Khasiat Ampuh Petai Cina, Selain Yummy Jadi Lalapan Ternyata Dapat Jadi Obat 20 Penyakit


petai cina via bundakonicare.com

Apa namanya lalapan ini di kawasan Anda?

Umumnya di sebut petai Cina.., bisa dibentuk lalapan atau dicampur dikala masak sayuran, dan rasanya yummy dan gurih...

Selain itu ada 20 penyakit yang bisa di sembuhkan dengan petai ini

Adakah yang mengetahui petai cina? Di kawasan Jawa, petai cina sering disebut dengan lamtoro. Tanaman yang mempunyai nama latin Leucaena leucocephala L. ini sering dijadikan camilan yang dikenal dengan nama trancam. Paduan dari banyak sekali sayuran menyerupai mentimun, kemangi, lamtoro, daun kenikir dan parutan kelapa dengan sambal menciptakan kuliner ini sering dijadikan teman berbuka puasa.

Yuk kita membahas selengkapnya ihwal petai cina atau lamtoro ini.

Kenapa disebut petai cina ?

Saya kurang mengerti,tapi sesungguhnya nama nya ada 3 yaitu Lamtoro,petai cina,petai selong yg berasal dari suku Fabaceae(Leguminosae,polong-polongan)     Berasal dari amerika tropis,tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan di Jawa untuk kepentingan dan kehutanan,dan kemudian menyebar pula kepulau-pulau yg lain di Indonesia.Tanaman ini di Malaysia dinamai petai belalang

Petai cina obat apa ?Makan petai cina sanggup menyembukan beberapa penyakit. Berikut ulasannya.

Apa manfaat petai cina ?

manfaat petai cina via bukalapak.com


  • Sayuran – Petai cina baik daun maupun bijinya sering dipakai sebagai sayuran yang yummy untuk dimakan.
  • Pakan Ternak – Tanaman petai cina biasanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak terutama kambing. Bagian yang dimanfaatkan ialah ranting dan daunnya.
  • Furniture – Batang pohon dari petai cina sanggup dipakai sebagai kayu bakar atau bahkan dijadikan sebagai materi untuk menciptakan furniture rumah yang cantik.
  • Pengganti Kopi – Biji petai cina sanggup dikeringkan kemudian disangrai dan digiling. Bubuk ini merupakan pengganti dari debu kopi. Selain sebagai pengganti kopi, terkadang petai cina juga dijadikan gabungan kopi. 
  • Mencegah Osteoporosis – Penyakit ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan hilangnya kepadatan tulang. Petai cina mengandung kalsium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kepadatan tulang.
  • Menguatkan Gigi – Selain menguatkan tulang, kandungan kalsium dan fosfor dalam petai cina juga bisa menjaga atau bahkan menguatkan kepadatan gigi. 
  • Mengurangi Insomnia – Di kala modern sepersi kini ini insomnia menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok bagi seseorang. Salah satu hal yang sanggup dilakukan untuk meringankan insomnia ialah mengkonsumsi petai cina.
  • Meningkatkan Mood – Jika tubuh seseorang kekurangan vitamin C sanggup menimbulkan moodnya tidak stabil. Untuk meningkatkannya maka diharapkan asupan kuliner yang mengandung vitamin C menyerupai petai cina. 
  • Mencegah Hipertensi – Vitamin C di dalam petai cina sanggup membantu mengkontrol tekanan darah insan sehingga sanggup dipakai untuk mencegah hipertensi.
  • Mencegah Stroke – Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa bila di dalam tubuh seseorang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup maka akan menekan resiko stroke pada orang tersebut. Dengan demikian petai cina sanggup mencegah stroke lantaran terdapat vitamin C di dalamnya. 
  • Menjaga Kesehatan Mata – Siapa yang tidak suka bila matanya sehat? Vitamin A dan vitamin C yang dikandung oleh petai cina terbukti bisa menjaga kesehatan mata.
  • Menghindari Trombus – Petai cina mengandung flavonoid dimana zat ini membantu sel darah merah mengalir dengan lancar tanpa terjadi penggumpalan. Dengan kata lain sanggup dipakai untuk menghindari trombus. 
  • Mencegah Penuaan Dini – Vitamin C dan flavonoid di dalam petai cina bisa membantu dalam meregenerasi dan mengencangkan kulit. Sedangkan zat tanin berperan dalam menghaluskan kulit . Dengan demikian petai cina mencegah terjadinya penuaan dini.
  • Mencegah Diare – Diare menciptakan rasa tidak nyaman bagi penderitanya lantaran menciptakan mereka harus bolak-balik ke kamar mandi sambil menahan perut yang sakit. Kandungan flafonoid dan tanin di dalam petai cina sanggup mengeraskan dinding lambung sehingga mengurangi keluar masuknya cairan dalam usus menyerupai diare.
  • Melancarkan Haid – Haid yang lancar merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para wanita. Petai cina ini ternyata mempunyai kemampuan dalam membantu melancarkan haid. Selain itu vitamin A yang dikandungnya sanggup berperan dalam membersihkan darah.
  • Meningkatkan Kecerdasan – Fungsi tubuh menyerupai sistem saraf membutuhkan vitamin B1 dalam nenjalankan aktivitasnya. Sistem saraf yang baik diindikasikan dengan baiknya pula kecerdasan seseorang. Dengan kata lain vitamin B1 sanggup berperan unuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Salah satu kuliner yang mengandung vitamin ini ialah petai cina. 
  • Mencegah Diabetes – Diabetes atau tingginya kadar gula dalam darah sanggup diatasi dengan mengkonsumsi petai cina dimana kuliner satu ini mengandung saponin yang sanggup mencegah diabetes khususnya diabetes tipe 2.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh – Ternyata, flafonoid dan vitamin A maupun C si dalam petai cina juga bisa meningkatkan sistem imum atau kekebalan tubuh sehingga tumbuhan ini baik dikonsumsi oleh orang yang sering menderita alergi.
  • Antioksidan – Vitamin A dan C, flavonoid, saponin, dan tanin di dalam petai cina sanggup bertindak sebagai antioksidan. Zat ini sanggup berperan dalam menangkal radikal bebas.
  • Penawar Racun – Tanin juga sanggup dipakai sebagai penawar racun, salah satu kuliner yang mengandung tanin ialah petai cina. 
  • Anti Bakteri – Tanin juga berperan sebagai anti kuman sehingga penyakit yang disebabkan oleh kuman sanggup diringankan gejalananya dengan mengkonsumsi petai cina lantaran tumbuhan ini mengandung tanin.
  • Anti Virus – Zat yang dikandung oleh petai cina menyerupai vitamin C dan flavonoid sanggup mengusir virus yang hinggap di tubuh. Dengan kata lain, petai cina sanggup disebut sebagai anti virus. 
  • Anti Kanker – Penyakit menyerupai kanker dan tumor banyak diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh lantaran petai cina mengandung vitamin A dan C, flavonoid, saponin, serta tanin sehingga kuliner ini juga sanggup disebut sebagai anti kanker yang mana zat-zat tersebut sanggup melawan radikal bebas.
  • Anti Radang – Salah satu zat yang dikandung oleh petai cina ialah saponin yang bersifat sebagai anti inflamasi atau anti radang. Zat ini bisa meringankan penyakit yang diakibatkan oleh peradangan. 
  • Anti Nyeri – Penyakit yang mengalami peradangan biasanya menjadikan rasa nyeri. Karena saponin bertindak sebagai anti radang maka zat ini tentunya bertindak juga sebagai anti nyeri.


Woww banyak sekali ya manfaat petai sina ini. Apa manfaat petai cina untuk ginjal manusia ? Simak berikut ini.

: 10 Manfaat Coklat, Dari Anti Depresan Hingga Solusi Utama Cegah Penyakit Jantung

Manfaat petai cina untuk ginjal ?

Ternyata bukan petai cina yang mempunyai manfaat untuk ginjal. Namun petai itu sendiri bermanfaat untuk ginjal.
Berikut ini manfaat petai
  • Mengandung Antioksidan Tinggi
  • Memiliki Kandungan Vitamin C Tinggi
  • Meningkatkan Kinerja Ginjal
  • Mencegah Infeksi
  • Mencegah Kanker Ginjal
  • Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah
  • Mencegah Obesitas
  • Mencegah Radikal Bebas


Setelah mengetahui apa saja menfaat nya. Yuk kita membahas bagaimana cara pengolahannya. Berikut ini manfaat petai cina dan cara pengolahannya yang sanggup anda lakukan.

Manfaat petai cina dan cara pengolahannya

petai cina cara pengolahan via resepkulinerenak.com

1. Disentri 
Mungkin banyak orang yang kurang menyukai buah petai cina ini, namun siapa yang menduga ternyata petai cina ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Tidak hanya kulit manggis saja yang mempunyai fungsi sebagai obat tradisional penyakit disentri, nyatanya petai cina ini sanggup bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit disentri. Caranya : Rebus 15 gr biji lamtoro, 30 gr krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah hirau taacuh saring serta minum airnya satu hari dua gelas (pagi segelas serta sore hari segelas).

2. Cacingan, Bengkak (Oedem) serta Radang Ginjal 
Rebus atau seduh 3-5 gr serbuk biji tumbuhan lamtoro kering dengan 1 cangkir air panas, kemudian minum air rebusan atau seduhannya. Lakukan penyembuhan tiga kali satu hari dengan takaran yang sama.

3. Bisul, Abses Paru, Luka Terpukul, Insomnia 
Sederet penyakit diatas bisa kita atasi dengan manfaat lamtoro atau petai cina yang bisa kita dapatkan di lingkungan sekitar. Cara menciptakan ramuan herbal dari petai cina untuk pengobatan sebagian jenis penyakit diatas tidaklah susah, kita hanya cukup merebus 10 gr semua sisi tumbuhan lamtoro dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum sekaligus satu kali satu hari waktu hangat.

4. Meluruhkan Ha*id 
Rebus segenggam akar tumbuhan lamtoro dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan 2 x sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan dengan cara teratur, hingga pergantian serta reaksi kesembuhan bisa anda capai.

5. Diabetes 
Diabetes atau penyakit kencing manis yaitu salah satu jenis penyakit yang termasuk susah dalam proses penyembuhannya. Untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara alami kita bisa memakai biji lamtoro untuk memulihkan kemampuan pankreas untuk menghasilakan hormon insulin yang bertindak dalam menstabilkan kandungan gula dalam darah. Gunakan 5 gr debu biji flora lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali satu hari.

6. Cacingan 
Pakai biji lamtoro renta serta kering ditumbuk halus jadi bubuk. Ambil 5 gr debu itu kemudian seduh dengan 100 cc air panas kemudian diminum.

7. Tertusuk 
Bahkan apabila anda tertusuk kayu, bambu, dan sebagainya gunakan daun lamtoro yang muda seperlunya dihaluskan kemudian ditempelkan di cuilan yang sakit. Untuk menyembuhkan luka gres serta bengkak, pakai daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan di cuilan tubuh yang luka.

8. Herpes 
Untuk menyembuhkan penyakit herpes dengan memakai 30 gr daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan di cuilan yang sakit.

9. Menghaluskan kulit 
Petai cina ini ternyata bukan hanya berperan untuk menyembuhkan bermacam-macam jenis penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh saja. Kenyataannya, lamtoro juga sanggup memberi manfaat sebagai penghalus kulit yang alami. Untuk memperoleh kulit yang halus dengan memakai petai cina ini, ambillah 5 atau 6 daun petai cina. Lalu remas-remas hingga keluar airnya. Kemudian gosokkan pada seluruh tubuh dikala anda mandi. Diamkan 1 menit serta bersihkan tubuh dengan air. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Bila tubuh anda merasa gatal, jangan teruskan, lantaran mungkin tak cocok dengan jenis kulit anda.

Selain buah nya ynag bermanfaat daun lamtoro pun juga bermanfaat. Apa manfaat daun petai cina bagi tubuh ?

Apa manfaat daun petai cina ?

daun petai cina via id.wikipedia.org

1. Mencegah diabetes
Khasiat daun lamtoro yang pertama ialah mencegah diabetes. Daun ini cukup ampuh dalam menahan tanda-tanda diabetes di tubuh Anda lantaran kandungan senyawanya sanggup mengontrol banyaknya kadar gula dalam darah.

2. Pereda nyeri
Khasiat daun lamtoro yang kedua yaitu sebagai pereda nyeri. Daun ini mempunyai sifat analgesic, yaitu sifat kesehatan yang ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri sehingga tidak akan mengganggu kesehatan Anda.

3. Anti radikal bebas
Khasiat daun lamtoro juga baik untuk melawan radikal bebas. Daun ini mempunyai sifat anti oksidan yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk menghalangi paparan radikal bebas yang akan membahayakan kesehatan tubuh.

4. Mencegah kanker
Selain mencegah radikal bebas, khasiat daun lamtoro juga diikuti dengan kegunaannya dalam mencegah kanker. Daun ini merupakan jenis daun yang ampuh untuk merawat kesehatan sel di dalam tubuh Anda sehingga tidak memicu sel kanker.

5. Mengatasi radang ginjal
Khasiat daun lamtoro untuk ginjal yaitu mencegah dan mengatasi radang. Peradangan pada ginjal biasanya diakibatkan dari beberapa faktor. Radang ini pun akan menjadikan rasa nyeri yang terkadang tida tertahankan.

6. Obat disentri
Kelebihan dari daun lamtoro akan membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit disentri. Daun ini mempunyai jenis senyawa yang baik untuk mengatasi penyakit disentri dan mencegahnya menyerang tubuh Anda kembali.

Selain manfaat dan khasiat daun lamtoro untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:
  • Anti hipertensi
  • Menguatkan tulang
  • Menyehatkan gigi
  • Mencegah pikun
  • Menyehatkan mata

Namun, jangan sering mwngonsumsi lamtoro ya guys! Karena petai cina ini mempunyai efek. Berikut ini efek petai cina yang wajib diketahui.

: Puluhan Khasiat Daun Salam, Selain Ampuh Mengusir Tikus Hingga Tak Berani Mendekat Lagi

Efek Petai Cina

Berikut imbas negatif mengkonsumsi lamtoro, antara lain ;

1. Bau Mulut
Mengkonsumsi lamtoro juga menimbulkan amis lisan yang tidak sedap sebagaimana makan jengkol namun tidak separah jengkol.

2. Sakit Kepala
Efek negatif yang pribadi bisa dirasakan mengkonsumsi lamtoro apabila mengkonsumsinya dalam jumlah banyak ialah timbulnya rasa pusing kepala.

Jadi, tetap konsumsi petai china dalam kadar masuk akal ya. Demikianlah artikel ihwal petai cina. Semoga Bermanfaat!