Cara Memakai Kamera Canon Dslr Untuk Pemula Lengkap Hingga Mahir


cara menggunakan kamera canon via jurnalharga.id

Belajar fotografi akan sangat menyenangkan bagi orang yang mempunyai jiwa seni. Namun seiring berkembangnya teknologi diciptakanlah aneka macam alat pengambil gambar yang sangat functional.

Seperti Canon DSLR misalnya, tak cuma jeprat-jepret menyerupai kamera hp, kalau ingin memaksimalkan gambar yang diambil maka DSLR ini menyediakan aneka macam kemudahan yang bisa membuat gambar/foto yang diambil automatis keren tanpa diedit lagi.

Kehadiran kamera DSLR tentu saja membantu para pecinta fotografi untuk mengambil gambar dengan hasil yang lebih detil. kreatif, dan lebih tajam. Jenis kamera DSLR hadir dengan memperlihatkan banyak fitur dan penemuan terbaru. Bagi fotografer pemula, terkadang memerlukan sedikit penyesuaian lantaran awalnya terbiasa menggunakan smartphone atau kamera saku untuk menyalurkan hobi mereka.

Untuk itu, penting sekali gosip cara menggunakan kamera profesional ini supaya hasil fotonya lebih sempurna. Setiap merek kamera DSLR mempunyai cara penggunaan tersendiri. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan kamera DSLR Canon untuk pemula.

Yuk mengetahui cara cara menggunakan kamera canon selengkapnya di artikel ini!

Cara menggunakan kamera canon dan fungsi tombolnya

Disini kita akan bahas aneka macam fungsi dasar dari aneka macam tombol pada Camera DSLR Canon 600D. Langsung saja.


kamera depan via kliknklik.com

1. Built-in Flashlight
Fungsi dari flashlight atau lampu flash tentu saja sebagai penerangan utama.

Lampu flash akan keluar dengan sendirinya kalau menggunakan mode otomatis. Sedangkan untuk mode-mode manual lain, pengguna bisa mengatur secara manual penggunaan Flashlight ini.

2. Red-eye reduction
Jika kau pernah melihat foto orang dengan kornea mata berwarna merah, hal itu disebabkan lantaran refleksi pembuluh darah jawaban iluminasi flash.

Masalah tersebut bisa dihilangkan dengan adanya fitur Red-eye reduction pada camera. Fitur ini akan bekerja secara otomatis 1-2 detik sebelum gambar diambil.

3. Thumb Wheel
Dengan Thumb Wheel kau bisa menentukan aneka macam modus pemotretan Tombol yang berfungsi untuk mengatur modus pemotretan.

Dengan aneka macam fitur advance yang bisa kau atur sendiri sesuai selera. Pada artikel berikutnya, kita akan bahas mengenai fitur-fitur fotografi pada Thumb Wheel ya.

4. Display
Saat kau menggunakan mode manual setting, layar akan menampilkan gosip setting mengenai mode tersebut.

Tapi kalau kau tidak ingin menampilkan gosip tersebut, kau bisa menekan tombol Display untuk mematikan layar.

5. Main Dial
Fungsi utama dari Main Dial yakni untuk mengatur tinggi rendahnya aperture dan shutter speed. Namun bisa juga digunakan untuk pengaturan lain, menyerupai mengatur AF point.

6. Shutter
Inilah tombol dari segala tombol pada sebuah camera. Saat anda akan mengabil gambar maka anda harus memencet tombol shutter.

7. Grip
Grip merupakan pegangan kamera yang menonjol pada kepingan kanan kamera.

Bagian tersebut memang didesain menonjol supaya sang pengguna sanggup dengan nyaman memegang kamera dikala akan melaksanakan kegiatan fotografi.

8. Tombol Lensa
Tombol ini berfungsi untuk melepas lensa sekaligus mengunci lensa sesudah terpasang pada body kamera.

9. Lensa Camera
Tanpa lensa, gambar tidak akan tertangkap oleh camera. Untuk type DSLR, lensa mempunyai fitur yang komplit dan bisa diganti sesuai kebutuhan pengguna.

10. Manual and Automatic Focus Setting
Salah satu Kelebihan pada camera DSLR yakni bisa disettingnya manual atau automatis fokus setting pada lensa. Dengan fitur ini, pengguna diberi kebebasan untuk menentukan mode focus pada object. Sayangnya tidak semua jenis lensa mempunyai fitur ini.

11. Tombol Flash
Untuk manual mode pada camera, flashlight juga harus diaktifkan secara manual. Kamu bisa menekan tombol flash untuk membuka dan menggunakan flashlight secara manual.


kamera belakang via kliknklik.com

12. Viewfinder
Melalui viewfinderlah fotografer membidik object mereka. Untuk menentukan fokus. Pada DSLR Camera viewfinder terhubung pribadi dengan lensa utama.

13. Monitor LCD
Berfungsi untuk menampil semua gosip camera, setting, fitur, hingga hasil selesai foto bisa dilihat dan diatur pribadi melalui LCD.

14. Tombol Navigasi
Tombol yang berfungsi untuk menggerakkan atau mengendalikan kamera dikala melihat gambar yang telah anda ambil sebelumnya.

Tombol navigasi hadir dalam 3 bentuk berbeda yaitu scroll, analog dan tombol 4 arah biasa.

15. Tombol AV
Tombol AV atau abreviasi dari Aperture Value merupakan tombol yang berfungsi untuk mengatur aperture. Aperture yakni bukaan diafragma yang ada pada lensa kamera.

Umumnya nilai aperture ini ditandai dengan “f/angka”.

Kita ambil pola contohnya f/22, f/11 dan seterusnya. Lalu apa pengertian aksara f dan angkanya ? Nah kini yang jadi pertanyaan lanjutan yakni apa arti aksara f/ beserta angka dibelakangnya itu?

Angka sesudah aksara f/ merupakan nilai dari bukaan lensa atau diafragma pada lensa.

Semakin besar angka dibelakang f/ hal tersebut akan besar lengan berkuasa terhadap bukaan lensa yang akan semakin kecil dan begitupula sebaliknya.

16. Tombol Fn/Q
Tombol ini berfungsi untuk mengatur white balance atau metering. White balance mempunyai fungsi supaya objek yang berwarna putih benar-benar menjadi tampak putih.

Dalam dunia fotografi hal tersebut dilakukan dengan melaksanakan kompensasi efek warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar.

Perlu anda ketahui bahwa cahaya yang berbeda mempunyai warna dan karakteristik yang berbeda pula.

Kita ambil pola pada cahaya lampu pijar yang mempunyai warna yang kekuningan, dan cahaya matahari pada hari berawan mempunyai sedikit warna kebiruan.

Mata kita juga bisa melaksanakan kompensasi  secara otomatis menurut konsep ” objek yang berwarna putih harus terlihat putih.

Tapi lain halnya dengan kamera, dimana tergantung pada pencahayaan ambien.

Dampaknya  warna putih bisa terlihat kekuningan atau kebiruan pada foto dibandingkan dengan gambar faktual yang dilihat oleh mata telanjang.

17. Tombol Zoom in Zoom Out
Jika pada kamera digital biasa tombol ini berfungsi untuk memperbesar atau memperdekat objek yang kan kita ambil gambarnya, namun pada kamera SLR dan DSLR kedua tombol ini mempunyai fungsi yang berbeda.

Kedua tombol ini memang tetap berfungsi untuk memperbesar, namun hanya memperbesar gambar yang telah kita selesai ambil dan  muncul pada LCD.

18. Tombol Life View
Tombol ini berfungsi untuk membidik gambar melalui Layar LCD, jadi anda sanggup melaksanakan pembidikan gambar dalam dua cara yaitu melalui finder atau melalui layar LCD.

19. Tombol Menu dan Info
Pada tombol sajian dan info, tergantung dari brand kamera yang anda miliki. namun umumnya tombol in berfungsi untuk pengaturan dan gosip gambar yang telah anda ambil.

20. Tombol Preview
Tombol yang berfungsi untuk melihat hasil jepretan anda, atau bisa juga dikatan tombol yang berfungsi ketika anda ingin masuk ke galeri penyimpanan foto dan video yang telah anda abadikan.

21. Tombol Hapus
Tombol ini berfungsi untuk menghapus gambar yang sudah anda ambil, apabila terdapat kesalahan dalam pengambilan gambar.

Nah itulah cara menggunakan kamera canon dan fungsi tombolnya yang wajib diketahui para pemilik kamera canon. Selanjutnya para pemula, bagaimana cara menggunakan kamera canon dslr untuk pemula ? Berikut ini ulasannya.

Cara menggunakan kamera canon untuk pemula

Kebanyakan pemula galau melaksanakan pengaturan DSLR lantaran belum terbiasa atau tidak mengetahui. Berikut yakni cara mengatur kamera DSLR untuk pemula yang gampang untuk diikuti.

1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR
Kamera DSLR ini memperlihatkan lebih banyak fitur dan tombol daripada kamera saku. Kamu harus mempelajari semua ikon tombol dalam kamera DSLR supaya kau bisa menggunakan kamera tersebut secara maksimal. Fungsi-fungsi dari tombol pada kamera canon dslr sudah kami jelaskan di atas ya.

2. Mode shutter dan aperture
Cara menggunakan kamera DSLR yang perlu diketahui fotografer pemula bisa dimulai dari pemahaman perihal mode shutter dan aperture. Karena kedua mode ini sangat penting pada kamera digital.

3. Kenali penggunaan White Balance
Persoalan yang kerap dijumpai para pengguna kamera digital newbie yaitu memotret dengan detail warna gambar kurang tepat. Karena itulah kau harus mengenal white balance terlebih dulu supaya kamera sanggup memotret objek dengan warna yang menyesuaikan kondisi.

4. Kenali penggunaan Histogram
Lewat penggunana histogram, kau bisa mengetahui bagaimana hasil gambar objek menjadi lebih detail.

5. Memahami fitur Automatic Exposure Bracketing
Fitur yang satu ini memang jarang dipakai, namun beberapa kamera yang mempunyai fitur ini sanggup membantu fotografer pemula supaya sanggup memotret objek dengan tepat walaupun dalam kondisi pencahayaan yang terang.

6. Melepas shutter
Tak jarang menekan sebagian shutter justru sanggup membuat fokus pada lensa. Untuk itu, kau harus bisa memperkirakan kapan shutter sanggup dilepas.

7. Mengunci fokus
Mengunci fokus merupakan salah satu teknik yang wajib dipelajari oleh fotografer pemula. Kamu harus bisa mendapat focal length yang tepat sehingga gambar pun menjadi lebih fokus, entah itu untuk background maupun subjek.

8. Menampilkan subjek dengan jelas
Sebuah gambar harus bisa membuat subjek yang jelas. Dengan begitu, ketika memotret, kau harus memperhatikan aperture, pencahayaan maupun komponen yang lainnya.

9. Memakai flash kamera
Untuk para pengguuna yang masih awam, menggunakan flash kamera terkesan sepele. Justru menggunakan flash kamera ini sanggup mengatakan kesan yang mendalam untuk sebuah foto.

10. Ketahui Depth of Field pada foto
Kamu sanggup membuat depth of field lewat pengaturan kedalaman background. Selain itu, kau bisa membuat background terlihat blur supaya subjek semakin terlihat menonjol.Kamu sanggup membuat depth of field lewat pengaturan kedalaman background. Selain itu, kau bisa membuat background terlihat blur supaya subjek semakin terlihat menonjol.

Nah itulah bagaimana cara menggunakan kamera canon dslr bagi pemula. Cara menggunakan kamera canon untuk pemula ini cantik banget buat kau yang lagi berguru fotografi.

Selanjutnya kita tidak bisa asal-asalan dalam mengatur focus dan blur. Berikut ini cara menggunakan kamera canon biar fokus yang sanggup kau lakukan

Cara menggunakan kamera canon biar fokus 

Berikut ini kiat cara menggunakan kamera canon biar fokus agar tidak asal-asalan.

FOKUS MANUAL
Fokus manual merupakan pilihan utama yang terbaik untuk fotografi makro/jarak dekat. Kebanyakan kamera bekerja dengan membidik pada jarak yang sangat bersahabat dengan subjek, sehingga lensa yang digunakan berhenti untuk berfokus (bergerak didalam dan luar fokus) setiap kali tombol shutter ditekan.

SINGLE SHOT AUTO-FOKUS (SINGLE AF)
Single Auto-Focus atau lebih sering di singkat menjadi Single AF, pilihan fokus ini mengatur kamera anda pada fokus ketika shutter diatur pada kecepatan setengah (half-way) dan untuk menjaga supaya lensa tetap fokus pada subjek yang dituju hingga gambar diambil dan tombol dilepas.

CONTINUOUS AUTO-FOCUS
Ketika pilihan fokus pada kamera ini telah dipilih, kamera akan melanjutkan untuk memfokuskan lensa, selama tombol shutter ditekan pada kecepatan setengah atau tombol auto-focus telah ditekan. Pilihan ini sangat tepat dikala memotret subjek yang bergerak.

PILIHAN TITIK FOKUS OTOMATIS
Ketika anda menentukan fokus secara otomatis, anda harus mengaktifkan titik Auto-focus pada subjek dalam view-finder untuk hasil yang lebih tajam. Secara meluas, terdapat dua cara untuk menentukan titik auto-focus, menggunakan teknik fokus kamera ini. Yang paling gampang yaitu membiarkan kamera untuk memutuskan pilihan anda, dalam menggunakan pilihan titik otomatis auto-focus.

PILIHAN TITIK AUTO-FOKUS MANUAL
Mengatur sendiri titik auto-focus memberi anda level maksimum, terhadap kontrol dimana kamera anda berfokus. Ini pilihan terbaik untuk foto lanskap, still life dan portrait photography, ketika anda mempunyai waktu untuk mengoperasikan kontrol kamera yang dibutuhkan.

AUTO-FOKUS FACE DETECTION
Pilihan fokus kamera yang terkenal satu ini yakni salah satu kepingan dari pilihan titik auto-focus yang banyak terdapat pada kamera compact system dan beberapa kamera DSLR dalam modus Live View (ketika gambar tersusun pada layar). Modus ini bekerja dengan menampilkan bentuk wajah pada layar kamera dan mengatakan fokus untuk wajah.

FOKUS STACKING (FOKUS YANG TERSUSUN)
Fokus Stacking yakni sebuah teknik digital yang terdapat dalam beberapa foto yang dipotret dengan jarak fokus berbeda yang dikombinasikan dalam sebuah gambar yang tajam mulai dari latar depan hingga latar belakang foto.

FOKUS DAN MENYUSUN ULANG TEKNIK
Meskipun kebanyakan kamera digital memperlihatkan sekumpulan titik auto-fokus, sehingga anda sanggup menentukan salah satunya yang sesuai dengan subjek anda, tapi tidak selamanya hal tersebut yakni satu-satunya yang anda butuhkan.

Itulah cara menggunakan kamera canon biar fokus dan tidak asal-asalan. Cara menggunakan kamera canon biar fokus berbeda dengan cara menggunakan kamera canon blur. Berikut ini cara menggunakan kamera canon blur.

Cara menggunakan kamera canon blur

background blur via tekinoshare.my.id

Berikut ini cara menggunakan kamera canon blur di background.

1. Pakailah lensa fix 50mm atau lebih diatasnya.
2. Usahakan menentukan latar belakang yang kurang mempunyai corak atau polos.
3. Jika memotret diluar ruangan carilah kawasan yang banyak dedaunan atau pepohonan atau alang-alang untuk backgrounf.
4. Jika anda mempunyai lensa berukuran 18-55m, maka anda harus setting kamera cannon set zoomlensa anda ke ukuran 55mm. Jika lenda anda telephoto zoom, berukuran 55-250mm, bisa lebih baik lagi. Set zoon lensa ke ukuran 85mm hingga 135 mm.
5. Pastikan posisi objek seauh mungkin dari background.
6. Set aperture lensa anda sebanyak mungkin.

Itulah kiat cara menggunakan kamera canon blur bagian belakang. Selanjutnya bagaimana cara menggunakan kamera canon malam hari ? Berikut ini caranya.

Cara menggunakan kamera canon malam hari

cara menggunakan kamera canon malam hari via alidesta.wordpress.com

Kami akan kasih tau kau nih, seputar tips memotret menggunakan DSLR pada malam hari khusus buat kau para pemula, dijamin hasil fotomu setara fotografer profesional, yuk simak ulasan lengkapnya!

1. Aperture wajib di-setting ke angka yang paling tajam.
Kabarnya, untuk menghindari noise atau blur maka setidaknya kau harus mengatur diafragma pada dua jarak stop dari bukaan aperture terlebar.

2. Sesuaikan setting White Balance di kameramu.
Jika objek bidikanmu pada malam hari yakni kondisi perkotaan dengan banyak lampu, maka hal yang wajib kau atur supaya bidikan pada malam hari sangat indah yakni setting-an White Balance.

3. Jangan menaikkan level ISO kameramu!
Saat memotret malam hari, usahakan untuk tidak menaikkan level ISO kameramu. Tempatkan setting ISO di titik terendah yang dimiliki kamera DSLR-mu. Menaikkan level ISO berarti menaikkan noise dan mengurangi ketajaman dari objek yang akan kau bidik.

4. Gunakan focal length pendek.
Saat memotret pada malam hari, usahakan pakai lensa zoom dengan focal length yang pendek. Soalnya, focal length yang panjang berpotensi memunculkan blur lantaran getaran yang dihasilkan dikala akan membidik objek.

5. Kurangi imbas flare, pakai saja lensa wide angle!
Makara dikala kau memotret pada malam hari, biasanya akan muncul imbas flare. Terlebih kalau objek yang kau potret fokusnya bersahabat dengan sumber cahaya tertentu. Nah, untuk mengurangi imbas ini maka gunakan saja lensa wide angle.

6. Jangan lupa, perhatikan pula komposisi objek yang akan difoto!
Saat memotret pada malam hari, kau diwajibkan untuk memperhatikan komposisi dari objek yang akan dibidik. Perhatikan secara detail area mana saja yang mempunyai cahaya berlebih atau cahaya kurang.

7. Terakhir, gunakan format RAW.
Untuk mendapat foto terbaik dikala malam hari, gunakan format RAW dikala memotret. Tonal warna pada format RAW jauh lebih banyak dari JPEG, jadi gambar yang dihasilkan pun akan lebih kaya warna meski minim cahaya.

Itulah cara menggunakan kamera canon malam hari agar bidikan gambar bagus. Selanjutnya kmai juga mempunyai cara mengambil gambar yang cantik menggunakan kamera canon yang sanggup anda lakukan berikut ini.

Cara mengambil gambar yang cantik menggunakan kamera canon

mengambil gambar via metroasahan.com

Berikut tips-tipsnya:

1. MEMILIH TITIK AUTO-FOKUS
kontrol dan pilihlah secara manual titik auto-focus.

2. MENGATUR KUALITAS GAMBAR DALAM FORMAT RAW
Format Raw ukurannya lebih besar, jadi anda tidak sanggup mengubahnya secara berlebihan dikala ingin memasukkannya dalam kartu memori. Foto dalam format Raw juga membutuhkan waktu yang cukup usang untuk disimpan, jadi anda tidak sanggup memotret banyak gambar dalam waktu yang cepat.

3. KECERAHAN LAYAR
Anda sanggup menyesuaikan kecerahan layar di kamera anda pada sajian Set-Up. Tapi, anda harus ingat bahwa semakin terang layar tampilan, semakin cepat juga baterai akan habis.

4. GAMBAR YANG LEBIH TAJAM 
Jika tampilan gambar pada viewfinder kelihatan buram, tapi cahaya pada Konfirmasi Auto-Fokus menyala, cobalah untuk menyesuaikan diopter eyepiece di belakang rubber eyecup.

5. PAHAMILAH PENGATURAN SHUTTER SPEED, APERTURE DAN ISO
Ketiga hal ini merupakan elemen pencahayaan dalam fotografi. Shutter speed, Aperture dan ISO sangat penting untuk anda pahami kalau anda menginginkan hasil potret yang bagus.

6. MEMOTRETLAH DI LUAR RUANGAN
Terkadang, untuk memotret foto yang cantik dikala dipandang, anda harus keluar ruangan. Keluarlah dari rumah anda, pergilah ke lapangan, taman atau pantai. Dimana pencahayaan di kawasan tersebut lebih baik.

Itulah tips tips dan cara mengambil gambar yang cantik menggunakan kamera canon yang sanggup anda lakukan. Jangan lupa juga untuk memahami cara-cara sebelumnya yang telah kami jelaskan.

Selanjtnya untuk menghubungkan kamera ke hp ada cara yang lebih mudah. Yaitu dengan apk canon camera connect. Bagaimana cara menggunakan apk canon camera connect ? Berkut penjelasannya,

Cara menggunakan apk canon camera connect

canon camera connect via cla.canon.com

Berikut ini cara menggunakan apk canon camera connect supaya memudahkan pengguna canon.

1. Cek dan unduh aplikasinya
Aplikasi ini bisa Anda temukan pada Google Play Store serta App Store. aplikasi ini kompatibel dengan kamera Canon PowerShot, EOS M2, EOS 70D dan EOS 6D.

2. Aktifkan Wi-Fi
Setelah itu, aktifkan Wi-Fi pada kamera Anda. Setelah kamera berkembang menjadi Wi-Fi hotspot, integrasikan dengan ponsel Anda melalui aplikasi yang telah diunduh tadi.

3. Eksplor aplikasinya
Sebelum mulai mengatur, eksplor dulu aplikasinya supaya Anda tak mengalami kesulitan dikala mulai menggunakannya nanti.

4. Simpan foto di ponsel
Yang perlu diingat adalah, kalau Anda memotret menggunakan aplikasi ini, maka foto juga akan tersimpan di 2 device. Satu di memori kamera, satu lagi di ponsel. Ada sebuah tombol kalau Anda ingin menyimpan dan me-retouch foto tersebut secara instan melalui aplikasi lain yang ada di ponsel.

5. Atur dari ponsel
Setelah Anda sudah mulai menguasai interface aplikasi dengan baik, mulailah untuk mengatur semuanya dari ponsel. Pengaturan tersebut memang telah disediakan untuk mempermudah penggunanya dalam bekerja.

6. Sinkronisasikan dengan kamera
Karena aplikasi ini dibekali kemampuan untuk diintegrasikan dengan kamera, maka Anda juga bisa mengubah metadata sebelum menyimpan foto melalui ponsel supaya memudahkan Anda dalam bekerja.

Nah itulah cara menggunakan apk canon camera connect agar memudahkan penggunanya.

Demikianlah artikel perihal cara menggunakan kamera canon ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Related Posts