Apa Itu Curriculum Vitae? Berikut Klarifikasi Lengkap Dengan Cara Membuatnya


Cv via behance.net

Apa itu curriculum vitae? Bagaimana cara menciptakan curriculum vitae yang menarik? Apa curriculum vitae dan surat riwayat hidup itu sama?

Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup ialah dokumen yang menunjukkan citra mengenai pengalaman sesorang, bergotong-royong surat riwayat hidup dan curriculum vitae sama saja. Memiliki sama fungsi , yakni memberikan kepada perusahaan seputar riwayat hidup kita.

CV alias Curriculum Vitae ialah salah satu dokumen terpenting yang harus kau siapkan sebelum melamar kerja, magang, atau bahkan melamar beasiswa. Curriculum Vitae (CV) atau Resume atau Daftar Riwayat Hidup ialah citra diri Anda yang sesungguhnya. Memiliki CV yang efektif dan menarik, dibawah ini ialah penjelasan mengenai curriculum vitae beserta perbedaaannya dengan surat riwayat hidup dan cara membuatnya.

Curriculum Vitae

Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup ialah dokumen yang menunjukkan citra mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial wacana pencari kerja dan sering dipakai untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) dikala mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

Perbedaan Curriculum Vitae dengan Surat Riwayat Hidup

1. Surat Riwayat Hidup

Merupakan surat yang menceritakan isu singkat sepitar diri kita, Anda sanggup mendapatkannya dengan membeli ditempat fotokopi ata Anda juga sanggup mambuatnya di microsoft word, surat riwayat hidup juga biasanya selalu berpasangan dengan surat lamaran pekerjaan.

2.  Curriculum Viatae

Curriculum Vitae (CV) tidak perlu berpasangan dengan surat lamaran kerjaan juga tidak apa-apa, sebab CV seudah mewakilikan. Zaman kini para sarjanah lebih sering memakai CV dari pada cara lama.

Sedangkan zaman kini orang sudah melaksanakan modernisasi yaitu hanya dengan menyisipkan CV saja.


Curriculum via apriliagis.blogspot.com

Cara Membuat Curriculum Vitae yang Menarik

1 Lakukan Job Research

Sebelum Anda membuat Curriculum Vitae, langkah pertama tentu saja Anda harus mencari isu secara mendetail wacana perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar.

Ingat curriculum vitae yang menarik ialah curriculum vitae yang RELEVAN.

Tentu saja jenis pekerjaan itu ialah yang sesuai dengan bidang yang Anda minati. Anda sanggup mencari via online atau menanyakan isu kepada teman-teman dan kenalan Anda.

Catatlah segala isu berkenaan dengan segala persyaratan pelamar ibarat kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia dan tak jarang perusahaan yang mencari pekerja yang sudah mempunyai pengalaman bekerja selama rentang waktu yang dikhususkan.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu segala isu mengenai visi, misi dan nilai-nilai serta etos kerja yang diimplementasikan dalam perusahaan tersebut. Melalui banyak sekali isu tersebut, Anda sanggup menyaring, perusahaan mana yang akan Anda tuju untuk dikirimkan surat lamaran berikut dengan CV Anda.

2 Ketahui Isi CV secara Umum

Mungkin kepingan ini sebagian besar orang sudah mengetahuinya, namun bagi para fresh graduate, isu ini akan sangat menolong sebab sanggup memberi citra besar akan riwayat hidup Anda yang akan Anda cantumkan di dalamnya.

Hati-hati dalam menyusun biar berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV Anda terutama pihak HRD yang akan menilai kualitas Anda pertama kali melalui CV tersebut.

Pada umumnya, konten yang ada dalam sebuah CV antara lain sebagai berikut:
  • Identitas Diri – nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email.
  • Pendidikan – pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
  • Personalitas – citra singkat abjad diri Anda.
  • Keterampilan – keterampilan yang Anda miliki.
  • Proyek dan Pengalaman Kerja – hal yang sudah Anda selesaikan pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah Anda dapatkan.
  • Training/Pelatihan Terbaru – pembinaan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir.
  • Informasi Lain wacana Diri Anda – hobi, referensi atau hal lain wacana diri Anda yang berafiliasi dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3 Mulai Membuat CV

Cara menciptakan curriculum vitae yang menarik ialah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang gampang dibaca, minimalis dan layout yang rapi.

Berbagai rujukan desain atau format CV sanggup Anda cari dalam kolom pencarian dengan kata kunci “CV Design”. Anda disarankan untuk menentukan desain yang sederhana dengan kombinasi warna yang pantas dan gunakan simbol-simbol yang sanggup dipahami oleh pembaca.

Ketika desain sudah dirasa oke, hal pertama yang perlu Anda tuliskan di dalamnya, sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas adalah
  1. Cantumkan Identitas Diri. Tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon dan alamat email serta jangan lupa untuk menyertakan pasfoto terbaru Anda.
  2. Tulis jenjang pendidikan.
  3. Paparkan secara singkat, padat dan terperinci mengenai abjad Anda dan nilai-nilai kehidupan yang Anda junjung.
  4. Deskripsikan keterampilan serta skill yang Anda miliki terutama yang menunjang pekerjaan yang menjadi target Anda.
  5. Apabila Anda bekerja sebelumya, tuliskan pengalaman kerja Anda dan pencapaian serta penghargaan yang pernah Anda raih apabila ada. Hal ini akan menunjukkan nilai tambah pada diri Anda dan perhatian khusus bagi pihak pembaca.
  6. Cantumkan juga banyak sekali pembinaan yang pernah Anda ikuti yang menambah skill.
  7. Cantumkan isu wacana diri Anda yang relevan dengan pekerjaan Anda dan juga referensi dari beberapa orang penting di perusahaan, daerah Anda bekerja sebelumnya.

4 Baca Ulang dan Perbaiki Kesalahan dalam CV

Langkah selanjutnya ialah Anda perlu membaca ulang CV yang telah Anda buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalkan kesalahan dan memastikan bahwa CV Anda sudah tersusun dengan rapi.

Tentunya sangat disayangkan kalau Anda sudah susah-susah cari cara menciptakan curriculum vitae yang menarik. Ternyata kesalahannya ialah typo (baca: salah ketik)?

Cek kembali  tata bahasa dan ejaan yang salah dan memakai kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan memakai kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku. Gunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online atau mencari kata-kata baku dari artikel-artikel di website internet.

5 Analisis CV Anda

Dalam menganalisis CV yang telah Anda buat, Anda sanggup berperan seakan-akan menjadi seorang HRD yang akan membaca CV tersebut.

Agar lebih objektif dalam penilaiannya, Anda harus mengesampingkan diri Anda dan benar-benar memerankan diri sebagai kepingan HRD yang sedang melaksanakan rekrutmen terhadap pelamar.

Langkah berikutnya, Anda sanggup meminta sumbangan sobat atau sahabat Anda untuk menilai CV yang telah Anda buat. Buat perbandingan evaluasi antara evaluasi yang telah Anda buat dan evaluasi yang sobat Anda buat.

Setelah itu, Anda sanggup memutuskan untuk memperbaiki beberapa kesalahan yang ditemukan.

Selamat, Anda telah mengetahui diam-diam 5 Cara Membuat Curriculum Vitae yang Menarik beserta Penjelasan dan Perbedaannya dengan Surat Riwayat Hidup. Kami yakin, masih ada kakak, adik atau saudara Anda yang masih kesulitan menciptakan cv yang menarik.
Related Posts