Keajaiban Sedekah Di Hari Jum'at, Mendekatkan Jodoh Sampai Cepat Melunasi Hutang

keajaiban sedekah via ajaibdananeh.blogspot.com

Artikel ini cocok bagi Anda yang masih mewaspadai keajaiban sedekah.

Bukan hanya sebuah pandangan atau anggapan, namun fakta keajaiban sedekah benar-benar ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Lantas, bagaimana keajaiban sedekah berdasarkan Islam?

Segala macam bentuk ibadah tentunya akan berbuah pahala bagi siapa saja yang menjalankannya. Di antara sekian banyak bentuk ibadah, sedekah merupakan salah satu bentuk amalan yang selain mendatangkan pahala juga sangat membantu bagi sesama manusia. 

Sungguh aneh kalau kita menelisik aneka macam ayat atau hadits mengenai sedekah. Tak ada ayat dan hadits yang menyatakan untuk bersedekah di kala rezeki lapang saja. Justru kita dianjurkan menginfakkan sedekah baik di kala gampang maupun susah. 

Bagaimana kita bisa bersedekah kalau kebutuhan diri sendiri saja tidak cukup? Apa maksudnya kita diminta bersedekah padahal kondisi sendiri masih susah? Nah, ternyata disinilah letak keajaiban Allah sedekah. 

ilustrasi keajaiban sedekah via addysumoharjo.com

Adakah contoh keajaiban sedekah? Dikutip dari boombastis.com wacana "Kisah Sedekah Berbalas Seribu Kali".

Suatu ketika ada seorang laki-laki paruh baya yang ingin menghadiri sebuah pengajian. Namun langkahnya terhenti gara-gara vespanya mogok tiba-tiba. Uang dikantung tinggal Rp 5000. Sayangnya, pom bensin jalannya berlawanan dengan kawasan pengajian. Kemudian karena takut telat, laki-laki ini pun mendorong vespanya ke kawasan pengajian dan akan mengisi bensin nanti.

Siapa yang menyangka kalau pengajian dikala itu membahas sedekah. Di simpulan tausiah, sang ustad menghimbau jamaah untuk melaksanakan sedekah dalam rangka membantu masjid. Sang laki-laki pun bingung, hanya Rp 5000 yang dimilikinya. Bahkan nanti mau dibelikan bensin. Setelah berdebat dengan diri sendiri, laki-laki ini pun menyedekahkan uang satu-satunya itu.

Benar saja, ia harus mendorong vespanya yang berat itu. Sempat muncul sedikit sesal hingga kesudahannya sebuah kendaraan beroda empat menghampirinya. Ternyata rekan satu jamaah si laki-laki tersebut. Lalu sehabis ngobrol singkat, teman si laki-laki ini membelikan seliter bensin seharga Rp 10 ribu. Tak cuma itu, ketika hendak pulang teman si laki-laki ini memperlihatkan sebuah amplop yang belakangan diketahui isinya lima juta utuh.

Keajaiban Sedekah Subuh

ilustrasi sedekah subuh via bebashutang.org

Keajaiban sedekah subuh memang tidak bisa dielakkan. Sebab pada setiap pagi Allah SWT mengutus 2 orang malaikatnya untuk turun ke bumi. Dua orang malaikat tersebut membawa misi khusus dari Allah yakni mendoakan para hamba Allah supaya melimpah rejekinya maupun sebaliknya.

Doa dari kedua malaikat tersebut termaktub dalam sebuah hadits Rosululloh SAW: Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi SAW bersabda: “Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, kemudian salah satu berkata, ‘Ya Allah…berikan pahala kepada orang yang selalu menginfakkan hartanya, kemudian malaikat yang satu berkata…Ya Allah binasakanlah orang yang bakhil…”(HR. Muttafaq Alaih)

Imam Muslim berdasarkan syarahnya mengemukakan bahwa berzakat yang dimaksud di sini ialah memperlihatkan hartanya atau melaksanakan sedekah subuh alasannya ketaatan kepada Allah semata, bukan sebaliknya. Sedang orang yang mendapatkan bisa dari kerabat, keluarga serta tetangga yang memerlukan.

Benarkah keajaiban sedekah hutang lunasSedekah subuh itu cakupannya sangat luas yakni meliputi: ilmu pengetahuan, gagasan dan materi. Sebagian dari ulama yang terdahulu ada yang sanggup menyatukan ketiganya. Dermawan, kaya raya, menyebarkan ilmu pengetahuan dan mengajar. Para ulama tidak hanya menginfakkan hartanya untuk fakir miskin, namun juga memperlihatkan penyuluhan agama dan mengentaskan kemiskinan.

Tidak heran bila kemudian para ulama senantiasa senang dan merasa hening selama hidupnya. Sebab mereka sangat gemar membahagiakan orang lain. Pernyataan ini sebagaimana yang disampaikan Baginda SAW yang artinya: “Allah SWT senantiasa bersama hamba-Nya, selagi hamba itu selalu membantu sesamanya”.

Mengaplikasikan keutamaan sedekah subuh ialah budaya para ulama serta pengusaha muslim ketika pagi hari. Tidak hanya dengan menyebarkan namun juga mengawali aktifitasnya dengan sholat dhuha yang hanya alasannya Allah semata, bukan ingin memperoleh balasan. Inilah yang disebut tulus alasannya Allah.

Keajaiban Sedekah ke Orang Tua

ilustrasi sedekah ke orang renta via hipwee.com

Sedekah sanggup dilakukan kapan saja, dalam bentuk harta maupun non harta serta diberikan kepada siapa saja. Namun, kita dianjurkan untuk memperlihatkan sedekah kita kepada orang-orang terdekat. Salah satunya ialah kepada keluarga kita.

Seperti diriwayatkan dalam Hadis Ahmad dan Muslim, Rasulullah bersabda, "Jika salah seorang di antaramu miskin, hendaknya dimulai dengan dirinya. Dan kalau dalam itu ada kelebihan, barulah diberikan untuk keluarganya. Lalu apabila ada kelebihan lagi, maka untuk kerabatnya," atau sabdanya, "Untuk yang ada hubungan kekeluargaan dengannya. Kemudian apabila masih ada kelebihan, barulah untuk ini dan itu."

Dalam keluarga, alangkah lebih baik baiknya kita bisa bersedekah untuk kedua orang tua. Sesuai firman Allah dalam Surat An-Nisa Ayat 36, 

 وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

"Sembahlah Allah dan janganlah kau mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat oke kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak yatim, orang miskin, tetangga yang akrab dan tetangga yang jauh, teman sejawat dan ibnu sabil."

Sedekah kepada orangtua bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian harta, membantu meringankan beban dan pekerjaan rumah, merawat kedua orangtua yang sakit serta mendoakan kedua orang tua.

Perintah berbuat baik kepada orangtua juga tertulis dalam Surat Al-Luqman Ayat 14, 

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

"Dan kami perintahkan kepada insan (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada Ku lah kawasan kembali."

Keajaiban Sedekah Hari Jumat

ilustrasi sedekah hari jumat via tandapagar.com

Jumat merupakan hari penuh barokah, dan di hari ini Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memperbanyak amal sholeh. Amalan-amalan di hari Jumat pun dijanjikan ganjaran pahala yang berlipat ganda. Dari sekian banyak amalan, salah satunya yang banyak dianjurkan ialah sedekah. Karena, sedekah di hari Jumat akan mendatangkan berkah yang mempunyai beberapa keutamaan. Apa saja keajaiban sedekah hari Jumat?

"Sedekah di hari Jumat lebih baik daripada hari lain" Benarkah anggapan ini? 

Dikatakan bahwa sedekah di hari Jumat lebih utama daripada hari-hari lain. Hal ini sesuai dengan keterangan dari Ibnul Qoyim dalam kitabnya Zadul Ma’ad. Dalam kitabnya, ulama besar itu menyatakan bahwa sedekah di hari Jumat mempunyai keistimewaan khusus dibandingkan hari lain. Bilamana sedekah di hari Jumat dibandingkan dengan hari lain, maka ibarat perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di bulan selainnya.

Keajaiban sedekah hari Jumat ialah berlipatnya pahala yang didapatkan. Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain”.

Dan tahukan kalian kalau keajaiban sedekah menyembuhkan penyakit, ada orang bilang bersedekah bisa melahirkan rasa ketenangan pada orang sakit yang melaksanakan sedekah sehingga bisa menghipnotis sel sel sarafnya untuk bermetamorfosis sehat dikala sakit hingga kesudahannya si pasien sembuh dari sakit yang di deritanya. 

Adapun hadits yang menyampaikan wacana sedekah untuk orang sakit,

Obatilah orang orang sakit di antara kalian dengan bersedekah (Syaikh Al – Albani di dalam Shahih Al-Jami’)

Demikian klarifikasi wacana keajaiban sedekah yang kami kutip dari beberapa sumber. Semoga klarifikasi di atas sanggup dipahami dan menambah wawasan bagi Anda. Mohon maaf kalau ada kekurangan ataupun kesalahan.
Related Posts