Khasiat Istimewa Buah Tin, Dianggap Buah Nirwana Alasannya Yaitu Ampuh Sembuhkan Banyak Sekali Penyakit


buah tin via jempolkaki.com

Istimewanya Buah Tin sampai disebutkan dalam satu surat dalam Al Qur'an yaitu At -Tin.
Buah tin atau juga disebut buah ara atau buah figs, buah ini kaya akan kandungan mineral, seperti: kalsium, potasium, zat besi, dan magnesium.

Ternyata dibalik kandungannya ini buah tin punya imbas yang luar biasa cantik dalam menyembuhkan penyakit.

Apakah buah tin bisa dimakan? Buah tin biasanya dimakan dalam keadaan segar atau dalam keadaan kering. Bisa juga dimakan dengan diolah terlebih dahulu bersamaan dengan masakan lain.

Kenapa buah tin disebut dalam Al Quran? Allah SWT menyebutkan beberapa jenis buah dan tumbuh-tumbuhan di dalam al-Qur’an, menyebutkan buah tin sekali saja pada surah at-Tin.

Buah tin disebutkan pada surah yang mengatasnamakan dirinya sendiri dan dalam bentuk sumpah pula, maka kami merasa perlu menawarkan perhatian khusus dalam kajian ini. Ahli tafsir sendiri dalam mengomentari kasus ini berbeda pendapat menafsirkan buah yang disumpahkan itu, sebagian beropini bahwa yang dimaksud yaitu buah tin itu sendiri yang sanggup dimakan oleh manusia. Ada pula menafsirkan tin sebagai tempat-tempat tertentu seperti: gunung, mesjid atau kota.

Apakah buah tin buah surga? Dalam tafsir Ibn Katsir perihal surah at-Tin, tampak terang sebahagian andal tafsir mengomentari tiga sumpah yang ada: (Sumpah perihal Tin dan zaitun, sumpah perihal Thuur Sinai, sumpah perihal Kota yang aman), dan mengaitkannya satu sama lain.

Menurut pemahaman mereka, bahwasannya Allah telah bersumpah demi tiga kawasan dengan diutus-Nya nabi dan juga Rasul sebagai pembawa syariat.

Pertama, Tin dan Zitun. Yaitu “Bait al-Maqdis”, kawasan diutusnya nabi Isa as.

Kedua, Thuur Sinai. Yaitu sebuah gunung dimana nabi Musa as berdialog eksklusif dengan Allah SWT, dan kawasan diutusnya nabi Musa as.

Dan kawasan ketiga yaitu “Kota yang aman”, yaitu kota Makkah dimana nabi Muhammad SAW diutus.

Nabi Muhammad SAW bersabda “Jika Aku menyampaikan ada buah turun dari surga, maka buah inilah …”

Ibn Alqayyim dalam bukunya “Ath-Thib Annabawi” mengomentari riwayat hadist diatas beropini bahwa “Menguji kemanjuran pengobatan nabi sebagai tersebut dalam hadits ini, sanggup dirilis beberapa teori.

Pada jaman dahulu kala buah tin telah banyak digunakan untuk kepentingan medis, tokoh-tokoh kedokteran periode awal juga menyerupai Ibn Sina telah banyak mengetahui buah tin mempunyai banyak faedah medis…”

Selain Bisa Mengobati Mimisan, Ternyata Daun Sirih Punya Banyak Manfaat Lain


Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan



ilustrasi manfaat buah tin bagi kesehatan via pertanianku.com

Bagi orang Arab, mereka sering merebus daun tin sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Sejumlah nutrisi menyerupai protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium yang ada mempunyai manfaat. Apa saja manfaat buah tin? Beberapa manfaat buah tin bagi kesehatan yang patut diketahui yaitu:

1. Sebagai Sumber Nutrisi
Kandungan yang dimiliki buah tin menciptakan buah tin sanggup memebrikan nutrisi yang baik dan lengkap bagi tubuh. Kandungan yang dimiliki buah tin antara lain, kalsium, serat, dan kalium yang tinggi. Selain itu buah tin juga mengandung sodium yang cukup rendah, serta terdapat senyawa anti kanker, dan beberapa jenis vitamin menyerupai vitamin A,B, maupun C. Dengan demikian tidak diragukan lagi manfaat yang dihasilkan oleh buah tin ini sangat baik bagi badan kita.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh
Buah tin mempunyai kandungan serat larut cukup baik. Menurut ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah mempunyai kegunaan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat buah tin satu ini sanggup muncul lantaran dikala pektin masuk kedalam tubuh, kandungan tersebut akan menyapu semua kolesterol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun dalam bentuk air seni.

3. Bagi Penderita Diabetes
Kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah tin untuk diabetes sangat baik, kandungan ini tidak akan menciptakan kadar gula dalam darah Anda naik. Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mengandung serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan inilah yang akan menghambat proses peresapan gula berlebih pada penggalan sistem pencernaan secara optimal sehingga baik untuk mengobati diabetes. Bahkan, beberapa andal menambahkan buah satu ini juga cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun dengan syarat konsumsi tidak berlebihan.

4. Mencegah terjadinya Serangan Jantung
Munculnya serangan jantung sanggup disebabkan lantaran kadar natrium dalam badan cukup tinggi, natrium ini akan menjadikan penyempitan pembuluh dan plak yang menciptakan kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh.

Menurut penelitian yang telah dilakukan di Arab Saudi, buah tin mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para andal juga berpendapat, konsumsi buah tin minimal 1x sehari akan membantu menekan resiko Anda terkena serangan jantung mendadak.


ilustrasi serangan jantung via intisari.grid.id

5. Mengatasi Hipertensi
Buah tin mengandung senyawa mineral alami menyerupai magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup mempunyai kegunaan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebagaimana kita ketahui tekanan darah tinggi disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah, apabila kondisi tersebut dibiarkan maka akan mengakibatkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

6. Mampu mengatasi anemia (kekurangan darah)
Buah tin mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang dimana zat besi merupakan materi baku pembentukan hemoglobin darah.  Manfaat buah tin bagi anemia sangatlah luar biasa. Buah tin yaitu salah satu buah penambah darah yang dipercaya bisa mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB)  dalam darah kita. dengan demikian, buah tin bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anemia.

7. Mengatasi Sembelit
Buah tin dipercaya bisa menyembuhkan sembelit kronis. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang bersifat laktasif yang terdapat pada buah tin. Dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin tidak hanya mengobati sembelit kronis akan tetapi buah tin juga sanggup menjaga kesehatan pencernaan kita.

8. Mencegah Munculnya Tumor
Buah tin mengandung benzaldehide dan phenol, kandungan kedua senyawa ini dipercaya bisa menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak. Tidak hanya bisa mencegah tumor jinak saja, namun kombinasi antara antioksidan juga cukup efektif untuk membantu Anda cegah penyakit tumor ganas.

9. Menjaga Tulang dan Mencegah Penyakit Tulang
Dalam buah tin terdapat kandungan senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahi gizi mengungkapkan kandungan kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu. Makara sanggup disimpulkan buah tin sangatlah baik untuk kesehatan tulang, dan sangat diperuntungkan untuk anda berusia 30 keatas untuk mencegah osteoporosis, serta sanagat dianjurkan juga untuk  membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

10. Terapi Stroke
Manfaat buah tin untuk stroke yakni air rebusan daun tin. Cara pengolahnya sangatlah aneka macam bahkan kandungan daun tin sudah di uji secara klinis dan di akui dunia kedokteran menjadi ketidakraguan lagi untuk mengkonsumsinya. Dan ini cara proses pembuatan ramuan tehnya:
  • Keringkan 10 lembar buah tin 
  • Rebus dengan api sedang dengan 5 gelas air putih 
  • Rebus sampai menjadi menjadi 2 gelas cukup di minum pagi dan sore
Insyaallah, atas izin Allah penderita akan segerah sembuh.


ilustrasi ramuan daun tin via nuansa.web.id

11. Penyakit Lambung
Buah tin untuk asam lambung dapat dilakukan dengan cara potong 6-7 buah tin kering, kemudian tenggelamkan dalam minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, kemudian biarkan selama satu malam penuh dan potongan-potongan buah tin ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi hari.

Buah Delima, Makanan Seribu Khasiat yang Jelas Dirincikan dalam Al Qur’an dan Hadist

Nah, itulah beberapa khasiat dahsyat buah tin yang sanggup kami bagikan. Semua manfaat maupun khasiat dari daun tin dan buah tin yang kita rasakan merupakan atas izin Allah SWT, semoga kita semua diberikan kesehatan dan kesembuhan.