Psikolog: Merasa Tidak Bagus Dapat Sebabkan Gangguan Mental Dan Penyakit Lainnya


Ganbar ilustrasi dilansir dari republika.co.id

Setuju dong jikalau perempuan itu semuanya cantik?

Karena merasa tidak anggun dan jadi minder bukanlah dilema sepele.

Bahkan berdasarkan psikolog, minder lantaran merasa tidak anggun dapat menimbulkan gangguan mental dan beberapa penyakit berikut ini!

Faktanya, 84% perempuan Indonesia merasa tidak cantik. Penelitian yang dilakukan Dove di 2017 itu tentu saja mengejutkan sekaligus miris.

Jika perempuan terus merasa menyerupai itu, maka dapat mengalami gangguan mental serta banyak sekali penyakit.

Hal tersebut diungkapkan psikolog klinis Tara de Thouars, dalam program Dove 'Ragam Kecantikan Wanita Indonesia' di restoran Eastern Opulence, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2018).

Terlebih berdasarkan Tara, ranah digital kini semakin kuat. Hadirnya media umum berbasis fotografi menyerupai Instagram dapat menciptakan perempuan jadi sering membandingkan diri dengan penampilan orang lain.

Misalnya saja selebgram, influencer atau artis.

"Kita sering membandingkan diri. Biasanya saat kita melihat foto orang lain, kita mencari kelebihan dari orang lain tersebut kemudian membandingkan dengan diri kita. Kemudian secara mental jadi drop," ujar Tara, menyerupai dilansir dari detik.com.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, saat perempuan sudah terlalu mendalam merasa tak anggun maka akan besar lengan berkuasa pada kesehatan mental.

Berawal dari seringnya membandingkan diri, kemudian minder dan lama-kelamaan terjadi gangguan mental.

"Bisa jadi depresi, gangguan tidur atau gangguan makan atau dapat juga jadi anoreksia buat yang ingin kurus," ungkap psikolog yang praktek di RSJ Sanatorium Dharmawangsa itu.

:

Setiap orang mempunyai kecantikan yang berbeda dan keunikan masing-masing

Tara menyarankan bahwa perempuan tidak perlu terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain.

Karena berdasarkan Tara, setiap orang mempunyai kecantikan yang berbeda dan keunikan masing-masing.

"Cantik bukan membandingkan tapi menyadari. Karena bekerjsama persepsi anggun berubah-ubah tergantung dengan wajah yang sering kita lihat," pungkasnya.

Nah mulai kini jangan lagi minder untuk para wanita, lantaran intinya perempuan seluruhya diciptakan Allah dengan paras yang cantik.

Namun hanya keimanan lah yang membedakan kecantikan sejati seorang wanita.

Demikian, biar bermanfaat.
Related Posts