Beragam Olahan Limbah Organik, Sangat Bermanfaat


limbah organik via satujam.com

Bisa jadi duit, berikut bermacam-macam barang jadi yang sanggup dijual dan bahanya cuma dari limbah.

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa didalam Pengertian Limbah Adalah buangan yg dihasilkan oleh suatu proses produksi baik Produksi Industri maupun Produksi Rumah Tangga (Domestik), dan Macam – Macam Limbah sendiri ada beberapa macam yakni Limbah Sampah, Limbah Black Water (Air Kakus) dan Limbah Air Buangan (Grey Water).

Adapun Jenis – Jenis Limbah jikalau ditinjau berdasarkan Bahan Kimia Senyawanya maka dibagi menjadi 2 Macam Limbah yakni Limbah Senyawa Organik dan Limbah Senyawa Anorganik. Yuk kita bahas limbah organik yang mempunyai banyak manfaat.

Apa saja limbah organik dan anorganik ?

limbah organik vs anorganik via materi4belajar.logspot.com

Berikut ini pengertian apa saja limbah organik dan anorganik itu.

1. Pengertian Limbah Organik dan Contohnya
Pengertian Limbah Organik yakni limbah yg masih sanggup diuraikan kembali oleh suatu Bakteri, dan jikalau dilihat secara umum Pengertian Limbah Organik itu sendiri berasal dari banyak sekali macam sisa acara Manusia, Hewan, ataupun Tumbuhan. Limbah Organik atau sampah organik sendiri sanggup didaur ulang menjadi banyak sekali macam hal, ibarat contohnya kotoran binatang atau insan yang sanggup dijadikan sebagai sumber gas.

2. Pengertian Limbah Anorganik dan Contohnya
Pengertian Limbah Anorganik yakni sisa limbah atau sampah yang sudah tidak sanggup diuraikan kembali oleh Bakteri (dekomposer). Beberapa Contoh Limbah Anorganik itu sendiri diantaranya yakni Sisa Sabun Cuci, Sampah Kantong Plastik, Sisa Kain yang sudah tidak digunakan, Limbah Hasil Pabrik, Limbah Minyak, kemudian Sampah Botol Plastik banyak sekali macam minuman, dan juga sampah yang berasal dari Logam. Dari Macam – Macam Contoh Limbah Anorganik tersebut sanggup dioleh kembali dan untuk Pengolahan Limbah Anorganik ini sendiri sanggup dilakukan dengan cara daur ulang atau recycle.

Itulah pengertian apa saja limbah organik dan anorganik itu. Selajutnya apa saja rujukan limbah organik itu ? Simak yuk!

Apa saja rujukan limbah organik ?

Berikut adalan apa saja rujukan limbah organik :

1. Daun daun kering
2. Kulit buah
3. Makanan sisa yang basi
4. Buah busuk
5. Tissue bekas pakai
6. Kapas bekas pakai
7. Kertas bekas
8. Serbuk kayu sisa olahan mebel
9. Bangkai hewan
10. Kotoran binatang dan manusia
11. Minyak goreng bekas pakai
12. Air bekas cucian beras
13. Ampas kopi
14. Ampas teh
15. Jerami sisa panen padi
16. Kulit kerang
17. Kulit kacang tanah
18. Makanan kadaluarsa
19. Potongan rambut manusia
20. Ampas tahu dari pabrik tahu

Itulah apa saja rujukan limbah organik yang mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan. Namun, tahukah anda bagaimana karakteristik limbah organik itu ?

Bagaimana karakteristik limbah organik ?

karakteristik limbah organik via pelajaran.co.id

Limbah organik gampang membusuk, ibarat sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya. Limbah organik terdiri atas bahan-bahan yang besifat organik ibarat dari kegiatan rumah tangga maupun kegiatan industri.

Limbah ini juga sanggup dengan gampang diuraikan melalui proses yang alami. Limbah ini mempunyai sifat kimia yang stabil sehingga zat tersebut akan mengendap kedalam tanah, dasar sungai, danau, serta bahari dan selanjutnya akan mensugesti organisme yang hidup didalamnya. Limbah organik relatif lebih kondusif dibandingkan limbah anorganik dan limbah berbahaya. Bahkan sebagian dari limbah organik tersebut ada yang sanggup dimanfaatkan secara langsung

Karakteristik Limbah Organik
  • Karakter Fisik
  • Bentuk zat
  • Suhu
  • Bau
  • Warna
  • Kekeruhan

Karakteristik Kimia
  • Bahan Organik
  • BOD ( Biologycal Oxygen Demand )
  • DO ( Dessolved Oxygen )
  • COD ( Chemical Oxygen Demand )
  • pH
  • Logam Berat

Karakteristik Biologi
Karakteristik biologi dipakai untuk mengukur kualitas air terutama air yang dikonsumsi sebagai air minum dan air bersih.

Itulah karakteristik limbah organik yang ada di sekitar kita. Apasih fungsi limbah organik itu ? Simak berikut ini!

Fungsi limbah organik

Berikut ini yakni fungsi limbah organik bagi kehidupan manusia.

Diolah Menjadi Kompos dan Pupuk Sederhana
Sebenarnya sudah usang diketahui bahwa sampah organik ibarat sisa sayuran dan dedaunan sanggup dijadikan kompos. Namun belum banyak orang yang mengolahnya menjadi kompos dan dimanfaatkan untuk pertanian.

Tambahan Pakan Ternak
Sampah organik yang berupa dedaunan biasanya dapt dimanfaatkan sebagai pakan ternak ibarat kambing, sapi, kerbau dan binatang herbivora lainnya. Namun gres baru ini, sampah organik tidak hanya sanggup menjadi materi pakan untuk binatang herbivora saja. Penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa UNDIP berhasil menciptakan pelet untuk pakan ikan dan ayam.

Dijadikan Kerajinan Tangan
Sampah organik kering bahwasanya sanggup diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual dan bervariasi. Banyak beberapa orang memanfaatkankannya menjadi materi kerajinan. Seperti enceng gondong yang sudah kering dan biasanya hanya dibakar, ada masyarakat yang mengolahnya kembali dan menciptakan tas dari materi ini.

Menjadi Biogas dan Listrik
Limbah sampah organik yang bermacam-macam pastinya akan memerlukan cara pengolahan yang bermacam-macam pula. Produk lain yang sanggup dihasilkan dari sampah organik yakni biogas dan lisrik.

Itulah fungsi limbah organik yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun, apakah semua limbah organik sanggup dimanfaatkan ? Berikut ulasannya.

Apakah semua limbah organik sanggup dimanfaatkan ?

Jawabanya yakni Tidak! Karena ada sebagian limbah organik yang mengandung racun atau kotoran yang justru berbahaya. Makara tidak semua limbah organik sanggup didaur ulang dan difungsikan. Makara apa saja limbah organik yang sanggup difungsikan ? Apa saja limbah organik yang sanggup diolah menjadi barang kerajinan ? Berikut ulasanya.

Apa saja limbah organik yang sanggup diolah menjadi barang kerajinan ?

Berikut ini merupakan apa saja limbah organik yang sanggup diolah menjadi barang kerajinan unik. Simak ya!

Lampu Hias dari  Limbah Tempurung Kelapa


lampu hias dari  limbah tempurung kelapa via asbakzm.wordpress.com

Ini ada satu lagi lampu hias dari limbah organik kering, jikalau tadi terbuat dari botol plastik, kali ini lampu hiasnya terbuat dari tempurung kelapa. Cara membuatnya tinggal siapkan tempurung kelapa yang sudah kering, jikalau belum maka kau harus mencemurnya terlebih dahulu, kemudian bersihkan dari serabut yang menmpel sampai halus.

Setelah halus potong tempurung kelapa sesuai dengan apa yang kau inginkan, pastikan kau sudah tentukan bentuk apa yang ingin kau buat. Jika sudah, tinggal tempelkan bab satu persatu sesuai dengan keinginanmu, pastikan menempelkan dengan rapi supaya terlihat bagus.

Walau bahannya dari materi bekas tapi jikalau kita membuatnya serapi mungkin maka jadinya nanti akan terlihat berkelas.

Kerajinan Limbah dari Kulit Kerang

kerajinan limbah dari kulit kerang via bisnisukm.com

Sering kali dikala kita melintas di tempat pesisir banyak sekali yang menjual kerajinan dari kulit kerang. Beraneka ragam kerajinan dari kulit kerang mulai dari lampu hias, fas bunga, wadah tisu, asbak dan masih banyak lagi yang sanggup kita jumpai kerajinan dari kulit kerang ini.

Harganya pun berfariasi antara puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung dari kerumitan untuk membuatnya, semakin rumit, semakin banyak materi yang dibutuhkan maka harganya akan semakin tinggi.

Kerajinan Limbah dari Kulit Jagung

kerajinan limbah dari kulit jagung via becreativeina.blogspot.com

Salah satu rujukan dari limbah organik lembap yakni kerajinan bunga yang terbuat dari kulit jagung, niscaya kau tidak menyangka jikalau gambar diatas terbuat dari kulit jagung. Sangat indah untuk hiasan kamar atau ruang tamu dengan modal yang relatif lebih murah.

Cara menciptakan bunga nya yaitu dengan memotong kulit jagung sesuai bentuk bungan yang kita inginkan, kemudian rekatkan dengan lem, pastikan bentuknya rapi, cara supaya rapi yaitu menempelkannya dengan hati-hati.

Kerajinan Limbah dari Kulit Bawang

kerajinan limbah dari kulit bawang via kerajinanindonesia.id

Terlihat bagus bukan? itu yakni kerajinan yang terbuat dari kulit bawang, kau sanggup menggunakannya untuk hiasan atau juga sanggup untuk program pernikahanmu, niscaya akan terlihat unik, dan pastikan sebelum mengolah kulit bawang untuk menjemurnya terlebih dulu supaya busuk dari bawangnya hilang. Limbah organik untuk kerajinan memiliki nilai tinggi loh, alasannya yakni proses pembuatan yang rumit.

Tas dari Limbah Pelepah Pisang

tas dari limbah pelepah pisang via pernakpernikdbebong.wordpress.com

Tas yang bagus ini ternyata terbuat dari limbah pelepah pisang, tak disangka bukan limbah sanggup menjadi produk secantik gambar diatas. Tentu limbah organik untuk kerajinan yang sudah diolah menjadi tas atau yang lainnya mempunyai nilai harga yang tinggi.

Setelah mengetahui apa saja limbah organik yang sanggup diolah menjadi barang kerajinan unik. Lantas, bagaimana proses pengolahan limbah organik tersebut ?

Bagaimana proses pengolahan limbah organik ?

Proses pengolahan masing-masing materi limbah organik secara umum sama. Pengolahan sanggup dilakukan secara manual maupun memakai mesin. Prosesnya yaitu:

a. Pemilahan materi limbah organik
Sebelum didaur ulang materi limbah organik harus diseleksi terlebih dahulu untuk memilih materi mana yang masih sanggup dipergunakan dan mana yang sudah seharusnya dibuang. Pemilahan materi sanggup dilakukan secara manual dan diadaptasi dengan tujuan penggunaan materi yang telah dirancang.

b. Pembersihan limbah organik
Limbah organik yang sudah terseleksi harus dibersihkan dahulu dari sisa sisa materi yang telah dimanfaatkan sebelumnya. Misalnya saja kulit jagung, maka kulit jagung harus dipisahkan dari tongkol dan rambutnya. Lalu apakah tongkol dan rambutnya juga akan didaur ulang atau tidak itu tergantung dari perancangan produk.

c. Pengeringan
Bahan limbah organik yang sifatnya lembap harus diolah dengan cara dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, supaya kadar air sanggup hilang dan materi limbah sanggup diolah dengan sempurna.

d. Pewarnaan
Pewarnaan pada materi limbah organik yang sudah kering merupakan selera. Jika dalam desain diharapkan materi limbah yang diberi warna maka materi limbah perlu diwarnai terlebih dahulu sebelum diproses sebagai produk kerajinan. Proses pewarnaan yang umum dilakukan pada materi limbah organik lembap yakni dengan cara dicelup atau direbus bersama zat warna tekstil supaya menyerap. Sedangkan materi limbah organik kering sanggup diwarnai dengan cara divernis/dipolitur, sanggup pula dicat memakai cat akrilik atau cat minyak.

e. Pengeringan sehabis pewarnaan
Setelah diberi warna, materi limbah organik harus dikeringkan kembali dengan sinar matahari eksklusif supaya warna pada materi baku sanggup kering tepat tidak gampang luntur.

f. Finishing sebagai proses final supaya siap pakai
Bahan limbah organik yang sudah kering sanggup difinishing supaya gampang diproses menjadi karya. Proses finishing juga banyak sekali macam caranya, ibarat diseterika untuk limbah kulit supaya tidak kusut, sanggup pula digerinda, atau diamplas.

Demikian tadi klarifikasi kita mengenai limbah organik, semoga kita sanggup memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita, selain untuk merawat lingkungan kita juga mendapat untung dari limbah yang telah kita kelola, mulai kini mari kita berfikir maju dan menumbuhkan pemikiran-pemikiran yang kreatif.
Related Posts