Sepele Sih, Tapi Katanya Rambut Rontok Dapat Jadi Penyakit Kanker Kronis, Benarkah?


rambut rontok via eldiariony.com

Kehilangan berhelai-helai rambut setiap hari yaitu hal yang normal. Tapi tidak kalau rambut rontok berlebihan hingga lebih dari 100 helai per hari. HATI-HATI!

Apa saja yang menimbulkan rambut rontok? Berikut aneka macam pemahaman yang salah mengenai rambut rontok.

Rambut merupakan mahkota baik bagi perempuan ataupun pria. Bagi perempuan rambut menjadi salah satu anggota yang sangat mensugesti kecantikan dan penampilan. Bagi kaum laki-laki rambut juga sangat mensugesti penampilan.

Kerontokan rambut merupakan salah satu dari tiga persoalan rambut yang paling banyak dialami orang-orang. Biasanya rambut rontok disebabkan oleh begitu banyak faktor.

Yang sering mengalami rambut rontok yaitu wanita, namun kalau rambut rontok terus menerus patut diwaspadai dan dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ingin Tampil Lebih Modis dan Elegan, Ini Model Rambut Pria yang Cocok Buat Semua Cowok

Makanan apa saja yang menciptakan rambut rontok?

ilustrasi gorengan via blog.plater.id

Menjaga kesehatan rambut tidak hanya sanggup dilakukan dengan mencucinya atau menentukan produk perawatan rambut terbaik saja. Namun, membutuhkan nutrisi dari dalam badan yang bersumber dari makanan. Nah ternyata tidak semua kuliner baik untuk kesehatan rambut lho, makanan apa saja yang menciptakan rambut rontok? 

1. Gorengan
Selain sanggup menimbulkan kulit berminyak dan berjerawat, gorengan yang mengandung lemak jenuh juga sanggup menimbulkan kekuatan rambut melemah. Lemak jenuh atau lemak trans juga sanggup mengganggu keseimbangan hormon.

2. Kafein
Memang tidak secara eksklusif kafein menimbulkan rambut rontok, namun kafein pada kopi dan minuman lain yang menimbulkan anda melek sepanjang malam sehingga kurang tidur sanggup menimbulkan rambut menjadi rapuh.

3. Makanan bebas gula
Maraknya penyakit diabetes menciptakan orang cenderung menentukan asupan bebas gula. Padahal kuliner bebas gula biasanya memakai pelengkap buatan ibarat aspartam dan ini jauh lebih berbahaya, sanggup menimbulkan pertumbuhan rambut menjadi tidak sehat dan gampang rontok.

4. Makanan kemasan
Makanan kemasan biasanya mengandung pengawet, pewarna dan perasa buatan. Hal ini tentu saja berakibat jelek pada kesehatan termasuk rambut. Zat cochineal dan karmin pada pewarna buatan sanggup menimbulkan rambut rontok parah.

5. Terlalu banyak vitamin A
Vitamin A memang sangat baik untuk kesehatan mata, namun kalau terlalu banyak mengonsumsi vitamin A maka rambut anda yang jadi taruhannya.

6. Makanan Terigu
Cake, roti tawar, cookies, dan kuliner yang terbuat dari terigu sanggup menimbulkan rambut rontok lantaran tekanan darah akan lebih tinggi kalau terlalu banyak mengonsumsi terigu.

7. Asupan tak higienis
Tidak diragukan lagi, kuliner tak bersih mengandung jutaan basil jahat yang sanggup menimbulkan tipoid dan gangguan pencernaan. Gangguan ini sanggup menimbulkan rambut rontok, sebaiknya pilih jajanan yang dijual secara tertutup dan terbungkus.

Penyakit apa saja yang menimbulkan rambut rontok?


ilustrasi penyakit rambut rontok via hariangadis.com

Banyak ragamnya dari penyakit yang parah hingga dengan penyakit yang ringan. Setiap orang memang di takdirkan untuk sakit dan mempunyai suatu penyakit. Lalu, penyakit apa saja yang menimbulkan rambut rontok? Berikut ini yaitu penyakit yang sanggup menimbulkan kerontokan :

1. Tiroid
Fungsi kelenjar tiroid untuk mengatur kadar hormon dalam badan Anda. Namun kalau kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, maka sanggup menimbulkan rambut rontok. Kerusakan pada kelenjar tiroid menjadi salah satu penyebab medis yang paling umum, yang menimbulkan rambut rontok.

2. Alopecia Areata
Ini merupakan penyakit yang terjadi dikala sistem kekebalan badan menyerang folikel rambut. Penyakit ini menimbulkan bercak pada kulit kepala di potongan rambut yang rontok, dan potongan badan lainnya. Biasanya orang yang menderita alopecia areata, terlihat sangat sehat. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyakit ini.

3. Telogen Effluvium
Penyakit ini merupakan jenis kerontokan rambut yang terjadi sehabis operasi besar, kehamilan atau insiden yang menimbulkan stres. Gejalanya yaitu rambut rontok yang berlebihan, hingga Anda sanggup menggenggam rambut rontok. Anda sanggup mengobati penyakit ini dengan dermatologis.

4. Infeksi Kulit Kepala
Infeksi ibarat kurap, sanggup menyerang rambut dan kulit kepala Anda. Jika hal itu terjadi, maka sanggup menimbulkan kerontokan yang berlebih. Namun biasanya, rambut Anda akan tumbuh kembali sehabis jerawat diobati secara medis.

5. Gangguan kulit
Ada beberapa penyakit kulit yang sanggup menimbulkan jaringan parut. Contohnya yaitu lichen planus dan beberapa jenis lupus. Gangguan kulit ini sanggup menjadikan rambut rontok secara permanen di potongan bekas luka.

6. Cicatrical Alopecia
Penyakit ini biasanya tidak gampang diketahui pada orang yang terlihat sangat sehat. Biasanya Cicatrical Alopecia menghancurkan folikel rambut seseorang, melalui jaringan parut. Sehingga rambut tidak tumbuh kembali.

7. Perawatan Kanker
Banyak orang berpikir bahwa kanker, menimbulkan kerontokan. Namun sebenarnya, bukan penyakit kanker yang menimbulkan kerontokan pada rambut. Melainkan jenis pengobatannya, salah satunya yaitu terapi radiasi dan kemoterapi.

8. Trikotilomania
Penyakit ini merupakan gangguan medis yang menimbulkan orang terus mencabut rambut mereka sendiri. Mereka seringkali merasa mempunyai dorongan secara konstan untuk mencabut rambut pada kulit kepala mereka. Beberapa orang yang menderita penyakit ini menyampaikan mereka merasa mempunyai dorongan untuk menarik rambut di beberapa potongan badan mereka. Seperti bulu mata, bulu hidung, alis dan rambut di kepala.

Banyak orang yang berasumsi bahwa rambut rontok tanda-tanda kanker otakApakah rambut rontok tanda-tanda kanker otak? Kanker otak yaitu suatu keadaan diamana terdapat tumor ganas pada otak yang sanggup menyebar ke organ badan yang lain akhir pertumbuhan sel yang tidak normal pada otak. Beberapa tanda-tanda yang sanggup ditimbulkan kanker otak, diantaranya sakit kepala, muntah tanpa alasan yang jelas, perubahan kepribadian, kejang, serta gangguan penglihatan, indera pendengaran atau keseimbangan.

Rambut rontok yang Anda alami tidak sanggup dikatakan sebagai tanda-tanda awal kanker otak. Makara konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk dilakukan investigasi sehingga diketahui penyebabnya sehingga sanggup diberikan penanganan yang tepat.

Terbukti Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Timbulkan Efek Samping

Demikianlah klarifikasi perihal kuliner serta penyakit yang menimbulkan rambut rontok. Jagalah kesehatan Anda dan konsultasikan kepada dokter untuk memastikannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.