Apakah Benar Arwah Orang Mati Itu Dapat Gentayangan? Ini Balasan Ustadz Somad


Image from tribunislam.com

Kalau orang mati tidak gentayangan, kemudian kenapa ada istilah pocong, kuntilanak, genderuwo ?

Fenomena yang sering masyarakat mempercayai hantu roh dari seseorang, entah itu gara-gara tali pocong lupa nggak dibuka atau mati yang mengenaskan.

Lha ini yang menciptakan orang awam tidak mengerti dan bertanya tanya.

Simak video klarifikasi Ustadz Somad berikut semoga terperinci terjawab...

Di Indonesia ada dikenal istilah hantu gentayangan. Sebagian orang berfikir hantu gentayangan itu arwah dari orang yang sudah meninggal dunia.

Hal ini pun pernah ditanyakan seorang jamaah kepada Ustaz Abdul Somad (UAS). "Apakah sehabis mati ada roh gentayangan?" tanya jamaah mirip dalam video instagram @kajianustadzabdulsomadlcma.

:

Mendapat pertanyaan ini UAS tegas katakan tidak ada istilah hantu. "Tak ada. Ini terlalu banyak nonton film hantu. Yang muncul gentayangan di bersahabat jembatan atau mana saja itu bukan ruh. Tapi jin," jawab dosen hadist di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Seperti yang dilansir oleh riau24.com, kemudian UAS menjelaskan perihal adanya jin Qorin. Yaitu jin pendamping atau pasangan yang menyertai tiap kelahiran anak manusia. Bertugas untuk menggiring insan kepada kemaksiatan jauh dari kebaikan.

"Ini jin qorin dari alam mistik mendampingi setiap orang semenjak lahir. Kalau insan meninggal dunia, jin qorin ini tidak mati. Inilah yang kadang dilihat, ibarat seseorang yang sudah mati. Kaprikornus hantu itu tidak ada," ujar UAS. 

Tanja jawab menarik lainnya sanggup disaksikan di media umum (Medsos) UAS di youtube atau instagram. Hanya saja sebaiknya menonton hingga tuntas semoga tidak terjadi salah paham.

Berikut video ceramah ustadz somad mengenai hal ini :