Waspada Bencana, Ini Wilayah Yang Terdampak Cuaca Ekstrim 5 Hari Kedepan Berdasarkan Bmkg


Gambar dilansir dari twitter BMKG

Waspada terhadap bencana...

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  memperkirakan cuaca ekstrim akan melanda beberapa wilayah sampai lima hari ke depan.

Berikut klarifikasi lengkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo...

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga biar meragukan tragedi jawaban cuaca ekstrim 5 hari kedepan.

BMKG memantau dan menganalisis curah hujan yang memperlihatkan bahwa sebagian wilayah Jawa telah diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir yang mengakibatkan efek tragedi hidrometeorologi ibarat genangan, banjir, dan longsor.

Dilansir dari website resmi bmkg.go.id dan akun twitter @infoBMKG, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan bahwa adanya sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang cukup persisten sampai 3 hari ke depan.

Akibat dari itu maka akan terbentuk kawasan pertemuan angin di sepanjang Jawa, Bali, sampai Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari kondisi tersebut memperlihatkan efek pada peningkatan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.

"Selain itu, adanya anutan massa udara lembap yang masuk dari Samudera Hindia turut mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera cuilan Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Tenggara serta Maluku. Kondisi ini sanggup mengakibatkan terjadinya potensi hujan lebat yang sanggup disertai kilat/petir."

"Serta angin ribut khususnya di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam 5 (lima) hari ke depan (26 - 30 November 2018)," ungkap Prabowo.

Lebih lanjut, Prabowo mengimbau kepada masyarakat biar tetap waspada dan berhati-hati terhadap efek lanjutan.


Bencana yang sanggup ditimbulkan kondisi cuaca tersebut ibarat banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh isu cuaca terkini sanggup menghubungi layanan isu BMKG 24 jam, melalui:

Call center 021-6546315/18;

http://www.bmkg.go.id;

Atau sanggup eksklusif menghubungi kantor BMKG terdekat.
Related Posts