, trombositopenia mempunyai aneka macam penyebab.

Berikut hal-hal yang menjadi penyebab trombosit turun:

1. Produksi trombosit yang turun

Tubuh terus memproduksi sel-sel darah dari sumsum tulang. Produksi bisa berkurang disebabkan penyakit menyerupai anemia dan leukemia yang mempengaruhi sumsum tulang.

Infeksi virus menyerupai HIV juga bisa bertanggung jawab lantaran sanggup mengurangi kemampuan sumsum tulang untuk menghasilkan platelet (nama lain trombosit). Konsumsi alkohol yang berlebihan, kemoterapi dan materi kimia beracun juga bisa mengurangi produksi trombosit pada sumsum tulang.

2. Trombosit dihancurkan oleh limpa

Kadang-kadang, limpa bisa bertanggung jawab terhadap turunnya jumlah trombosit. Seperti kita tahu, bahwa limpa ialah organ terkecil dalam badan dan bekerja untuk menyaring darah dari komponen yang tidak diinginkan serta melawan infeksi. Ketika limpa membesar, itu menandakan bahwa ia sedang menjebak sejumlah trombosit di dalamnya.

3. Kerusakan trombosit abnormal

Apa penyebab trombosit turun pada anak? Dalam masalah lain, sistem kekebalan badan itu sendiri bisa menghancurkan trombosit pada tingkat yang lebih cepat dibanding tingkat produksi. Hal ini bisa disebabkan oleh kehamilan atau penyakit ITP juga dikenal sebagai abreviasi dari Idiopatik Thrombocytopenic Purpura yang merupakan kondisi di mana sistem kekebalan badan menyerang trombosit. Penyakit autoimun menyerupai rheumatoid arthritis dan lupus juga bisa menjadi penyebab trombosit turun.

Trombotik Thrombocytopenic Purpura (TTP) ialah suatu kondisi yang ditandai dengan pembentukan tiba-tiba gumpalan darah kecil dalam badan mengakibatkan peningkatan penggunaan trombosit.

Penyebab lainnya bisa berupa bisul bakteri, sindrom uremik hemolitik yang merupakan kondisi langka yang mengakibatkan penghancuran darah merah dan penurunan trombosit secara mendadak.

Di Indonesia, masalah trombosit yang menurun hingga rendah sering disebabkan oleh bisul virus dengue yang kita kenal menjadikan penyakit demam berdarah. Penyakit ini mengakibatkan rusaknya pembuluh darah sehingga meningkatkan penggunaan trombosit secara tak masuk akal sehingga trombosit bisa begitu rendah.

Bahaya tanggapan trombosit rendah

Ada tanda-tanda yang gampang kita amati saat trombosit turun dibawah nilai normal. Ini termasuk perdarahan superfisial (permukaan) yang muncul menyerupai ruam di kulit. Hal ini biasanya terlihat di kaki berwarna bintik-bintik atau bercak merah kehitaman yang tidak hilang saat kulit direntangkan.

Tanda dan tanda-tanda trombosit rendah lainnya yakni mengalami perdarahan ahli bahkan ketia yang terjadi hanyalah luka kecil atau gampang mengalami memar yang menunjukkan bahwa gampang berdarah lantaran darah tidak membeku sebagaimana mestinya.

Menstruasi yang banyak tak kujung berhenti juga merupakan tanda trombosit rendah dan yang sering juga dialami ialah pendarahan hidung (mimisan) dan gusi berdarah. Perhatikan juga bahwa buang air besar berdarah atau urin berdarah juga merupakan salah satu menandakan bahwa trombosit turun dan sudah berada di bawah nilai normal.

Trombositopenia bisa mempunyai komplikasi yang fatal dan ini tergantung pada sejauh mana trombosit turun. Jika jumlah trombosit pasien lebih rendah dari 10.000, perdarahan internal (organ dalam) bisa dengan gampang terjadi.

Komplikasi utama yang jarang namun mematikan. Kasus yang parah sanggup mengakibatkan trombositopenia perdarahan internal di organ menyerupai usus atau otak.

Bagaimana menaikkan trombosit yang turun?

Jika kadar trombosit Anda sedang turun, maka perlu dilakukan perawatan yang sesuai dengan tingkat keparahan semoga berhasil dalam menaikkan trombosit hingga kembali normal.

1. Trombositopenia ringan

Trombositopenia ringan bisa sembuh sendiri. Sebagai pola pada kehamilan, trombosit memang turun tetapi akan kembali normal sesudah melahirkan. Secara umum,  masalah trombosit turun ringan tidak selalu membutuhkan pengobatan, cukup istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi.

2. Trombositopenia berat

Trombositopenia berat membutuhkan perhatian medis mengingkat komplikasi yang berbahaya. Biasanya, dokter akan mencoba untuk mengidentifikasi kondisi yang menjadi penyebabnya. Dalam masalah lain, transfusi darah mungkin diperlukan. Transfusi darah bertujuan untuk mengganti trombosit atau sel darah merah yang hilang sebagai langkah evakuasi awal. Jika penyebab trombosit turun ialah ITP, limpa bisa diangkat melalui pembedahan. Dokter juga sanggup mengobati penyakit penyebab dengan obat yang berfungsi menekan sistem kekebalan badan sehingga mencegah antibodi menyerang trombosit.

3. Pengobatan rumah

Ada aneka macam tindakan yang sanggup diambil sendiri di rumah untuk membantu menaikkan trombosit.
  • Kurangi Alkohol. Alkohol memperlambat produksi platelet, oleh alasannya ialah itu kurangi asupan alkohol kini juga. Anda juga sanggup menghindari alkohol sama sekali.
  • Kurangi obat-obatan. Obat antinyeri menyerupai ibuprofen, aspirin, Advil dan lainnya sanggup mempunyai imbas pada produksi trombosit. Gunakanlah obat tersebut dengan hati-hati sesuai petunjuk dokter atau bila benar-benar sangat dibutuhkan.
  • Hindari Cedera. Olahraga dengan kontak yang tinggi menyerupai sepak bola, tinju, dan bola basket mempunyai risiko cedera yang tinggi sehingga pilihlah alternatif yang lain.
  • Konsumsi banyak cairan dan makanan bergizi yang kaya protein, mineral, serta vitamin. 

Jika Anda mempunyai tanda-tanda gampang memar, luka berdarah tak kunjung berhenti, darah menstruasi yang berat dan tanda-tanda lain menyerupai bercak dalam urin dan tinja, maka periksalah ke dokter. Dokter akan menyarankan investigasi darah dan bila terbukti trombosit turun, maka penanganan yang sempurna akan dilakukan.

Nah, itulah beberapa penyebab trombosit turun yang harus Anda ketahui. Apabila trombosit dalam badan Anda tak kunjung membaik, sebaiknya segeralah periksakan kedokter semoga kesehatan terjaga.

Demikian klarifikasi wacana apa saja penyebab trombosit turun. Semoga bermanfaat.