Bahaya Hypomenorrhea, Duduk Perkara Haid Yang Dapat Menghipnotis Kesehatan Dan Kesuburan


Gambar ilustrasi dilansir dari ruangmuslimah.com

Penting bagi wanita!

Hati-hati ketika haid tidak lancar dan terlalu sedikit. Bisa jadi hal tersebut yaitu hypomenorrhea.

Selain menghipnotis kesuburan, hypomenorrhea juga sanggup menjadi tanda penyakit berbahaya.

Berikut gejala, penyebab dan cara mengobatinya!

Biasanya, seorang perempuan yang sehat yang belum mendekati menopause mengeluarkan sekitar 30 ml hingga 50 ml darah setiap periode menstruasi.

Umumnya selembar pembalut sanggup menampung hingga 5 ml cairan. Kaprikornus menghabiskan pembalut lebih dari 6 atau 7 lembar ketika haid merupakan hal wajar.

Namun, jikalau seorang perempuan hanya mengeluarkan darah kurang 30 ml atau menghabiskan tak hingga 6 pembalut selama menstruasi bulanan, bukan mustahil ini yaitu kondisi yang disebut hypomenorrhea.

Bahaya Hypomenorrhea

Jika hypomenorrhea berlangsung untuk waktu yang usang dan terus selama berbulan-bulan, ketidakseimbangan hormon yang menjadikan gangguan ini akan semakin meningkat dan sanggup menjadikan duduk kasus kesehatan lebih serius.

Selain itu, perempuan yang mempunyai hypomenorrhea yang tidak diobati berisiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat tubuh dalam waktu singkat, infertilitas (ketidaksuburan), dan kanker ovarium.

Hypomenorrhea juga mengatakan fakta bahwa lapisan uterus Anda tipis. Rahim harus ternutrisi dengan baik, alasannya yaitu syarat bagi kehamilan yang sehat yaitu dinding rahim yang tebal dan ajaran oksigen tercukupi.

Meskipun sebagian besar kasus bekerjasama dengan menopause, sebaiknya ajaran darah haid yang tidak normal tetap diperiksa. Gangguan dalam menstruasi ini juga sanggup menjadi tanda awal kanker ovarium.

Gejala hypomenorrhea

Hypomenorrhea ditandai dengan ajaran darah yang tidak lancar atau sangat sedikit. Biasanya haid hanya berlangsung kurang dari 3 hari, ibarat dilansir dari merdeka.com.

Bersamaan dengan ajaran darah yang sangat sedikit, hypomenorrhea kerap dibarengi dengan tanda-tanda lain. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Siklus menstruasi terlambat
  • Tidak haid selama 2-3 bulan berturut-turut
  • Letih dan lesu
  • Anemia
  • Pertumbuhan rambut yang berlebihan
  • Hilangnya gairah di ranjang
  • Nyeri sendi
  • Infertilitas
  • Penimbunan cairan di dalam tubuh, terutama di tempat panggul dan pergelangan kaki


Faktor-faktor penyebab hypomenorrhea

Dilansir dari alodokter.com, berikut beberapa penyebab hypomenorrhea beserta penjelasannya:

1. Genetik

Jika Anda mengalami menstruasi sedikit, coba tanyakan kepada ibu atau saudara perempuan Anda apakah mereka juga mengalaminya. Karena kemungkinan hypomenorrhea disebabkan oleh faktor keturunan.


2. Ketidakseimbangan kadar hormon

Menstruasi sedikit, normal terjadi pada dewasa yang gres saja mengalami pubertas, dan perempuan yang akan memasuki masa menopause.

Hypomenorrhea yang terjadi pada kedua kondisi tersebut disebabkan adanya ketidakseimbangan kadar hormon yang berperan dalam siklus menstruasi.


3. Gaya hidup

Stres, penurunan atau kenaikan berat tubuh yang drastis, merokok, serta olahraga berlebihan sanggup menciptakan hormon tidak seimbang dan menjadikan menstruasi Anda tidak ibarat biasanya.


4. Penggunaan alat kontrasepsi

Jika Anda menggunakan alat kontrasepsi, khususnya kontrasepsi hormonal ibarat pil KB, suntik KB, atau susuk KB, Anda mungkin mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit dan waktu yang lebih singkat.

Ini terjadi lantaran KB hormonal mencegah tubuh melepaskan sel telur dan dinding rahim tidak menebal. Kondisi ini umum terjadi, terutama jikalau Anda gres pertama kali menggunakannya.


5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Kondisi ini terjadi ketika ovarium ditumbuhi oleh kista-kista dalam ukuran sangat kecil. Penderita PCOS sanggup mengalami menstruasi sedikit lantaran proses ovulasi mengalami gangguan.


6. Asherman’s syndrome

Kondisi ini ditandai dengan dinding pecahan dalam rahim (endometrium) meradang dan membentuk jaringan parut, sehingga mengurangi volume rongga rahim.

Selain menstruasi sedikit, gangguan ginekologis ini sanggup ditandai pula dengan munculnya tanda-tanda kram dan nyeri perut, serta infertilitas.

:

Cara mengatasi hypomenorrhea

Perawatan untuk hypomenorrhea tergantung pada penyebabnya, lantaran umumnya bervariasi untuk setiap orang.

Selain itu, menciptakan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat juga sanggup membantu.

Menyantap masakan sehat dan berolahraga secara teratur juga sanggup membantu mengendalikan ketidakseimbangan hormon secara alami.

Dengan demikian sanggup mengurangi tanda-tanda hypomenorrhea.

Namun jikalau Anda mengalami duduk kasus serupa yang berkelanjutan, untuk diagnosis yang lebih akurat dan penanganan yang sempurna ada baiknya segera periksakan diri ke dokter.

Demikian, agar bermanfaat!
Related Posts