Banyak Yang Belum Tahu Manfaat Minyak Kelapa, Ternyata Terdapat Beribu Kegunaannya


minyak kelapa via pedomanbengkulu.com

Apa saja khasiat dari minyak kelapa ini, sampai harganya begitu mahal. 

Minyak Kelapa mengandung energi sebesar 870 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 98 gram, kalsium 3 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu ada vitamin A, B1, dan C.

Karena itu berbagai manfaat minyak kepala. Yang kami bahas ada 8 manfaat.

Minyak kelapa dikenal sebagai materi untuk memasak. Manfaat menyerupai ini banyak digunakan di dapur-dapur rumah Asia. Padahal, minyak kelapa punya banyak manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan.

Dari kesehatan, minyak kelapa sanggup menjadi obat untuk menyembuhkan beberapa problem kulit dan juga pencegahan demam.

Sedangkan dari segi kecantikan, minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembab. Itu sebabnya minyak kelapa sering digunakan sebagai materi dasar kosmetik.

Ketimbang membeli kosmetik mahal, minyak kelapa yang ada di rumah bisa digunakan eksklusif sebagai perawatan kecantikan.

Kandungan di minyak kelapa

Minyak Kelapa mengandung energi sebesar 870 kilokalori, protein 1 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 98 gram, kalsium 3 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Minyak Kelapa juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melaksanakan penelitian terhadap 100 gram Minyak Kelapa, dengan jumlah yang sanggup dimakan sebanyak 100 %.

Setelah mengetahui kandungan di minyak kelapa itu apa saja, yuk mengetahui minyak kelapa fungsi
bagi kesehatan badan manusia.

Apa saja manfaat minyak kelapa ?


manfaat minyak kelapa  via halebis.com

Berikut yaitu apa saja khasiat dari minyak kelapa dan bagaimana mengaplikasikannya dalam setiap manfaat.

Pelembab kulit kepala dan rambut
Minyak kelapa dikenal sebagai pelembab yang bagus. Untuk menikmati manfaat minyak kepala sebagai kondisioner. Rambut akan terlihat lebih gampang diatur dan kulit kepala tidak kering yang sanggup mencegah munculnya ketombe.

Melegakan dada sesak 
Campurkan dua sendok teh minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint. Oles adonan ini di pecahan dada yang sesak yang disebabkan lantaran dem

Cegah rambut pecah-pecah
Oleskan minyak kelapa mulai dari akar sampai ujung rambut. Biarkan selama lima menit dan bersihkan rambut.

Melawan eksim
Minyak kelapa yang dicampur dengan calendula sanggup berfungsi untuk meredakan peradangan kulit. Campuran ini akan melembutkan kulit. Minyak ini juga sanggup digunakan untuk kulit yang memerah lantaran gatal-gatal.

Menghilangkan pegal dan linu
Campur minyak kelapa dengan dua tetes minyak pepermint dan cabe rawit. Percaya atau tidak, adonan ini pada ketika dioleskan pada pecahan badan yang terasa pegal dan linu perlahan-lahan akan hilang.

Minyak spa 
Daripada menghabiskan uang mahal untuk spa, manjakan badan dengan memakai minyak kelapa.

Tuang minyak kelapa dalam mangkuk sampai setengahnya dan campurkan beberapa tetes minyak lavender. Campuran ini sudah sanggup digunakan sebagai minyak pijat untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

Pelembab bibir
Jika bibir pecah-pecah, minyak kelapa sanggup berfungsi sebagai pelembab alami. Colek minyak kelapa dengan jari kelingking dan oleskan ke bibir yang pecah-pecah.

Scrub pengangkat sel mati badan ketika mandi
Campur setengah gelas minyak kelapa yang telah mencair dengan setengah gelas garam. Sebaiknya pink merah muda.

Gunakan adonan ini sebagai scrub ketika mandi. Gosok badan dengan adonan ini untuk mengangkat sel mati tubuh. Setelah bilas dengan air hangat.

Apakah minyak kelapa bagus untuk rambut ?

Penelitian yang dilakukan membandingkan minyak kelapa dengan minyak bunga matahari dan minyak mineral. Minyak kelapa dengan kandungan asam laurat terbukti membantu mengurangi kekurangan protein pada rambut, sementara dua jenis minyak lainnya tidak mempunyai manfaat yang sama.

Minyak kelapa bisa memasuki batang rambut, sehingga membantu mengatasi kerusakan yang terjadi. Hal ini sanggup dimanfaatkan untuk rambut yang kering lantaran pewarnaan atau hawa panas berlebihan.

Pertama, oleskan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil pada rambut secara merata sampai ujung rambut. Pijat rambut selama beberapa saat. Jika perlu, gunakan sisir semoga minyak kelapa merata. Sisir dari akar sampai ujung rambut.

Kuncir atau gulung rambut, kemudian bungkus dengan epilog kepala. Biarkan rambut tertutup semalaman. Atau, Anda sanggup membiarkannya selama dua jam sesudah pengolesan. Namun, semakin usang minyak kelapa didiamkan, maka rambut akan semakin lembap.

Buka epilog kepala kemudian basuh rambut. Gunakan sampo yang bebas kandungan sulfat untuk menghilangkan minyak kelapa dari rambut. Cuci rambut sekitar 2-3 kali, sampai tangan tidak lagi terasa berminyak ketika menyentuh rambut. Kemudian segera keringkan. Rambut akan terasa lebih lembut dan bercahaya.

Manfaatkan minyak kelapa untuk rambut yang lebih berair dan untuk mengatasi kekeringan pada rambut. Jika Anda mempunyai problem dengan rambut rontok dan membutuhkan penyubur rambut, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Berapa usang minyak kelapa bertahan ?


penyimpanan minyak kelapa via cnnindonesia.com

Minyak yang disimpan dengan baik sanggup terjaga kesegarannya untuk waktu yang lama. Sebaliknya jikalau minyak di simpan dengan tidak tepat, minyak tersebut sanggup berbau tengik sebelum masa kadaluwarsanya.
  • Selalu gunakan wadah bertutup rapat untuk menyimpan minyak masak. Oksigen yaitu musuh terbesar minyak masak Anda. Oksigen juga lah yang akan menimbulkan minyak masak Anda berbau tengik.
  • Simpan minyak masak dalam wadah berwarna gelap. Sinar matahari sanggup merusak kualitas dari minyak masak, sehingga lebih baik untuk menyimpan minyak masak dalam wadah berwarna gelap atau di daerah yang tidak terkena sinar matahari.
  • Hindari mengunakan wadah yang terbuat dari tembaga atau besi. Tembaga dan besi sanggup menciptakan reaksi kimia jikalau menyentuh minyak dan menimbulkan minyak tersebut tidak kondusif untuk dikonsumsi.
  • Simpan minyak pada suhu yang tepat. 
    • Contoh minyak yang sanggup disimpan pada suhu ruangan
    • Minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak kelapa sawit, minyak kacan
    • Contoh minyak yang sebaiknya disimpan di dalam kulkas
    • Minyak alpukat, minyak jagung, minya wijen
    • Contoh minyak yang sanggup disimpan di suhu ruangan dan dalam kardus. Minyak tipe ini sanggup disimpan dalam kulkas atau dalam lemari, tapi biasanya menyimpan minyak dalam kulkas akan menciptakan minyak tersebut segar lebih lama. Bila minyak mengendap ketika di simpan di dalam lemari, keluarkan minyak yang akan digunakan 1-2 jam sebelum digunakan. Minyak kanola, minyak cabai, minyak jagung.
  • Hindari menyimpan minyak bersahabat kompor.

Demikianlah artikel ihwal minyak kelapa. Semoga bermanfaat!