Benjolan Di Belakang Telinga, Jangan Disepelekan Sebelum Anda Kenali Penyebab Dan Akibatnya


Sumber gambar akupunyeke98

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Jika tanda-tanda saja sudah diabaikan jangan harap anda sanggup terhindar dari penyakit berbahaya, maka dari itu perlu mengenal dan memahami kondisi menyerupai ini.

Di belakang alat pendengaran umumnya timbul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin sanggup tipe-macam dari kasus yang ringan hingga yang memerlukan sumbangan medis.


Berikut yaitu beberapa kondisi kesehatan yang menimbulkan benjolan di belakang pendengaran sanggup terjadi.

Infeksi

Ada banyak basil dan virus yang sanggup menimbulkan infeksi pembengkakan di dalam dan di sekitar leher serta wajah.

Dua infeksi tersebut yaitu radang tenggorokan dan mononukleosis infeksiosa yang biasanya disebabkan oleh HIV/AIDS, campak, dan cacar air.

Abses


Sumber gambar sindo-news.blogspot.com

Abses terjadi saat badan melawan basil atau virus penyebab infeksi di sel atau jaringan tubuh. Untuk memerangi virus atau bakteri, badan kita mengirim sel darah putih ke daerah yang terinfeksi, contohnya di belakang telinga.

Abses yang kecil kemungkinan sanggup mengecil, mengering, dan hilang secara alami tanpa pengobatan apa pun. Namun, infeksi yang lebih besar perlu diobati dengan antibiotik. Nanahnya pun perlu dikeringkan dengan sumbangan dokter.

Mastoiditis

Kalau infeksi pendengaran yang Anda derita tidak diobati, basil dari tengah pendengaran sanggup menyebar ke tulang mastoid yang berada di belakang pendengaran dan menimbulkan mastoiditis. Akibatnya akan timbul benjolan di belakang pendengaran yang disertai nanah, demam, radang, dan keluarnya cairan dari dalam telinga.

Mastoiditis sanggup diobati dengan antibiotik oral, obat tetes telinga, dan pencucian pendengaran rutin oleh dokter. Jika pengobatan tersebut tidak berhasil, operasi mungkin diharapkan untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

:

  1. Sedih Melihat Pengasuh Anak Ini Hanya Memperhatikan Majikannya Makan
  2. Sebelum Ditemukan Alat Pemindai Tulang X-Ray, Al Alquran Sudah Menjelaskan Tentang Osteoporosis

Penyebab serius benjolan di belakang pendengaran kiri

Sebagian benjolan di pendengaran menonjolkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling menakutkan yakni kanker. 

Umpamanya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, susah menelan, dan bunyi serak. 

Terkadang kanker kelenjar ludah juga sanggup menjadikan munculnya benjolan di belakang kuping. 

Keadaan ini disebut dengan kanker leher metastatik skuamosa.

Sebab lain

Selain infeksi, beberapa penyebab lain juga sanggup menimbulkan benjolan di belakang telinga, diantaranya:
  • Lipoma, benjolan lemak yang tumbuh di antara lapisan kulit. Bisa tumbuh di mana saja, termasuk di belakang pendengaran dan hampir selalu tidak berbahaya.
  • Jerawat.
  • Kista sebasea, benjolan bukan kanker yang muncul di sekitar kelenjar sebase.
Kebanyakan benjolan di belakang pendengaran memang cenderung tidak berbahaya, namun akan lebih kondusif jikalau Anda segera mendatangi dokter apabila hal tersebut terjadi.
Related Posts