Gambaran Geliat Insan Saat Di Yaumul Ba'ats, Haus Yang Tak Ada Habis-Habisnya


yaumul baats via palembang.tribunnews.com

Apa yaumul ba'ats itu? Jelas tergambar dalam surat az Zumar begitu panasnya? Bagaimana nanti kita bisa menghadapi bila masih belum bertaubat atas dosa-dosa kita ini?

Masihkah Anda tidak mau sholat? Masihkah tidak mau membaca Al Qur'an? Masihkah pelit dan itung-itungan ketika bersedekah?

Allah Azza wa Jalla telah mengutus Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pembawa kabar bangga dan pemberi peringatan. Beliau n tiba membawa kebenaran sebelum datangnya hari Kiamat. Tidaklah ia meninggalkan kebaikan apapun, kecuali telah ia jelaskan kepada umatnya. Dan tidaklah ia meninggalkan keburukan apapun juga, kecuali telah ia peringatkan.

Di antara kewajiban yang telah ia jelaskan, yaitu beriman kepada hari Akhir. Yang merupakan salah satu dari rukun dogma yang enam. Dan termasuk pokok-pokok aqidah Islam yang besar. Di dalamnya terkandung pengertian adanya beriman kepada al ba’ts, yaitu hari kebangkitan).

Yuk simak selengkapntya tentang yaumul ba'ats berikut ini!

Apa yaumul ba'ats ?

apa yaumul baats via gadogadozaman.blogspot.com

Yaumul Baats ialah suatu ketika di mana semua mahluk yang bernyawa dan cerdik akan dibangkitkan sehabis mengalami kematian atau kiamat. Semua insan pasti akan dihidupkan dan dibangkitkan kembali oleh Allah swt. untuk dimintai pertanggungjawabannya selama hidup di dunia.

Istilah lain yaumul ba'ats ialah adalah haru kebangkitan.

Urutan insiden sehabis yaumul ba'ats adalah

1. Yaumul Barzah, ialah hari penantian seluruh umat insan yang telah    meninggal. Yaitu nanti masa dibangkitkan insan dari alam kubur untuk menhadap kepada Allah guna mempertanggungjawabkan seluruh amal perbuatan ketika di dunia.

2. Yaumul Ba'ats, ialah hari dibangkitkannya insan dari alam kubur.

3. Yaumul Mahsyar, ialah hari dikumpulkannya insan sehabis dibangkitkan dari alam kubur, untuk menunggu pengadilan dari Allah SWT.

4.Yaumul Hisab, ialah hari perhitungan amal perbuatan insan selama selama hidup di dunia.

5.Yaumul Mizan, ialah penimbangan amal perbuatan insan sehabis diperhitungkan baik buruknya selama hidup di dunia.

6. Sirat,  ialah jalur atau jalan penentu dari masing-masing insan stelah dihisab dan ditimbang amal baik buruknya. Pada tahap ini manuisa akan ditentukan msuk neraka atau masuk nirwana . Hal ini tergantung amal baik dan amal buruk.

7. Syafaat, ialah dukungan yang diperoleh umat insan yang beriman, Islam dan ihsan. Pertolongan tersebut berasal dari amal perbuatan yang baik ketika di dunia. Bagi orang beriman dan bersedekah saleh kelak pada hari Kiamat akan menerima syafaat berupa fasilitas dan dispensasi dari aneka macam kesulitan yang dihadapi.

8.Surga dan Neraka, ialah kawasan terakhir pembalasan manusia. Bagi yang bersedekah baik akan masuk nirwana dan sebaliknya orang yang bersedekah jelek akan masuk neraka.

Ciri ciri yaumul ba'ats

Pengertian yaumul ba'ats ialah yaitu alam kebangkitan. Dimana seluruh insan yang telah melewati hari final zaman dan menemukan ajalnya lalu di bangkitkan kembali oleh Allah SWT. Dikembalikannya lagi ruh ke dalam jasadnya lalu di bangkitkannya kembali untuk menuju adzab atau kenikmatan surga.

Yaumul baats atau alam kebangkitan ini sudah semestinya kita sebagai umat Muslim patut mempercayainya. Di dalam pengertian yaumul ba'ats pun sudah di katakan bahwa seluruh umat insan akan dibangkitkan kembali dan menuju alam infinit yang tidak ada batas dan ujungnya.

Dimana ketika insan tersebut merupakan insan yang baik dan dipenuhi oleh dogma kepada Allah SWT, maka nirwana lah tempatnya dan selamanya akan di dalam sana. Namun apabila insan tersebut jatuh ke dalam neraka namun masih terdapat dogma di hatinya, maka Allah SWT akan mengeluarkannya dari neraka tersebut.

Yaumul ba'ats dan dalilnya

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). [az Zumar/39 : 68].”

Hikmah dari yaumul ba'ats

hikmah yaumul baats via yasinan.com

Di hari kebangkitan insan dibangkitkan kembali ialah untuk memperhitungkan amal dan dosanya di dunia. Makara pesan tersirat dari insiden tersebut ialah selama kita di dunia, sekecil apapun amal atau dosa yang kita perbuat akan sanggup kesudahannya di final nanti. Dengan itu kita diperlukan akan senantiasa berbuat baik dan bersedekah sholeh.

Berapa usang yaumul hisab ?

Yaumul hisab atau hari perhitungan amal ialah hari dimana Allah mengatakan kepada hamba-hamba-Nya perihal amal mereka. Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ إِلَيْنَا إِيَابَهُمْ (25) ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا حِسَابَهُمْ (26)

“Sungguh, kepada Kami-lah mereka kembali. lalu sebenarnya (kewajiban) Kami-lah menciptakan perhitungan atas mereka.” (QS. Al-Ghasyiyah: 25 – 26).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sering berdoa di dalam sholat dengan mengucapkan:

اَللَّهُمَّ حَاسِبْنِيْ حِسَابًا يَسِيْرَا

Allohumma haasibni hisaaban yasiiro (Ya Allah, hisablah diriku dengan hisab yang mudah.”

Kemudian ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bertanya perihal apa itu hisab yang mudah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Allah mengatakan kitab (hamba)-Nya lalu Allah memaafkannya begitu saja. Barangsiapa yang dipersulit hisabnya, pasti ia akan binasa.” (Diriwayatkan oleh Ahmad, VI/48, 185, al-Hakim, I/255, dan Ibnu Abi ‘Ashim dalam Kitaabus Sunnah, no. 885. Hadits ini dinilai shohih oleh al-Hakim dan adz-Dzahabi).

Itulah pengertian yaumul ba'ats yang bisa Anda ketahui. Sebagai umat Muslim yang taat, sudah sepantasnya mempercayai segala hal yang akan terjadi dan sudah menjadi ketetapan Allah SWT. Untuk itulah hari final zaman akan segera tiba, sudah seharusnya sebagai insan memperbaiki diri dan juga amalan yang masih belum sempurna. Sebab tidak ada yang bisa mengetahui kapan hari final zaman tersebut tiba dan tiba ke muka bumi ini.

Demikianlah artikel perihal yaumul baats. Semoga bermanfaat dan sanggup meningkatkan keimanan kita.
Related Posts