7 Tips Berguru Ngaji Supaya Cepat Bisa


belajar ngaji via youtube.com

Untuk para orang bakir balig cukup akal yang belum bisa membaca Al-Quran. Jangan risau! Ikuti Tips ampuh berguru ngaji untuk orang bakir balig cukup akal berikut ini!

Apakah ANDA sudah dewasa/tua tetapi tidak bisa membaca Al Quran? Lalu bagaimana solusinya semoga kita bisa berguru mengaji dan agama islam di usia dewasa? Apakah anda belum bisa membaca Al Qur'an & ingin berguru membaca Al Qur'an.

Sebagian orang menyesal alasannya ialah sudah berumur, bakir balig cukup akal namun belum bisa membaca alquran. Berikut ini, tahapan penting Cara berguru mengaji alquran atau membaca alquran untuk dewasa. Salah satunya ,Kita sanggup mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca alquran secara privat.

Seiring bertambahnya usia, kita kadang mencicipi perlu mempelajari ilmu agama lebih dalam. Terlebih lagi seandainya kita belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar. Padahal dikala usia kita bertambah, artinya umur semakin berkurang, dan tentunya yang sudah niscaya akan kita hadapi ialah akhirat.

Tetapi yang jadi kendala, sangat minim sekali madrasah dan TPA yang dirancang untuk orang dewasa, sehingga niat kita untuk berguru dan mendalami Agama Islam kadang menjadi kandas lagi.

Lalu bagaimana solusinya semoga kita bisa belajar ngaji dan agama islam di usia dewasa?

: Sejarah Mushaf Al Alquran dari Masa Nabi Hingga Masa Abu Bakar dan Usman

Tips Belajar Ngaji Untuk Orang Dewasa

Ikuti tips belajar ngaji berikut ini semoga cepat bisa membaca alQuran.

1. Meluangkan Waktu Untuk Belajar Ngaji

Tidak ada kata terlambat untuk belajar ngaji, Jangan waktu yang ada, Siapkan dan alokasikan waktu terbaik kita untuk belajar ngaji. Kesungguha dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar ngaji menjadi salah satu kunci semoga kita bisa baca alquran dengan cepat.

Kebanyakan orang hanya menawarkan waktu sisa dalam belajar ngaji ini, kalau demikian mengakibatkan kita tidak akan pernah bisa belajar ngaji. Kaprikornus …Jangan hingga kita hanya menawarkan waktu sisa dalam mempelajari kitab suci ini. Segera luangkan waktu dan susun agenda acara kita.

2. Carilah Guru Mengaji

Setelah mempunyai waktu berguru selanjutnya ialah mempunyai guru yang sanggup membantu menguasai cara membaca Al-Qur’an. Karena untuk sanggup membaca alquran memerlukan proses. Kita sanggup mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca alquran secara privat.

Jika kita ingin belajar ngaji secara belajar sendiri atau berdikari gotong royong sangat memungkinkan, alasannya ialah kini ini sudah banyak panduan membaca alquran misal dari vidio belajar ngaji ataupun dari youtube.

Permasalahan utama belajar ngaji  otodidak ialah tidak ada yang mengkoreksi kalau bacaan kita salah. Kaprikornus segera berkomunikasi dengan calon yang akan mengajarkan belajar ngaji untuk anda.

3. Mampu Membaca Huruf Hijaiyah

Bahasa alquran ialah berbahasa Arab, yang karakter nya dikenal dengan huruf hiaiyah. Tentunya kita harus bisa membaca karakter hijaiyyah yang berjumlah 28 karakter karena ini ialah suatu hal yang mendasar.

Sama ibarat kalau kita hendak belajar membaca bahasa indonesia. Alangkah baik nya pada tahap ini kita mempunyai buku iqro alquran.

Jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 karakter hijaiyyah dengan benar, maka ini bisa modal utama kita untuk bisa membaca Al-Qur’an, alasannya ialah isi Al-Qur’an ialah bacaan yang tersusun dari 28 karakter hijaiyyah. Baca artikel perihal cara membaca karakter hijaiyah di sini.

Dengan mengetahui karakter dan cara membaca hijaiyah akan memudahkan kita dalam berguru di tahap tahap berikutnya

4. Memahami Tanda Baca Dalam AlQuran

Setelah kita tahu dan paham serta bisa membaca huruf hijaiyyah dengan benar, maka langkah berikutnya ialah mempelajari tanda baca, yaitu fathah, kasrah, sukun, tanwin, dan dhommah.

Sama ibarat berguru berbahasa indonesia, tanda baca yang disebutkan tadi ibarat dengan karakter vokal yang ada pada bahasa indonesia.

5. Memahami Dasar Dasar Tajwid

Untuk pemula memahami tajwid kadang menjadi hambatan terberat dalam belajar ngaji, Akan tetapi bukan berarti tidak sanggup dipelajari. Baca artikel perihal dasar-dasar tajwid di sini.

Di dalam tata cara membaca Al-Quran ada banyak tanda tanda baca, ada karakter yang dibaca panjang, mendengung, tebal dan dibaca tipis atau dalam istilah tajwid ibarat Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dan sebagainya.

Tanda-tanda baca alquran ini akan sering kita temukan di dalam Al-Qur’an, untuk memudahkannya aku menyarankan untuk mempunyai alquran tajwid, alasannya ialah tanda tada baca yag ada dibedakan dengan warna warna yang berbeda juga.Alquran ini sangat cocok untuk belajar ngaji pemula.

: MasyaAllah, Ini Beberapa Murottal Al Alquran Paling Merdu yang Bikin Hati Tenang

6. Memahami Teknik Membaca AlQuran 

Selanjutnya, dalam belajar ngaji ini tentunya dibutuhkan untuk mengetahui dan menguasai teknik membacanya Al-Qur’an, ibarat Idgham, Qalqolah, dan lainnya. Idgham ialah teknik membaca dengung, ibarat halnya kalau ada karakter hijaiyyah “nun” mati bertemu dengan “Mim”. Pada tahap ini sangat dibutuhkan guru pembimbing, atau kita bisa lihat bagaimana ustad-ustad mengajarkan di youtbe.

7. Praktekkan! 

Tips terakhir ialah praktekan kini juga. Buatlah jadwal harian membaca alquran. Misal sebelum sholat shubuh atau sehabis sholat magrib. Karena sesungguhnya seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih kalau tidak pernah mempraktikkannya.

Bacalah Alquran secara rutin, sebelum masuk waktu subuh, sehabis subuh atau sehabis maghrib. Biasanya waktu-waktu ini sangat manis untuk membaca dan mentadabburi Al-Qur’an juga tentunya belajar ngaji.

Bersabarlah dalam mempelajari Al-Qur’an, baca juga buku buku yang sanggup memotivasi kita dalam belajar ngaji. Semoga Allah menawarkan kita kekuatan untuk bersabar dalam belajar ngaji ini.
Related Posts