Godaan Setan Seketika Bayi Lahir, Menyerupai Ini Kejamnya


Kejamnya ganguan setan ketika bayi lahir (sumber via kabarmekkah.com)

Setan telah berjanji kepada Allah untuk menyesatkan manusia...

Bahkan upaya setan dalam menjalankan aksinya sudah dimulai semenjak bayi lahir.

Beginilah kejamnya gangguan setan terhadap bayi yang gres lahir...

Setan ialah musuh terbesar bagi manusia. Mereka akan melaksanakan banyak sekali cara untuk menjerumuskan insan supaya mengikuti jejaknya ke neraka. Ketika cara yang satu gagal, maka akan ada seribu cara lainnya yang akan dipakai setan untuk menyesatkan manusia.

Upaya setan dalam menjerumuskan insan bahkan dimulai ketika masih bayi. Lebih tepatnya ketika bayi gres saja lahir, setan pun akan pribadi tiba menghampiri dan menjalankan aksinya. Sehingga seketika itu juga sang bayi akan menangis.

Inilah sebabnya mengapa bayi yang gres saja lahir akan menangis. Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa riwayat hadits mengenai hal ini. Beliau juga menawarkan tuntunan untuk menghindari godaan setan ketika bayi lahir.

Lantas menyerupai apa kejamnya godaan setan ketika bayi lahir ? Lalu bagaimana mengatasinya ? Berikut ulasan selengkapnya.

Dalam sebuah hadits disebutkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia niscaya mendapat bacokan dari setan sehingga bayo itu menangis dan  menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya (Nabi Isa AS)." (HR. Bukhari dan Muslim)

Kemudian dalam hadits lainnya disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jeritan bayi ketika lahir ialah lantaran mendapat bacokan setan." (HR. Muslim)

Sehingga dari kedua hadits tersebut diketahui bahwa semua bayi yang lahir akan didatangi setan dan diganggu pada ketika dilahirkan. Dimana kedatangan setan pada ketika itu ialah untuk menancapkan bacokan ujung jarinya pada kedua mata anak Adam. Tanpa perduli orang tuanya muslim atau tidak.

Dalam hal ini tujuan setan ialah untuk menutup pandangan bayi dari perbuatan baik. Sehingga kelak di lalu hari anak Adam tersebut menjadi pengikut setianya. Sebab matanya tidak sanggup melihat dengan benar antara yang baik dan yang jahat.

:

Oleh alasannya itulah, Rasulullah SAW pun menawarkan tuntunan kepada umatnya supaya terhindar dari gangguan setan pada ketika dilahirkan. Apa sajakah itu ?

1. Dengan diazani pada indera pendengaran kanan dan diiqamatkan pada indera pendengaran kiri sang bayi

Langkah pertama untuk mengantisipasi godaan setan ketika bayi gres lahir ialah dengan mengazankannya di indera pendengaran kanan dan di-iqomatkan pada indera pendengaran kiri. Pasalnya setan akan lari terbirit-birit setiap kali mendengar bunyi azan.

Sebagaimana riwayat hadits bahwa, "Apabila panggilan shalat (Adzan ) dikumandangkan, maka setan akan lari sabil terkentut-kentut sampai ia tidak medengar adzan lagi. (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Dibacakan surah Al-Ikhlas pada kedua telinganya

Dalam kitab Al Adzkar Al Nawawiyyah, Imam Muhyiddin Abi Zakaria Yahya menjelaskan bahwa Rasulullah SAW membacakan surah Al-Ikhals pada indera pendengaran bayi yang gres dilahirkan

3. Mendoakan bayi yang gres lahir

Seperti yang dilansir oleh palingyunik.com, dalam klarifikasi sebelumnya disebutkan bahwa semua bayi yang dilahirkan akan disentuh oleh setan terkeculai Maryam dan putranya. Hal ini dikarenakan ketika Maryam lahir, ayahnya Imran memohon doa kepada Allah SWT yang diabadikan dalam surah Ali Imran ayat 36.

Doa tersebut ternyata dikabulkan oleh Allah SWT, dan bahkan keturunan Maryam yaitu Nabi Isa AS tidak berani disentuh oleh setan. Oleh alasannya itulah, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca doa ini supaya bayinya terhindar dari godaan setan.

Doa ini berbunyi, Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya saya melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak pria tidaklah menyerupai anak perempuan. Sesungguhnya saya telah menamai Dia Maryam dan saya mohon kontribusi untuknya serta belum dewasa keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk." (QS. Ali Imran: 36)

4. Doa keselamatan dan kontribusi untuk anak

Selain dengan membaca doa diatas, juga dianjurkan untuk membaca doa keselamatan dan kontribusi anak berikut ini. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa doa ini berbunyi, "Ya Allah, kumohon kontribusi kepada-Mu untuk anak ini dengan kalimat Allah yang tepat dari kejahatan dan kesusahan, dan dari pandangan mata yang menyakitkan."
(HR. Bukhari).

Wallahu A'lam.
Related Posts