Alasan Kenapa Darah Haid Menggumpal, Ternyata Sudah Tertera Dalam Al Qur'an


darah haid via orami.or.id

Siapa yang masih belum percaya bahwa Al Qur'an yaitu kalam Allah yang tidak hanya ditujukan untuk umat Islam?

Tetapi untuk seluruh umat manusia.

Buktinya  hal sekecil ini perihal kesehatan telah ada dalam Al Qur'an semenjak lebih dari 1400 tahun yang lalu

Menstruasi atau haid merupakan fase yang dialami oleh semua perempuan normal setiap bulannya. Saat sedang haid, biasanya perempuan akan merasa tidak nyaman, emosi tidak stabil dan beberapa diantaranya mencicipi sakit di kepingan perut. Namun semua itu yaitu masuk akal dan menandakan kau sehat.

Darah haid atau menstruasi berasalah dari sel telur pada dinding rahim yang tidak dibuahi, sehingga akan terbuang dan dianggap sebagai darah kotor. Yuk kita simak selengkapnya perihal darah haid berikut ini!

Apa darah haid itu ?

Hampir setiap perempuan mengalami menstruasi atau haid, yakni proses keluarnya darah akhir luruhnya lapisan dinding rahim, akhir dari sel telur yang tidak dibuahi. Periode haid biasanya tiba setiap bulan, namun pada beberapa perempuan sanggup terjadi lebih cepat atau lebih lambat tergantung keseimbangan hormon.

Cairan yang keluar dikala menstruasi, sebetulnya tidak seratus persen mengandung darah. Tapi banyak komponen yang ikut luruh dari proses menstruasi.

Dijelaskan pakar kesehatan perempuan Jennifer Wider, M.D., darah menstruasi terbuat dari tiga komponen. Diantaranya sel-sel endometrium (batas dinding rahim) yang luruh ketika tidak terjadi kehamilan, darah dari pembuluh arteri di dalam uterus dan terkadang gumpalan atau darah beku.

Darah haid berdasarkan al quran 

Berikut ini penjelasan darah haid hukumnya menurut al quran.

Ulama dari empat mazhab setuju bahwa status aturan darah haid yaitu najis. Dan, seseorang gres suci sehabis darah itu berhenti keluar,  kemudian ia melaksanakan penyucian besar, yaitu mandi. Kalau darah haid dihukumi najis, lantas bagaimana dengan tubuh orang yang sedang mengalami haid?

Menurut ulama terkemuka Syekh Yusuf Qaradhawi, semua anggota tubuh perempuan yang haid, tidaklah najis. Ia berargumen pada sebuah riwayat dari Aisyah. Suatu ketika Nabi Muhammad SAW meminta kepada Aisyah, “Bawakan kepadaku tikar kecil itu!,” Kemudian 'Aisyah menjawab, “Saya sedang haid, wahai Rasulullah.” Maka Rasul SAW bersabda, “Inna haidhatiki laisat fii yadiki,” sesungguhnya haidmu itu tidak di tanganmu. (HR Bukhari).

Hadis tersebut secara tegas mengisyaratkan kesucian tubuh seseorang yang sedang haid. Karenanya, tutur Syekh Qaradhawi, ketika ia menyentuh benda apapun, termasuk juga air, tidak lantas membuatnya najis.

Apa saja warna darah haid ?

warna darah haid via cerpen.or.id

Berikut yaitu apa saja warna darah haid dan arti di baliknya.

1. Merah Terang
Jika darah haid kau bergumpal mirip selai stroberi, itulah menunjukan bahwa tubuh kau sedang mengalami ketidakseimbangan horman progesteron dan esterogen. Kurangi produk susu, kedelai dan gula sebelum mengunjungi ginekolog, ladies.

2. Merah Gelap
Semakin usang darah haid tersimpan dalam rahim, semakin gelap warnanya dikala keluar. Maka dari itu, kau akan sering melihat warna merah gelap dikala bangkit di pagi hari atau dikala blood flow kau lebih banyak dari biasanya. Warna tersebut juga sanggup memperlihatkan bahwa terkikisnya jaringan lapisan dinding rahim telah berkurang dan menjadi menunjukan bahwa siklus haid kau sudah mau selesai.

3. Merah Muda
Darah yang berwarna merah muda sanggup terjadi dikala siklus haid lebih singkat atau dikala haid kau lebih sedikit dari biasanya. Darah pink juga sanggup menjadi indikasi bahwa kadar esterogen dalam tubuh sedang rendah. Apakah kau sedang stres, ulet berolahraga, atau mengalami perubahan berat tubuh yang drastis? Faktor-faktor tersebut sanggup menjadi alasannya.

4. Coklat / Hitam
Bila darah haid kau sudah usang tersimpan dalam rahim atau siklus haid kau sedang tidak teratur, masuk akal kalau warna darah haid kau coklat. Namun kalau darah haid keluar dengan warna keabu-abuan atau hitam, sanggup jadi kau terkena nanah rahim atau tanda keguguran bagi perempuan hamil. Oh, no…

5. Jingga
Bila warna darah haid kau ada sedikit warna jingga namun baunya biasa saja, tidak masalah! Namun kalau tekstur dan anyir darah haid kau aneh, kondisi tersebut sanggup mengindikasikan penyakit menular seksual (STD/STI). Kunjungi dokter secepatnya!

6. Biru / Ungu
haid berwarna biru atau ungu niscaya akan menciptakan kau panik, tetapi fenomena teresebut sebetulnya tidak berbahaya, kok. Kamu akan melihat sedikit warna biru atau ungu dikala darah sudah bergumpal (dan ini juga hal yang wajar). Bila Miss Cheerful mengeluarkan aristokrat atau ungu, itu artinya tubuh kau sedang menampung hormon estrogen berlebihan!

Dari warna-warna diatas lalau bagaimana darah haid yang normal ? Simak berikut ini.

Bagaimana darah haid yang normal ?

Menurut seorang pakar hormon dan kesehatan reproduksi perempuan dari John Hopkins University, Alisa Vitti, darah menstruasi normal seharusnya berwarna merah terang. Merah di sini maksudnya mirip buah ceri ranum. Pada setiap orang memang warna merah ini bervariasi juga, tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah. Namun, secara umum warna darah mirip ceri menandakan kalau menstruasi Anda teratur dan sehat.

Warna merah terang ini biasanya paling terlihat pada hari pertama dan kedua menstruasi, mirip dijelaskan oleh dr. Raquel B. Dardik, seorang seorang hebat kandungan dari Langone Medical Center. Pasalnya, darah yang keluar di hari pertama dan kedua biasanya masih segar dan alirannya cukup deras.

Mengapa darah haid mengalir deras ?

darah haid deras via popmama.com

Volume darah mens yang deras atau tidak sama dalam bulan ke bulan, yaitu beberapa hal yang mungkin Anda alami. Banyak faktor yang sanggup memengaruhinya. Perdarahan yang hebat sanggup saja merupakan tanda-tanda penyakit mirip endometriosis, kanker serviks, polip pada leher rahim, atau penyakit peradangan panggul. Namun dalam tingkat normal, penyebabnya pun sanggup beragam, seper

Siklus haid 
Berapa usang siklus haid Anda? Apakah setiap 21 hari, atau 30 hari? Hal ini ternyata normal saja, kata Lissa Rankin, MD, dokter kandungan dan kebidanan yang juga penulis buku What’s Up Down There? Questions You’d Only Ask Your Gynecologist If She Was Your Best Friend.

“Rata-rata, siklus haid perempuan terjadi setiap 28 hari, tetapi semua perempuan itu berbeda. Teknisnya, siklus yang normal berakhir antara 21-35 hari," ungkap Rankin.

Pola makan dan latihan 
Pola makan dan olahraga yang Anda lakukan juga sanggup memengaruhi menstruasi, termasuk peluang untuk hamil. “Jika Anda latihan cukup berat, atau tidak cukup makan, tubuh Anda akan berasumsi Anda tidak cukup bugar untuk hamil. Kadar estrogen sanggup menurun, dan Anda sanggup berhenti berovulasi," ujar Rankin.

Berat badan 
Tubuh yang terlalu kurus sanggup mengakibatkan darah mens tidak keluar. Seperti alasannya teladan makan dan olahraga yang keras, tubuh yang terlalu kurus akan menduga Anda tidak cukup sehat untuk mengandung.

Ketidakseimbangan hormon 
Ketidakseimbangan hormon selama masa cukup umur atau menopause yaitu penyebab umum darah haid yang deras. Selama masa remaja, sehabis mendapat haid pertamanya, dan selama beberapa tahun menjelang menopause ketika menstruasi berhenti, kadar hormon kita berfluktuasi.

Seringkali, fluktuasi ini mengakibatkan perdarahan rahim secara berlebihan selama masa menstruasi. Namun menorrhagia akhir ketidakseimbangan hormon ini sanggup diatasi dengan pil KB atau perawatan hormon lain.

Alat kontrasepsi 
Sulit untuk menyatukan efek alat kontrasepsi dalam satu paket, alasannya alat KB yang berbeda sanggup mengakibatkan kadar hormon yang berbeda pula. Namun apapun alat kontrasepsi yang Anda gunakan, akan memperlihatkan efek pada siklus mens Anda.

Apa penyebab darah haid menggumpal ?

Darah haid menggumpal biasanya terjadi di awal siklus hari pertama haid, alasannya dikala itu anutan darah yang keluar dalam kondisi deras. Penyebabnya yaitu dikala dalam kondisi haid, tubuh kita biasanya melepaskan zat antikoagulan (zat pencegah pembekuan darah) untuk menjaga darah haid menggumpal ketika dikeluarkan. Namun, ketika anutan darah haid sedang deras-derasnya, zat antikoagulan tidak sanggup memproses semua darah untuk dibekukan, maka masih ada beberapa darah yang keluar dengan wujud menggumpal.

Ada beberapa faktor lain yang sanggup memengaruhi darah haid  keluar menggumpal, antara lain:


  • Keguguran. Janin yang tidak sanggup bertahan dalam rahim akan keluar lewat vagina dengan darah encer disertai gumpalan.
  • Tanda menjelang menopause. Darah haid akan keluar beserta isinya dengan wujud menggumpal,  untuk melepaskan sisa telur pembuahan yang akan habis.
  • Perubahan hormon dalam tubuh. Kedua hormon dalam tubuh wanita, esterogen dan progesteron yang seimbang, akan kuat pada haid yang normal. Jika salah satu hormon tidak seimbang, akan terjadi penggumpalan pada darah haid.
  • Infeksi dalam rahim. Haid akan berlangsung usang alasannya adanya nanah pada jalan masuk rahim menuju vagina. Gumpalan yang keluar merupakan wujud di mana darah keluar bersama lapisan dinding dalam rahim. Kondisi ini kalau berlanjut sanggup menjadikan anemia.
  • Miom. Tumor jinak yang mengakibatkan rasa nyeri hebat pada masa haid


Gumpalan yang keluar pada darah haid kadang mempunyai tekstur dan warna yang berbeda. Jika teksturnya tipis dan tidak menggumpal dalam bentuk besar, itu normal adanya. Keluarnya gumpalan darah berwarna merah gelap juga tidak perlu dikhawatirkan, itu menandakan bahwa darah sudah usang disimpan di dalam rahim dan menunggu untuk segera dikeluarkan.

Jika darah haid menggumpal ibarat butiran, disertai rasa sakit pada kepingan perut bawah, sakit kepala hebat, dan siklus haid tidak teratur, sebaiknya Anda mulai menyelidiki kondisi kesehatan Anda. Anda sanggup waspada dengan tanda-tanda kondisi kesehatan rahim yang bermasalah. Lakukan investigasi USG pada vagina, biopsi, tes MRI (untuk mengetahui perkembangan fibroid), atau bahkan langkah kuret.

Apakah darah haid sedikit sanggup hamil ?

Perlu Anda ketahui, banyak atau sedikitnya jumlah darah menstruasi tidak kuat terhadap masa subur Anda. Jika Anda telah menikah lebih dari satu tahun dan telah rutin melaksanakan hubungan intim namun belum belum terjadi kehamilan, maka segeralah konsultasikan kepada dokter ahli.

Lakukan rencana aktivitas kehamilah biar pembuahan berhasil.

Demikianlah artikel perihal darah haid, demoga bermanfaat!
Related Posts