Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Terbukti Ampuh Sembuhkan Penyakit Maag


manfaat kentang via blog.duniamasak.com

Ternyata kentang banyak sekali keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari..

Berikut beberapa manfaat kentang dan bagaimana cara mengolahnya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia telah terbiasa nasi sebagai kuliner pokok. Sehingga tak heran bila sering muncul anggapan ‘belum kenyang kalau belum makan nasi’.

Padahal, nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat, lho, salah satunya yaitu kentang. Kandungan kentang menawarkan imbas baik dan imbas samping juga untuk badan kita.

Kentang yaitu tumbuhan umbian-umbian yang dimakan yaitu belahan akarnya saja atau biasa disebut dengan belahan umbinya dan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia.

Kentang merupakan kuliner pokok beberapa negara terutama negara-negara yang terletak di tempat benua Amerika Selatan dan Eropa.

Kentang sanggup dimakan dengan aneka macam cara. Kita sanggup memasaknya dengan cara memanggang, merebus, menggoreng, maupun diolah menjadi kuliner ringan.

Yuk kita simak selengkapnya wacana manfaat kentang ini!

Apa manfaat kentang dalam kehidupan sehari hari ?

Berikut ini apa manfaat kentang dalam kehidupan sehari-hari yang mempunyai imbas besar.

1. Kentang Sebagai Sumber Listrik
2. Bahan kecantikan
3. Menyamarkan kantong mata
4. Pembersih muka
5. Mengurangi bisul pada mata
6. Penghilang karatan
7. Membersihkan sepatu kulit

Manfaat kentang untuk bayi


kentang untuk bayi via vimale.com

1. Sebagai Sumber Energi Yang Baik
Seperti telah dikatakan sebelumnya, kentang merupakan salah satu sumber energi yang  bagi siapa saja. Ini juga penting untuk bayi yang telah memasuki usia 6 bulan, khususnya yang sudah sanggup mencerna makanan.

2. Membantu Mencegah Fermentasi Usus
Bayi mempunyai alat pencernaan yang masih rawan sehingga harus menawarkan kuliner yang gampang di cerna. Alat pencernaan pada bayi memang masih rawan sehingga basil lebih gampang menyerang dan menimbulkan fermentasi pada usus. Tapi jangan khawatir, hal ini sanggup dicegah dengan menawarkan kentang pada bayi.

3. Membantu Mencerahkan Kulit Bayi
Kulit bayi sangatlah sensitive sehingga harus dirawat dengan menawarkan kuliner yang baik untuk kesehatan kulitnya, salah satunya yaitu kentang.

4. Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Otak
Kentang mengandung Vitamin B6 yang ampuh meredakan stress pada otak. Hal ini juga penting untuk perkembangan otak bayi supaya terhindar dari kecemasan dan merasa rileks.

5. Mencegah Penyakit Berbahaya Pada Bayi
Bayi yang rutin diberi kentang oleh orang tuanya tidak akan gampang terkena aneka macam penyakit berbahaya. Seperti diketahui bahwa kandungan serat pada kentang sanggup mencegah penyakit jantung, ginjal, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Manfaat air kentang untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengonsumsi jus kentang.

1. Asam urat
Sifat anti-inflamasi jus kentang mengurangi pembengkakan pada persendian yang disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh. Konsumsi jus kentang sanggup menetralkan asam urat dan mengurangi peradangan.

2. Menurunkan kadar gula darah
Kentang mengandung serat larut tinggi yang mempunyai indeks glikemik rendah. Karena itu, jus kentang baik bagi diabetesi. Jus kentang sanggup dikonsumsi setiap hari untuk mengontrol kadar gula darah secara efektif.

3. Mengobati sakit paru-paru
Senyawa tertentu yang ada pada kentang diketahui menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga mencegah kanker paru-paru. Hal ini juga sangat membantu dalam mengobati aneka macam penyakit paru-paru.

4. Melancarkan peredaran darah
Vitamin B kompleks dalam kentang sanggup meningkatkan produksi oksigen dalam sel. Hal ini membantu melancarkan peredaran darah.

5. Mengatasi sakit punggung
Sakit punggung seringkali berkaitan dengan artritis dan hal itu sanggup diatasi dengan mengonsumsi jus kentang. Selain itu, Anda juga sanggup menggosok irisan kentang pribadi pada area yang nyeri dan hal ini akan mengurangi bisul denga cepat.

6. Membersihkan Hati 
Jus kentang sanggup menjadi jus detoksifikasi yang paling murah. Mengonsumsi jus kentang sanggup membantu membuang racun yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal dan memperbaiki fungsi kedua organ tersebut.

Manfaat kentang dan cara pengolahannya

olahan kentang via vemale.com

Kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat ini mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kentang mempunyai manfaat sebagai memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari polip usus serta kanker lantaran kentang mempunyai kandungan serat. Selain itu kentang mempunyai kandungan vitamin A, mineral, vitamin B kompleks, antioksidan, dan mengandung senyawa anti kanker. Jadi, sangat baik untuk mengkonsumsi kentang dalam dosis yang dianjurkan lantaran baik untuk kesehatan.

Kentang yang tidak disimpan dengan baik akan cepat berubah warna menjadi hitam dan busuk. Seharusnya kentang yang melalui proses penyimpanan yang baik sanggup bertahan lebih lama. Berikut cara menyimpan dan memasak kentang yang benar:
  • Saat menentukan kentang, pilihlah kentang yang mempunyai tekstur yang baik, utuh, permukaan kulit yang halus dan tidak kering;
  • Biasanya akan banyak “mata” atau ibarat dengan bintik-bintik pada permukaanya;
  • Hindari membeli kentang yang mempunyai memar, berwarna hijau, dan banyak tumbuh tunas lantaran banyak mengandung racun;
  • Menyimpan kentang sebaiknya pada tempat yang kering, gelap, dan udara yang sejuk. Jangan simpan kentang pada udara yang lembab lantaran akan menimbulkan racun dan kentang justru berkembang;
  • Sebelum dimasak, kentang harus dicuci higienis dan mengenai seluruh permukaan;
  • Kentang sanggup dimasak pribadi beserta kulitnya lantaran kulitnya mengandung serat dan vitamin. Biasanya kentang yang dimasak pribadi oleh kulitnya yaitu kentang goreng dan kentang panggang;
  • Untuk dijadikan olahan sop atau hidangan lainnya sebaiknya kupas kulitnya terlebih dahulu hingga higienis kemudian sanggup dipotong menjadi potongan dadu ataupun potongan julien yang memanjang.

: 10 Manfaat Coklat, Dari Anti Depresan Hingga Solusi Utama Cegah Penyakit Jantung

Apa manfaat kentang bagi badan ?

manfaat kentang untuk badan via koran-jakarta.com

Yuk kita simak apa saja khasiat kentang untuk badan supaya selalu sehat !

1. Pencegahan kanker
Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam badan yang sangat memicu kanker, dalam hal ini yaitu kanker prostat pada laki-laki dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam badan dan telah banyak studi yang membuktikannya.

2. Mengurangi kadar kolesterol
Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang sanggup kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, sanggup menjadi sajian diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

3. Mengurangi resiko kerikil ginjal
Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi sanggup memicu pembentukan kerikil ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang sanggup menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita kerikil ginjal, kentang bukan merupakan kuliner yang ‘haram’ bahkan beberapa sajian diet juga melibatkan kentang.

4. Kesehatan Tulang
Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi tepat untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Asupan natrium harus dikurangi supaya sanggup membantu dalam hal menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium cukup penting untuk menurunkan tekanan darah ini. Sumber zat lain ibarat kalium, magnesium, dan kalsium  merupakan zat yang dipercaya sanggup menurunkan anda yang mempunyai tekanan darah tinggi

6. Kesehatan Jantung
Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang sanggup mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 yaitu beberapa diantaranya. Kentang juga tidak mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

7. Membangun dan pembentukan sel
Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang diharapkan untuk melaksanakan pemrosesan reaksi kimia yang diharapkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 diharapkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri yaitu protein yang mengakibatkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga diharapkan untuk pembuatan sel sel gres dalam badan kita.

8. Kesehatan Otak & Saraf
Kandungan vitamin B6 yang tinggi juga sangat membantu kesehatan otak dan membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf.

Selain untuk kesehatan, kentang juga sangat baik dipakai untuk perawatan kecantikan wajah dan kulit.

9. Mengobati Wajah Berjerawat
Keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada belahan wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Dapat dipakai ketika ingin tidur malam

10. Mengatasi bisul sekitar mata
Kebiasaan tidur terlalu usang kadang menjadikan mata ibarat bengkak, untuk mengatasinya cukup dengan kentang yang dicuci dan kupas kemudian di parut. Kompres mata dengan kain ke sekitar mata yang bengkak. Gunakan beberapa kali, supaya bengkaknya mengempis.

Manfaat kentang bagi kecantikan dan kesehatan memang cukup banyak, kandungan nutrisi B6 pada kentang sangat membantu metabolisme dalam badan manusia.

Kaprikornus itulah apa saja manfaat kentang bagi tubuh kita. Namun, mengonsumsi kentang mempunyai imbas samping lho! yuk simak!

Manfaat kentang dan imbas sampingnya

Kentang mempunyai kandungan yang perlu diwaspadi ibarat alkaloid, solanin, dan chaconine. Alkaloid ini berkonsentrasi dalam jumlah terbesar terdapat persis di bawah kulit.

Akibat dari zat beracun ini, bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup sanggup mengakibatkan sakit kepala, lemah, kram otot, dan bahkan dalam beberapa masalah sanggup mengakibatkan kehilangan berat kesadaran dan koma.

Namun tak perlu terlalu khawatir, lantaran keracunan dari kentang sangat jarang terjadi. Paparan cahaya dan udara akan mengakibatkan perubahan kentang menjadi warna hijau, dan ini sanggup dipakai sebagai  petunjuk visual sebagai umbi kentang yang mungkin mempunyai lebih banyak racun

Seperti itulah, Sobat, manfaat dan imbas samping dari kandungan kentang. Sebetulnya tidak duduk kasus bila Sobat konsumsi kentang asal jangan berlebihan supaya tidak menimbulkan imbas samping.