Terkait Wilayah Jakarta Yang Erat Dengan Sumber Gempa, Ini Pesan Bmkg!


Gambar ilustrasi dilansir dari grid.id

Indonesia rawan gempa!

Setelah Donggala dan Palu, Kamis dinihari gempa dengan magnitudo 6,4 mengguncang Situbondo, Jawa Timur.

Terkait wilayah Jakarta yang bersahabat dengan sumber Gempa, BMKG meminta masyarakat tetap tenang.

Begini pesan lengkap BMKG!

Setelah Donggala dan Palu, gempa sekarang mengguncang Situbondo, Jawa Timur, pada Kamis dinihari tadi dengan magnitudo 6,4.

Setidaknya peristiwa tersebut telah merenggut 3 nyawa warga di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengingatkan gempa bumi juga dapat menyasar wilayah Jakarta. Namun begitu, masyarakat diminta tetap tenang.

Memang Jakarta bersahabat sumber gempa, tapi potensi terjadi kapannya belum tahu. Masyarakat tidak perlu cemas,” terang Rahmat di kantor BMKG, menyerupai dilansir dari liputan6.com, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, BMKG sudah menyiapkan langkah mitigasi bencana. Masyarakat juga harus diberikan bekal ihwal pemahaman terhadap peristiwa alam.

Betapa pun BMKG bekerja 24 jam sehari, tetapi Pemerintah Daerah libur Sabtu dan Minggu, informasi alhasil kan tidak hingga ke masyarakat. Jadi, Pemerintah Daerah harus perkuat BPBD untuk selalu siap semoga dapat penyelamatan masyarakat yang terdampak,” ia melanjutkan.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa infrastruktur yang kondusif gempa juga harus dipersiapkan.

"Karena yang ancaman ketika gempa bumi yaitu bangunan yang jatuh, jadi masyarakat tidak perlu panik fokus kapan terjadi gempa di Jakarta alasannya yaitu kapan terjadinya kita tidak tahu,” ia mengakhiri.

Sementara itu, Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly meminta masyarakat semoga tidak percaya dengan ramalan-ramalan soal gempa. 

Terlebih, banyak beredar informasi tidak benar alias hoaks terkait gempa yang akhir-akhir ini mengguncang sejumlah wilayah di Tanah Air. Salah satunya soal ramalan gempa.

"Kita kembali mengingatkan masyarakat semoga tidak percaya ramalan gempa," kata Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly dalam konferensi pers mengenai gempa Situbondo, di kantor BMKG, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

:

Menurut dia, Indonesia unik. Kompleksnya seismik kerak bumi mengakibatkan Tanah Air memang rawan gempa. Namun, masyarakat tidak perlu cemas.

"Tapi potensi terjadi kapannya belum tahu. Masyarakat tidak perlu cemas. Kita menyiapkan langkah mitigasi tetap. Bagaimana kita mempunyai kepahaman dan menyiapkan infrastruktur yang kondusif gempa. Karena yang ancaman ketika gempa yaitu bangunan yang jatuh," tutur Muhamad Sadly.

Seperti yang diungkapkan Rahmat Triyono, Muhamad Sadly juga menghimbau masyarakat semoga tidak perlu panik. Karena gempa di Jakarta tidak ada yang tahu kapan terjadi.