Tubuhmu Akan Mencicipi Hal Ini Ketika Pingsan, Makanya Disunnahkan Mandi Setelahnya


Sumber gambar bobo.grid.id

Pernah mengamati orang yang sedang pingsan atau mungkin anda sendiri yang mengalami ?

Ternyata ketika orang mengalami pingsan hal ini terjadi pada badan dan ternyata disunnahkan untuk mandi.


Kita semua niscaya pernah melihat seseorang pingsan, atau mungkin malah kita yang pernah mengalaminya ?

Pingsan ialah keadaan disaat kita sadarkan diri secara tiba-tiba dan menciptakan kita jatuh, apa yang menjadi penyebab pingsan itu terjadi ?

Beberapa hal ini dapat menjadi penyebab seseorang mengalami pingsan, contohnya saja kaget, kelelahan atau bahkan lantaran menahan rasa sakit yang sangat kuat.

Ini yang Akan Anda Rasakan Pada Tubuh Saat Pingsan

Saat kita kaget, biasanya napas kita akan tersengal-sengal sehingga oksigen di dalam darah eksklusif meningkat, oksigen yang banyak itu kemudian masuk ke saraf otak.

Saraf otak yang tiba-tiba diserang oleh banyaknya oksigen akan menyuruh pembuluh darah untuk menutup.

Akibatnya, badan kita akan kekurangan oksigen sehingga sebagian acara akan terhenti.

Menguras Racun Dalam Tubuh Hanya Semalam, Seperti Produk Kinok! Anda Bisa Coba Dengan Bahan Alami Ini

Anjuran Mandi Setelah Mengalami Pingsan

Mandi sehabis pingsan yakni salah satu mandi yang disunnahkan, selain lantaran pingsan mandi yang disunnahkan ialah sehabis memandikan mayat dan mandi sebelum masuk islam lantaran murtad ataupun kafir dan ingin masuk islam.

Seperti yang diceritakan dalam hadist Aisyah radhiyallahu'anha dalam hadits yang cukup panjang dibawah ini.

Dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdullah bin ‘Utbah berkata, “Aku masuk menemui ‘Aisyah saya kemudian berkata kepadanya, “Maukah engkau menceritakan kepadaku perihal kejadian yang pernah terjadi ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang sakit?” ‘Aisyah menjawab, “Ya. Pernah suatu hari ketika sakit Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam semakin berat, dia bertanya: “Apakah orang-orang sudah shalat?” Kami menjawab, “Belum, mereka masih menunggu tuan.” Beliau pun bersabda, “Kalau begitu, bawakan saya air dalam bejana.” Maka kami pun melakukan apa yang diminta beliau. Beliau kemudian mandi, kemudian berusaha bangun dan berangkat, namun dia jatuh pingsan. Ketika sudah sadarkan diri, dia kembali bertanya, “Apakah orang-orang sudah shalat?” Kami menjawab, “Belum wahai Rasulullah, mereka masih menunggu tuan.” Kemudian dia berkata lagi, “Bawakan saya air dalam bejana.” Beliau kemudian duduk dan mandi. Kemudian dia berusaha untuk bangun dan berangkat, namun dia jatuh pingsan lagi. Ketika sudah sadarkan diri kembali, dia berkata, “Apakah orang-orang sudah shalat?” Kami menjawab lagi, “Belum wahai Rasulullah, mereka masih menunggu tuan.” Kemudian dia berkata lagi, “Bawakan saya air dalam bejana.” Beliau kemudian duduk dan mandi. Kemudian dia berusaha untuk bangun dan berangkat, namun dia jatuh dan pingsan lagi. Ketika sudah sadarkan diri, dia pun bersabda, “Apakah orang-orang sudah shalat?” Saat itu orang-orang sudah menunggu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di masjid untuk shalat ‘Isya di waktu yang akhir. (HR. Bukhari no. 687 dan Muslim no. 418)

An Nawawi menjelaskan, “Hadits ini yakni dalil disunnahkannya untuk mandi sehabis sadar dari pingsan. Jika pingsan tersebut terjadi berulang kali, maka mandi pun dianjurkan berulang kali. Namun bila ia gres mandi sehabis beberapa kali pingsan, maka itu pun boleh dengan cukup sekali mandi."

Maka menurut keterangan dari hadits diatas maka mandi sehabis mengalami pingsan sangat dianjurkan namun tidak diwajibkan.

Sebab kita perlu memperhatikan bilamana mandi itu nanti malah membahayakan sebaiknya tidak dilakukan, dapat di gantikan dengan bersuci yang lainnya menyerupai wudhu atau tayamum.


Sebagaimana yang pernah terjadi pada masa Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam ketika ada orang terbunuh lantaran mandi junub alasannya yakni mimpi sedangkan ia dalam keadaan terluka di kepalanya, kemudian Beliau mencela orang yang menyuruhnya mandi dan menetapkan tayammum bagi keadaan tersebut.
Related Posts