Telinga Mendadak Sulit Mendengar Sebelah, Jangan Pernah Diremehkan!


Gambar investigasi telinga ImgCop.com
Tak peduli renta ataupun muda...

Telinga tiba-tiba menyerupai tuli sebelah tanpa Anda ketahui penyebabnya, jangan pernah di remehkan.

Meski pendengaran Anda bisa saja kembali utuh lagi, gangguan pendengaran ini termasuk kondisi darurat yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Ini alasan kengeriannya!

Hati-hati dengan telingan yang tiba-tiba sulit mendengar sebelah. Bisa jadi tuli permanen dan juga indikasi penyakit berbahaya.

Telinga dikatakan tuli tiba-tiba ketika pendengaran kehilangan sebagian kemampuannya untuk mendengar. Artinya, Anda hanya bisa mendengar volume bunyi yang tidak lebih dari 30 desibel (dB). Sebagai perbandingan, volume bunyi percakapan biasa berkisar antara 60 dB.

Kondisi ini biasanya memang terjadi pada satu pendengaran saja

Meski kebanyakan, pendengaran tuli tiba-tiba dialami oleh orang yang telah memasuki usia lebih dari 40 tahunan, namun tak menutup kemungkinan bagi Anda yang berusia muda.

Banyak orang yang mengetahui tanda-tanda ini ketika mereka bangkit pagi dan salah satu pendengaran mereka tak bisa mendengar apapun.

Atau sebagian lagi mengetahuinya ketika mereka sedang sibuk menjalani acara sehari-harinya dan lalu bunyi di sekitarnya meredam, menyerupai terdengar dari kejauhan.

Terkadang, ada beberapa tanda-tanda lain yang timbul dikala seseorang mengalami hal ini, adalah pendengaran terasa tertekan, kepala terasa ringan, dan pendengaran berdenging.

Penyebab pendengaran tuli sebelah secara tiba-tiba

Dilansir dari hellosehat.com, dalam dunia medis kondisi pendengaran tuli sebelah tiba-tiba disebut dengan kehilangan pendengaran sensorineural.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh aneka macam hal, yaitu:

  • Penyakit infeksi
  • Trauma atau cedera, sering kali pada belahan kepala
  • Penyakit autoimun, menyerupai sindrom Cogan
  • Gangguan sirkulasi darah
  • Mengonsumsi obat-obatan yang memengaruhi kemampuan pendengaran
  • Tumor yang tumbuh pada belahan otak yang mengatur kemampuan mendengar
  • Gangguan sistem saraf, menyerupai multiple sclerosis
  • Gangguan pada pendengaran dalam

Nah, ngeri bukan? Oleh lantaran itu jangan hingga di abaikan!!

Bagaimana mengobati pendengaran tuli sebelah?

Kebanyakan kasus, orang yang mengalami gangguan kesehatan ini apalagi yang tidak diketahui terang penyebabnya akan diberikan obat kortikosteroid.

Obat ini bekerjsama dipakai untuk mengatasi aneka macam gangguan yang mengakibatkan tanda-tanda peradangan dan pembengkakan.

Sementara pengobatan pemanis lain akan diadaptasi dengan kondisi masing-masing pasien, tak lupa dilihat juga dari penyebabnya lewat investigasi fisik menyeluruh.

Misalnya saja, jikalau pendengaran tuli tiba-tiba ini disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan meresepkan Anda antibiotik untuk menyembuhkan infeksi tersebut.

Sedangkan kalau Anda diketahui mengonsumsi suatu obat-obatan yang mengakibatkan pendengaran tuli tiba-tiba, maka dokter akan mengganti obat tersebut dengan jenis yang lain.

Pengobatan yang diberikan juga sanggup berupa pemasangan implan koklea biar pasien sanggup mendengar dengan lebih baik.

:

Apakah pendengaran tuli sebelah bisa kembali normal?

Pada kebanyakan masalah atau sekitar 32-79% kasus, sesudah berobat kemampuan pendengaran akan kembali pulih dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu.

Namun, bagi mereka yang mempunyai vertigo, mereka mempunyai peluang yang lebih kecil untuk mendapat kemampuan mendengar yang normal kembali.

Selain itu, usia juga memengaruhi peluang pasien untuk mendapat kemampuan mendengarnya kembali.

Oleh lantaran itu, jangan segan-segan memeriksakannya ketiaka mengalami problem tersebut.

Sebab, semakin cepat diobati dan semakin muda usia penderita, maka semakin besar peluangnya untuk bisa kembali mendengar dengan normal.

Demikian, semoga bermanfaat!
Related Posts