Menguak Mitos Malam Jumat Yang Penuh Dengan Aura Mistis, Hingga Andal Kubur Tiba Ke Rumah


malam jumat via fadlilsangaji.wordpress.com 

Malam Jumat diidentikkan banyak orang sebagai waktu untuk melaksanakan acara berjulukan sunnah Rasul. Apa saja keutamaan malam Jumat? Apakah malam Jumat harus baca yasin?

Apa benar ketika malam Jumat arwah orang meninggal pulang ke rumah? Berikut ini akan kami bahas secara singkat dan lengkap.

Seperti apa malam Jumat di alam kubur? Apakah setiap malam Jumat arwah orang meninggal pulang ke rumah? Memang ada kalanya ruh-ruh orang meninggal akan kembali ke rumah. Sering kita dengar bahwa arwah saudara kita pada setiap malam Jum’at pulang ke rumah, sehingga kita dianjurkan membacakan al-fatihah dan surat-surat lain untuknya.

Dalam al Jami’ul Kabir dijelaskan bahwa hal itu memang terjadi, hal ini bisa bermanfa'at bagi kita untuk melaksanakan yang terbaik untuk para arwah keluarga kita dan materi introspeksi bagi kita dalam menghadapi hidup di alam arwah nanti :

ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺇﻥ ﺃﺭﻭﺍﺡ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻳﺄﺗﻮﻥ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﺇﻟﻰ ﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻳﻘﻔﻮﻥ ﺑﺤﺬﺍﺀ ﺑﻴﻮﺗﻬﻢ ﻭﻳﻨﺎﺩﻱ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﺑﺼﻮﺕ ﺣﺰﻳﻦ ﺃﻟﻒ ﻣﺮﺓ ﻳﺎ ﺃﻫﻠﻲ ﻭﺃﻗﺎﺭﺑﻲ ﻭﻭﻟﺪﻱ ﻳﺎ ﻣﻦ ﺳﻜﻨﻮﺍ ﺑﻴﻮﺗﻨﺎ ﻭﻟﺒﺴﻮﺍ ﺛﻴﺎﺑﻨﺎ ﻭﺍﻗﺘﺴﻤﻮﺍ ﺃﻣﻮﺍﻟﻨﺎ ﻫﻞ ﻣﻨﻜﻢ ﻣﻦ ﺃﺣﺪ ﻳﺬﻛﺮﻧﺎ ﻭﻳﻔﻜﺮﻧﺎ ﻓﻲ ﻏﺮﺑﺘﻨﺎ ﻭﻧﺤﻦ ﻓﻲ ﺳﺠﻦ ﻃﻮﻳﻞ ﻭﺣﺼﻦ ﺷﺪﻳﺪ ؟ ﻓﺎﺭﺣﻤﻮﻧﺎ ﻳﺮﺣﻤﻜﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻻ ﺗﺒﺨﻠﻮﺍ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺼﻴﺮﻭﺍ ﻣﺜﻠﻨﺎ ﻳﺎ ﻋﺒﺎﺩ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻥ ﺍﻟﻔﻀﻞ ﺍﻟﺬﻱ ﻓﻲ ﺃﻳﺪﻳﻜﻢ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺃﻳﺪﻳﻨﺎ ﻭﻛﻨﺎ ﻻ ﻧﻨﻔﻖ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺣﺴﺎﺑﻪ ﻭﻭﺑﺎﻟﻪ ﻋﻠﻴﻨﺎ ﻭﺍﻟﻤﻨﻔﻌﺔ ﻟﻐﻴﺮﻧﺎ ؛ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﺗﻨﺼﺮﻑ ﺃﻱ ﺍﻷﺭﻭﺍﺡ ﺑﺸﻲﺀ ﻓﻴﻨﺼﺮﻓﻮﻥ ﺑﺎﻟﺤﺴﺮﺓ ﻭﺍﻟﺤﺮﻣﺎﻥ . ﺍﻫـ . ﻣﻦ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ .

Bersabda Nabi Saw : Sesungguhnya arwah-arwah kaum mu’minin itu setiap malam mendatangi langit dunia dan mereka (arwah) berhenti atau bangun dg terompah mereka pada rumah rumah mereka (selama masih hidup) mereka memangil atau menyeru, setiap kali undangan dg bunyi susah seribu kali seruan.

Wahai keluargaku, kerabatku dan anak anakku. Wahai orang yg telah menempati rumahku, dan menggunakan baju tinggalanku dan yg telah membagi warisan hartaku, adakah darimu seseorang yg ingat padaku dan memikirkan rantauanku (merantau) saya dalam penjara yg sangat lama, dan dalam benteng yg sangat kuat. Maka kasianilah aku, maka Allah akan menghasihi kalian dan janganlah kau pelit terhadapku sebelum kalian menjadi menyerupai saya (mati) wahai hamba-hamba Allah.

Sesungguhnya apa yg utama di tanganmu itu juga di tanganku. Dan saya tidak menafkahkannya di jalan Allah dan saya tidak menghitungnya serta perduli terhadapnya (harta) dan kini manfa'atnya terhadap selainku. Maka bila kau tidak memperlihatkan sesuatu pada arwah arwah tadi dg sesuatu, maka mereka para arwah akan pergi dg kerugian dan dia akan tercengah.”

Apakah malam jumat harus baca yasin? Ada dua pendapat soal aturan yasinan malam Jumat.

Pendapat pertama menyatakan aturan Yasinan pada  malam Jumat yaitu bid'ah (hal yang diada-adakan dalam agama tanpa ada dalil shahih atau pola dari Rasul). Alasannya, kebanyakan dalil yang menyebutkan keutamaan (fadhilah) surat Yasin yaitu dalil-dalil yang lemah bahkan sebagian palsu.

Pendapat kedua menyatakan baca QS Yasin pada malam Jumat mubah (boleh) menurut hadits wacana bolehnya mengkhususkan surat tertentu dibaca berulang-ulang di hari atau waktu tertentu.


ilustrasi malam jumat horor via keystonebsa.org

Lalu, kenapa malam Jumat identik dengan horor? Hal ini berafiliasi dengan tradisi masyarakat Jawa yang menganggap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon sebagai hari yang dikeramatkan. Hal ini terkait dengan tradisi puasa selama 40 hari yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta yang puncak puasanya terjadi pada hari Jumat Kliwon. Di hari-hari ini biasanya ditaruh aneka macam sesajen di banyak sekali daerah yang dianggap sakral.

Selain dari tradisi lokal, ternyata kepercayaan dari luar pun ikut mempengaruhi cara pandang masyarakat wacana malam Jumat. Ternyata kedatangan Belanda untuk menjajah Indonesia beberapa ratus tahun yang kemudian itu juga membawa kepercayaan mistis. Dalam masyarakat Eropa, mitos Friday the 13th sudah menjadi hal yang tidak absurd lagi. Friday the 13th berarti bahwa hari Jumat tanggal 13 di bulan apapun merupakan hari yang membawa kesialan.

Mengungkap Misteri Malam Jumat Kliwon yang Biikin Merinding

Apa saja keutamaan malam Jumat?

ilustrasi keutamaan membaca surat al-kahfi via satrialarangan.blogspot.com

Banyak sekali hadist dalam Al Quran, salah satunya hadits malam Jumat. Malam Jum'at yaitu malam yang paling utama, harinya yaitu hari yang paling utama dari semua hari, dimana semua muslim berkumpul dan bersujud kepada Allah SWT.  Apa saja keutamaan malam Jumat? Berikut lima keutamaan yang harus Anda ketahui.

1. Hari Jum’at Ialah Hari Terbaik Dalam Satu Minggu
Bebarapa hadist menyebutkan kalau hari yang paling baik dibandingkan hari lainnya ialah hari Jum’at, dimana semua muslim berkumpul dan bersujud kepada Allah SWT. Berikut hadist yang membicarakan wacana hari Jum’at :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : » خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ « رواه مسلم

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah pernah bersabda:” Hari terbaik di mana pada hari itu matahari terbit yaitu hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan nirwana serta dikeluarkan darinya. Dan final zaman tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat”.

2. Pada Hari Jum’at Terdapat Waktu Mustajab Untuk Berdo’a Kepada Allah SWT
Jika kau merasa harapan atau do’a mu tidak juga terkabul, maka kali ini kau akan mengetahui bagaimana Cara Agar Keinginan Cepat Terkabul Dalam Islam. Tahukah kau kalau waktu yang paling mustajab untuk berdo’a kepada Allah yaitu ketika sedang turun hujan, ada angin kencang, antara adzan hingga iqomah dan do’a di hari Jum'at terutama antara waktu Ashar hingga petang.

Beberapa ulama beropini kalau waktu tersebut yaitu ketika usai adzan Ashar dikumandangkan.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ : « فِيهِ سَاعَةٌ لَا


يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Abu Hurairah berkata Rasulullah saw pernah bersabda:” Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, pasti Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan dia sebagai citra akan sedikitnya waktu itu” (H.R  Muttafaqun Alaih)

Imam Muhammad Al-Baqir berkata: “Allah swt memerintahkan kepada para Malaikat nya biar setiap malam Jum’at ia menyeru dari arah bawah Arasy mulai awal malam hingga final malam tiba: Tidak akan ada hamba mukmin yang berdoa padaku untuk keperluan dunia dan alam abadi hingga sebelum terbitnya fajar kecuali saya mengabulkan/mengijabahnya,

3. Membaca Do’a Malam Jum’at
Membaca beberapa do’a pada malam Jum’at akan menciptakan hari-hari kita selanjutnya lebih berkah dan dirahmati Allah SWT. Dengan selalu membaca sholawat atau do’a akan menciptakan Allah menyayangi dan bahagia pada kita sebagai hambanya. Dan berikut ini yaitu do’a yang bisa kau baca pada malam Jum’at

اَللَّهُمَّ  اِنْ وَضَعْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَرْفَعُنِي وَاِنْ رَفَعْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَضَعُنِي وَاِنْ اَهْلَكْتَنِي فَمَنْ ذَا الَّذِي يَعْرِضُ لَكَ فِي عَبْدِكَ اَوْ يَسْأَلُكَ عَنْ اَمْرِهِ وَقَدْ عَلِمْتُ اَنَّهُ لَيْسَ فِى حُكْمِكَ ظُلْمٌ وَلاَ فِى نَقَمَتِكَ عَجَلَةٌ وَاِنَّمَا يَعْجَلُ مَنْ يَخَافُ الْفَوْتَ وَاِنَّمَا يَحْتَاجُ اِلَى الظُّلْمِ الضَّعِيفُ وَقَدْ تَعَالَيْتَ يَا اِلَهِى عَنْ ذَلِكَ عُلُوّاً كَبِيْراً.

Ya Allah, kalau Engkau hinakan daku, siapa lagi yang akan memuliakan aku. Jika engkau muliakan aku, siapa lagi yang bisa menghinakan aku. Jika Engkau binasakan aku, siapa lagi yang akan beribadah kepada-mu atau yang akan memohon pada-mu wacana persoalannya. Sungguh, saya tahu tidak ada kezaliman dalam hukum-mu, tidak ada yang tergesa-gesa dalam siksaan-mu. Karena tergesa-gersa itu hanya terjadi pada orang takut ketinggalan, dan butuh pada kezaliman yang lemah. Sementara Engkau ya Ilahi benar-benar Maha Mulia dari semua itu.

Selain itu kau juga bisa menambahkan do’a berikut ini untuk memohon ampunan dan pertolongan Allah pada kehidupan kita.

اَللَّهُمَّ اِنّى اَعُوذُ بِكَ فَاَعِذْنِى، وَاَسْتَجِيْرُ بِكَ فَاَجِرْنِى، وَاَسْتَرْزِقُكَ فَارْزُقْنِى، وَاَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ فَاكْفِنِى، وَاَستَنْصِرُكَ عَلَى عَدُوِّى فَانْصُرْنِى، وَاَسْتَعِيْنُ بِكَ فَاَعِنِّى، وَاَسْتَغْفِرُكَ يَا اِلَهِى فَاغْفِرْ لِى آمِيْنَ آمِيْنَ آمِيْنَ

Ya Allah, saya berlindung kepada-mu, maka lindungi aku. Aku memohon keselamatan kepada-Mu, maka selamatkan daku. Aku memohon rizki kepada-mu, maka berilah saya rizki. saya bertawakkal kepada-mu, maka cukupi daku. Aku memohon pertolongan kepada-mu terhadap musuhku, maka bantulah daku. Aku memohon sumbangan kepada-mu, maka bantulah aku. Ya Ilahi, saya memohon ampunan kepada-mu, maka ampuni daku, amin amin amin.

4. Membaca Surat Kahfi
Pada umumnya orang beropini kalau malam jum’at seharusnya kita membaca surat yasin. Tahukah kau kalau presepsi kebanyakan muslim ini tidak sepenuhnya benar? Pada malam Jum’at kita sebetulnya disunnahkan untuk membaca surat Kahfi. Kenapa malam jumat baca surat al kahfi? Hal ini menurut hadits Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan untuknya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menyinarinya dengan cahaya antara dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim)

Bukan berarti dihentikan membaca surat Yasin atau surat lainnya. Allah memerintahkan umat muslim untuk rajin membuka Al-Qur’an setiap hari seusai sholat. Membaca surat lainnya di malam Jum’at itu boleh saja, tapi alangkah lebih baik nya kalau kita menjanalnkan sesuatu yang sudah di sunnah kan.

5. Membaca Shalawat Nabi Di Malam Jum’at
Di zaman dahulu ada seorang sobat yang ingin bertemu dengan Rasulullah. Sahabat itu melihat Rasulullah berjalan dari kejauhan, kemudian ia mengejarnya sambil memanggil “ Ya Muhammad “ “ Yas Rasulullah.. “ tapi Rasulullah tetap berjalan tanpa menoleh sedikitpun. Sahabat pria ini resah kemudian berusaha mengejar hingga alhasil hingga di depan Rasulullah. Ia bertanya “ wahai Rasulullah, mengapa engkau tidak menjawab salam ku ketika saya memanggil mu ? “ dan Rasulullah menjawab “ saya tidak menjawab alasannya yaitu engkau tidak pernah bershalawat atas nama ku wahai sobat “.

Pada malam dan hari Jum’at disunnahkan untuk membaca sgalawat nabi sebanyak mungkin, alasannya yaitu menurut hadits Aus bin Aus Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ


“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal yaitu hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi maut seluruh makhluk. Oleh alasannya yaitu itu perbanyaklah shalawat di hari Jum’at, alasannya yaitu shalawat akan disampaikan kepadaku.”

3 Amalan Malam Jumat yang Disukai dan Disunnahkan Oleh Rasulullah

Nah, itulah klarifikasi wacana kenapa malam Jumat identik dengan horor beserta  keutamaan malam Jumat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua, mohon maaf kalau terdapat kekurangan maupun kesalahan.
Related Posts