Katanya Ancaman Mandi Malam Sangat Besar, Kemudian Bagaimana Kalau Junub Malam Hari?


bahaya mandi malam via satujam.com

Menurut medis katanya mandi malam hari itu berbahaya? Lalu bagaimana kalau suami istri melaksanakan relasi di malam hari? Apa sholat subuhnya ditinggalkan?

Nah, bukan melawan fakta para ilmuwan. Tapi begini Islam memperlihatkan petunjuk, yang bikin insan tetap sehat dan ibadah lancar.

Sering kali kita menerima teguran dari orang renta atau orang-orang terdekat ketika kita mandi di malam hari. Mereka bilang mandi malam-malam tidak baik bagi kesehatan. Benarkah mandi malam bahaya? Lantas, apa manfaat dan ancaman mandi di malam hari?

Selama ini kita tahu bahwa mandi ialah mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke tubuh atau merendam tubuh di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau kolam mandi.

Dalam Islam mandi menjadi salah satu kasus penting lantaran berkaitan dengan kebersihan. Cara mandi dalam Islam juga sudah diajarkan dan diperintahkan dalam sumber pokok pemikiran Islam. Salah satunya terdapat dalam firman Allah SWT dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 222 :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya:
“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat, dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.”

Di Indonesia, mandi pada umumnya dilakukan 2 kali sehari, yakni pada waktu pagi dan juga waktu sore.

Namun, ada juga beberapa orang yang menentukan untuk mandi pada waktu malam. Jika anda salah seorang yang biasa melaksanakan kebiasaan mandi di malam hari, maka sebaiknya anda segera menghentikan kebiasaan tersebut. Karena bahaya mandi malam berdasarkan Islam kuat pada kesehatan tubuh.

Menurut sumber syariat Islam, terdapat 3 waktu dimana seseorang tidak dianjurkan atau dihentikan mandi, yakni:

1. 30 Menit Setelah Shalat Asar
Hal ini mungkin paling sering dilakukan oleh banyak orang lantaran pada waktu-waktu inilah tubuh kita biasanya akan merasa gerah dan berkeringat jawaban aktifitas yang telah dilakukan seharian.

Jika anda salah satu orang yang membiasakan diri mandi di waktu tersebut, maka sebaiknya kebiasaan tersebut anda hentikan.

Alasannya ialah waktu tersebut merupakan waktu dimana darah di dalam diri kita ketika itu sedang panas, kalau kita mandi ketika itu, akan mengakibatkan tubuh menjadi lelah dan penat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan setelahnya.

2.  Setelah Maghrib
Barangkali anda sering mendengar petuah orang tua/nenek yang melarang kita untuk mandi setelah maghrib. Ada baiknya anda tidak menyepelekan larangan tersebut lantaran ternyata hal tersebut juga tidak dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Adapun alasan mengapa kita tidak boleh mandi setelah maghrib lantaran jantung kita setelah maghrib sudah mulai lemah untuk melaksanakan aktifitas.

Sehingga kalau anda nekat untuk mandi di waktu tersebut maka kemungkinan tubuh akan terkejut. Selain itu, mandi setelah maghrib juga bisa meningkatkan resiko paru-paru basah.

3. Setelah Isya’ sehingga pukul 12 malam
Alasannya dikarenakan setelah Shalat isya, ini saatnya jantung jantung udah mulai beristirahat. Mandi pada ketika itu akan mengakibatkan terjadinya kerusakan jantung.

Apa ancaman mandi malam untuk tulang? Mandi pada waktu setelah isya juga menjadi salah satu penyebab utama penyakit rematik. Jadi, mandi setelah jam 19.00 sampai tengah malam memang nggak disarankan.

Rasulullah menyarankan kalau mandi yang baik yaitu pada sepertiga malam atau sebelum fajar, setelah shalat subuh, dan menjelang maghrib.


ilustrasi ancaman mandi malam via grid.id

Larangan mandi di malam hari berdasarkan islam ini ternyata juga menerima donasi dari pihak kesehatan, lantaran hal tersebut memberi efek ancaman mandi malam bagi kesehatan serta sanggup memicu terjadinya aneka macam penyakit. Benarkah mandi malam bahaya? Berikut beberapa ancaman mandi malam berdasarkan dokter.

1. Mandi malam mengakibatkan rematik
Reumatik ialah penyakit autoimun, yaitu penyakit yang terjadi pada peradangan persendian, sehingga seseorang yang terkena penyakit ini akan mencicipi nyeri pada sendi yang terkena.

Penyebab reumatik sendiri belum terlalu jelas, berdasarkan para hebat kesehatan penyakit ini disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang yang telah bersia produktif.

2. Mandi malam mengakibatkan penuaan dini
Mandi malam bisa mempercepat penuaan dini. Beberapa orang menyampaikan bahwa tubuh tidak kuat mendapatkan rangsangan air hirau taacuh ketika kita mandi malam, hal ini berakibat metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

3. Mandi Malam Menyebabkan Paru Paru Basah
Mandi malam bisa mengakibatkan paru-paru basah. Mitos ini juga tidaklah benar. Paru-paru lembap disebabkan oleh nanah virus dan kuman yang berasal dari udara. Penderita biasanya mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, sampai badannya menggigil.

4. Asam Urat
Dapat menimbulkan serangan asam urat. Penyakit ini sesungguhnya terjadi lantaran banyaknya konsumsi zat purin dalam tubuh kita sehingga kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Dan hal tersebut sanggup menimbulkan ginjal tak bisa menampung ataupun membuang zat tersebut.

5. Mandi malam mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu
Ketika anda mandi malam, maka anda harus berhati-hati lantaran bisa mengganggu metabolisme tubuh, mengapa bisa demikian? hal ini dikarenakan ketika malam hari, suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke tubuh dan mengakibatkan gangguan hormon tubuh.

6. Mandi malam mengakibatkan masuk angin
Malam hari ialah waktunya tubuh beristirahat, mandi malam hari ternyata beberapa juga sanggup mengakibatkan tubuh masuk angin dan meriang. Terutama kalau suhu tubuh anda ketika mandi masih tinggi dan panas.

7. Mandi malam bisa menciptakan demam
Terkait pori pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya anda menghindarinya. Hal ini disebabkan kalau tubuh “panas” kita disiram air hirau taacuh pada malam hari maka pori pori yang sedang terbuka akan menciptakan tubuh panas dan hirau taacuh menyerupai demam.

8. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot
Tidak sedikit orang yang mandi malam hari mencicipi nyeri otot, hal ini disebabkan lantaran air hirau taacuh pada malam hari menyerupai merasuki tubuh melalui pori pori tubuh.

Kandungan Berbahaya Dalam Coca Cola, Bisa Akibatkan Kematian?

Demikian klarifikasi wacana ancaman mandi malam berdasarkan Islam dan dokter. Dengan adanya artikel ini sebaiknya kita lebih bijak dalam menyikapinya, dampak ancaman mandi malam hari mungkin saja sanggup menyerang diri kita sendiri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Related Posts