5 Fakta Dibalik Merpati Airlines, Kembali Mengudara Di 2019 Sesudah Ngangkrak 4 Tahun
Maskapai merpati airlines kembali mengudara di tahun 2019 (sumber via merdeka.com)
Ngangkrak usang 4 tahun, kesudahannya Merpati Airlines kembali mengudara.
Jika mengulas penyebab utama maskapai ini dulu ngangrak, diduga sebab biaya materi bahar.
Namun kesudahannya sehabis mengevaluasi dan mengalami perbaikan, kesudahannya kembali beroprasi.
Berikut 5 fakta maskapai milik BUMN ini kembali beroperasi lagi di 2019...
PT Merpati Nusantara Airline (Persero) merupakan salah satu maskapai penerbangan nasional yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN. Meski menjadi salah satu perusahaan pelat merah, Merpati Airlines tidak bisa bersaing dengan maskapai lainnya, sehingga harus berhenti beroperasi semenjak 2014 lalu.
Merpati tercatat menghentikan operasi seluruh rute penerbangannya semenjak Kamis (30/1/2014). Langkah itu diambil karena maskapai itu tidak bisa membeli materi bakar secara tunai kepada PT Pertamina (Persero).
"Untuk kemarin dan hari ini sudah tidak ada penerbangan sebab tidak pasokan avtur. Beli fuel (bahan bakar) di Pertamina bayarnya harus cash (tunai)," ungkap Ketua Umum Forum Pegawai Merpati Sudiryarto di Jakarta, Jumat (31/1/2014) lalu.
Meski sudah menghentikan penerbangannya selama dua hari, Merpati belum resmi ditutup ketika itu. Sudiryarto hingga belum mendapat keterangan resmi dari pihak direksi. "Berita resmi belum dengar, yang aku sanggup dari teman-teman operasi tidak ada penerbangan, belum ada pernyataan resmi," tutupnya.
Pada 18 September 2014, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyampaikan bahwa pemulihan maskapai ini membutuhkan biaya Rp 15 triliun untuk menutup pembayaran gaji, banyak sekali kerugian yang diderita perusahaan dan utang pada sekitar 2.000 pihak.
Dahlan Iskan kala itu menyampaikan bahwa planning untuk menghidupkan kembali maskapai ini sudah menemui jalan buntu sebab restrukturisasi aset dan planning penjualan tidak menguntungkan lagi. Rencana penjualan kemudahan pemeliharaan Merpati di nilai berkisar pada harga Rp 300 juta
Namun demikian, Merpati Airlines berencana kembali mengudara di 2019 mendatang. Maskapai ini mendapat suntikan modal triliunan Rupiah.
Berikut fakta di balik kembali mengudaranya Merpati Airlines:
1. Dapat Suntikan Modal Rp 6,4 Triliun
PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) akan benar-benar siap kembali mengudara pada 2019. Ini mengingat maskapai yang telah sekian usang mati suri tersebut telah mendapat investor.Intra Asia Corpora menjadi investor yang menyatakan siap dengan suntikan dananya. Intra Asia Corpora yaitu investor dalam negeri ini terafiliasi dengan Asuransi Intra Asia dan PT Cipendawa yang sempat terdaftar di Bursa dengan isyarat emiten CPDX.
Presiden Direktur Merpati Nusantara Airline, Asep Ekanugraha, menyatakan investor tersebut siap menyuntikkan dana hingga Rp 6,4 triliun demi melihat Merpati Airlines kembali mengudara.
"Kami berkeyakinan dan optimis bakal kembali terbang di tahun depan. Semua persiapan, terutama dana operasional, sudah kami dapatkan komitmennya," kata Asep di Jakarta, Senin (12/11/2018).
Kucuran dana untuk mengoperasikan Merpati, disebutkan tidak sepenuhnya berupa dana segar seutuhnya. Selain itu tidak akan turun sekaligus. Namun, akan turun sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan operasional dalam jangka dua tahun.
Dengan ada dana tersebut, Merpati Airlines setidaknya bisa kembali mempunyai pesawat dan mulai mengurus izin rute terbang dan investasi operasional lainnya.
Namun demikian, Asep menambahkan, keputusan Merpati terbang kembali itu, akan sangat tergantung dari proses sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dijadwalkan pada Rabu, 14 November 2018.
"Memang, titik krusialnya, yang di putusan pengadilan terkait perkara utang kami yang akan diputuskan pada Rabu 14 November nanti. Ya, tentu saja kami berharap, Merpati diberi kesempatan untuk beroperasi lagi. Jika demikian, maka kami akan tancap gas, melaksanakan langkah strategis operasional, yang telah kami siapkan, " pungkas Asep.
2. Tak Mau Kaprikornus Maskapai LCC
PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) siap mengudara kembali pada 2019. Hanya saja, ini sangat tergantung dari proses sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dijadwalkan pada Rabu, 14 November 2018.Direktur Utama Merpati Airlines, Asep Ekanugraha, menyampaikan pihaknya telah mempunyai planning bisnis yang telah diajukan ke pengadilan dan untuk disampaikan ke kurator.
Jika disetujui, maskapai Merpati siap mengudara kembali pada 2019. Dalam planning bisnisnya, Asep menegaskan dirinya tak akan masuk di pasar yang ketika ini sudah banyak maskapai menjalankannya.
"Dalam mengoperasikan MNA tahun depan tidak akan bermain di segmen maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC/low cast carrier)," kata Asep di Jakarta, Senin (12/11/2018).
Asep menjelaskan, Merpati Nusantara Airlines lebih menentukan menyasar penerbangan di wilayah Indonesia timur, pihaknya juga akan melaksanakan penerbangan ke wilayah Indonesia barat yang dinilai sangat potensial juga memungkinkan ke luar negeri.
:
- Peraturan Baru Pemerintah! Urus KTP, KK dan Lainnya Tak Perlu Lagi Bikin Surat Pengantar
- 9 Maskapai Penerbangan yang Recomended Buat Kamu yang Suka Travelling
3. Bidik 10 Destinasi Wisata
Direktur Merpati Nusantara Airline, Asep Ekanugraha menyebut bahwa pasar penerbangan di Indonesia masih sangat terbuka. Selain adanya destinasi wisata baru, pembangunan infrastruktur bandara, menunjukkan kebutuhan penerbangan meningkat.Untuk itu, Asep mentargetkan merebut pasar di 10 destinasi wisata baru. Destinasi tersebut yakni Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).
Asep menilai potensi pasar penerbangan Indonesia, tidak cukup dilayani Garuda yang main di kelas atas dan beberapa maskapai swasta. Kehadiran Merpati nantinya akan bisa mengisi slot rute penerbangan ini sehingga tidak hanya didominasi maskapai swasta.
"Potensi pasar yang kami incar sangat besar. Seperti pemerintah membangun bandara itu untuk siapa, bila BUMN sendiri juga tidak memanfaatkan kemudahan tersebut. Ini akan menjadi cekungan potensi investasi gres yang tentu menjadi cita-cita revenew bagi Merpati," kata Asep.
4. Pakai Pesawat Buatan Rusia
Merdeka.com - Presiden Direktur Merpati Nusantara Airlines, Asep Ekanugraha, menyampaikan bila beroperasi nanti Merpati Airlines tak akan memakai pesawat buatan Boeing dan Airbus."Perusahaan nantinya dalam mengoperasikan penerbangan tidak memakai pesawat Boeing atau Airbus tapi akan memakai pesawat produksi Rusia. Tapi pesawat yang kita gunakan yaitu buatan Rusia dan bukan yang pernah kecelakaan di Gunung Salak," kata Asep di Jakarta, Senin (12/11/2018).
Saat ini pun struktur organisasi gres PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) juga sudah selesai disusun dan pihak investor swasta menyatakan tidak minta jatah untuk duduk di struktur organisasi.
"Investor hanya mau semoga dana yang sudah ditanam bisa dipakai sebaik-baiknya, sehingga perusahaan bisa meraup keuntungan menyerupai yang diharapkan," ujar Asep yang dilansir merdeka.com
5. Tak Lagi Kaprikornus BUMN?
PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) kesudahannya menemukan investor yang siap mengucurkan modal untuk kembali terbang. Investor tersebut yaitu Intra Asia Corpora.Investor dalam negeri ini terafiliasi dengan Asuransi Intra Asia dan PT Cipendawa Tbk yang sempat terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan isyarat emiten CPDX dan siap mengucurkan modal Rp 6,4 triliun untuk Merpati Airlines.
Dengan total kewajiban utang Merpati yang mencapai Rp 10 triliun, dan masuknya Intra Asia Corpora, akankah Merpati tak lagi jadi BUMN? Presiden Direktur Merpati Nusantara Airlines, Asep Ekanugraha, belum bisa menjelaskan secara detail sebab hal tersebut berkaitan dengan perjanjian kedua perusahaan.
"Hanya saja, pihak investor memang mengucurkan dana dengan soft lender, yang artinya pihak investor akan mendapat return dari Merpati sehabis maskapai ini mapan mengudara," terang Asep di Jakarta, Senin (12/11/2018).
Asep menambahkan, kucuran dana untuk mengoperasikan Merpati Airlines, disebutkan tidak sepenuhnya berupa dana segar seutuhnya. Selain itu juga tidak akan turun sekaligus.
Namun, akan turun sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan operasional dalam jangka dua tahun. Dengan adanya dana tersebut, Merpati Airlines setidaknya bisa kembali mempunyai pesawat dan mulai mengurus izin rute terbang dan investasi operasional lainnya.
"Memang, titik krusialnya, yang di putusan pengadilan terkait perkara utang kami yang akan diputuskan pada Rabu 14 November nanti. Ya, tentu saja kami berharap, Merpati diberi kesempatan untuk beroperasi lagi. Jika demikian, maka kami akan tancap gas, melaksanakan langkah strategis operasional, yang telah kami siapkan, " ujar Asep.
Namun demikian, Asep menambahkan, keputusan Merpati Airlines terbang kembali itu, akan sangat tergantung dari proses sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dijadwalkan pada Rabu, 14 November 2018.