Menguak Fakta Mengenai Harta Karun, Barang Peninggalan Zaman Kuno


harta karun via news.okezone.com

Mirip menyerupai tragedi yang terjadi di Palu. Orang-orang menyebut peninggalan berharga yang tersembunyi sebagai harta karun.

Ternyata sebutan ini diambil dari Al Qur'an yaitu Qorun, orang kaya sombong yang ditenggelamkan Allah bersama rumah dan segala harta bendanya.

Luasnya lautan di planet bumi, tentu apa yang ada di dalamnya menjadi misteri tersendiri. Mulai dari bangkai kapal, binatang bahari dalam hingga cerita-cerita horor bermunculan dari dasar laut. Namun demikian, bangkai kapal karamlah yang kerap ditemui para penjelajah.

Sebut saja Titanic, salah satu kapal paling populer yang tenggelam alasannya yakni menabrak gunung es. Bahkan, karamnya kapal ini hingga dibentuk film dan masih menjadi favorit banyak orang alasannya yakni dibumbui kisah cinta yang menarik. Kapal-kapal tenggelam ini ternyata ada pula yang menyimpan harta karun bernilai tinggi, tak heran banyak orang yang memburunya.

Dari sekian banyak inovasi harta karun di kapal karam, tentu ingin tau dong mana yang paling berharga. Yuk simak bersama sama tentnag harta karun berikut ini.

Kenapa disebut harta karun ?

Ternyata penamaan "harta karun" ada dalam al Alquran QS Al-Qashash ayat 76 hingga 83. Pada zaman nabi Musa AS menjadi pemimpin Bani israil, ada insan berjulukan Qorun. Qorun sangat taat dalam beribadah, hingga melupakan duniawi. Keluarga Qorun pun serba kekurangan. Suatu hari tiba 2 perjaka utusan raja Gholan ke rumah Qorun. Mereka membawa banyak emas untuk diserahkan pasa Qorun. Ternyata raja memberi Qorun memberi banyak emas alasannya yakni Qorun merupakan ulama yang populer namanya.

Namun, ternyata Qorun menolah derma tersebut alasannya yakni ia menganggap tidak berhak apapun alasannya yakni ia tulus menjalani hidupnya alasannya yakni Allah SWT. Lalu perjaka tersebut tiba lagi menemui istri qorun, dan memperlihatkan emas kepasa istrinya. Setelah itu, hidup Qorun dan istrinya bergelimang harta. Setelah ia kaya ia melupakan ibadahnya dan tidak menzakatkan hartanya. Akhirnya Qorun pun mendapat adzab oleh Allah dengan terkubur di dalam bumi.

Itulah asal permintaan kenapa disebut harta karun. Selanjutnya kita akan menyimak harta karun dalam ayat di al quran.

Harta karun dalam quran

harta karun dalam al quran via hipwee.com

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa ayat wacana harta karun terdapat dalam surat Al-Qashash berikut ini :

Berikut kisah Qarun yang diceritakan di dalam Alquran :

(QS. Al Qashash : 76)
Artinya: Sesungguhnya Karun yakni termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: “Janganlah kau terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri.”

(QS. Al Qashash : 77)
Artinya: Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kau melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat sepakat (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kau berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

(QS. Al Qashash : 78)
Artinya: Karun berkata: “Sesungguhnya saya hanya diberi harta itu, alasannya yakni ilmu yang ada padaku.” Dan apakah ia tidak mengetahui, bersama-sama Allah sungguh telah membinasakan umat-umat sebelumnya yang lebih berpengaruh daripadanya, dan lebih banyak mengumpulkan harta? Dan tidaklah perlu ditanya kepada orang-orang yang berdosa itu, wacana dosa-dosa mereka.

(QS. Al Qashash : 79)
Artinya: Maka keluarlah Karun kepada kaumnya dalam kemegahannya[1139]. Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia: “Moga-moga kiranya kita mempunyai menyerupai apa yang telah diberikan kepada Karun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.”

Keterangan angka :

[1139]. Menurut mufassir: Karun ke luar dalam satu iring-iringan yang lengkap dengan pengawal, hamba sahaya dan inang pengasuh untuk memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya.

(QS. Al Qashash : 80)
Artinya: Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu: “Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah yakni lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan bersedekah saleh, dan tidak diperoleh pahala itu, kecuali oleh orang- orang yang sabar.”

(QS. Al Qashash : 81)
Artinya: Maka Kami benamkanlah Karun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. Dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).

(QS. Al Qashash : 82)
Artinya: Dan jadilah orang-orang yang kemarin mencita-citakan kedudukan Karun itu, berkata: “Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambanya dan menyempitkannya; bila Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang- orang yang mengingkari (nikmat Allah).”

Dari ayat-ayat di atas, kita sanggup memperoleh citra wacana Qarun. Meskipun Qarun punya kekerabatan kekerabatan yang cukup akrab dengan Nabi Musa as, namun, beliau tidak termasuk orang-orang yang beriman.

Harta karun mistik berdasarkan islam

Naudzubillah, sungguh diharamkan umat muslim untuk mencari harta dengan cara ghaib. Hal itu berarti ia telah mensekutukan Allah swt. Dari perbuatan tersebut ia akan mendapat jawaban atas apa yang telah ia perbuat.

Apakah harta karun itu ada ?

real harta karun via intisari.grid.id

Benarkah ada harta karun di indonesia ? Simak berikut ini.

Nusantara tak hanya punya sejarah panjang. Di dalam bumi dan lautnya juga terkandung harta karun berlimpah: kekayaan alam maupun tinggalan peradaban masa berupa emas, perhiasan, artefak, koin, dan benda berharga lainnya.

Potensi Indonesia sebagai lokasi pundi-pundi tersembunyi mengundang sejumlah pemburu harta untuk tiba dan mencari peruntungan. Mereka menyibak lautan dan menyisir daratan untuk mencarinya.

Berikut 4 inovasi harta karun di Indonesia yang menjadi perhatian dunia:

1. Harta Karun yang Tersibak Tsunami Aceh
Penemunya ibu Fatimah ketika mencari tiram, ia melihat benda kotak di kubangan lumpur. Kotak tersbeut ditutupi koral dan tiram. Ketika memukul permukaannya, kotak tersebut terbuka. Isinya koin koin emas, bertuliskan huruf arab.

2. Harta Karun Kerabat Nabi?
Tumpukan harta karun terbaring di dasar bahari Indonesia selama lebih dari 1.000 tahun. Sebanyak 270 ribu objek termasuk kristal, permata, keramik, porselen Tiongkok, mutiara, dan emas ditemukan para penyelam di sebuah bangkai kapal dari Abad ke-10 yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Keberadaan kapal di kedalaman 56 meter itu awalnya dilaporkan para nelayan yang menjala ikan di sekitarnya. Ekskavasi dilakukan antara April 2004 dan Oktober 2005.

Tim penyelam harus melaksanakan 22 ribu perjalanan dari kapal barang tersebut untuk mengambil muatannya.

Para penyelam ini yakni bab dari anggota tim hasil kerja sama antara dua perusahaan, yakni Cosmix Underwater Research Ltd dengan perusahaan lokal, PT Paradigma Putra Sejahtera.

Di antara benda berharga yang ditemukan yakni watu permata besar yang konon milik Dinasti Fatimiyah.

Nilai total harta karun itu pada 2010 diperkirakan Rp 720 miliar. Namun, pelelangan pada tahun itu sepi peminat. Tak ada yang berniat menawar.

3. Harta Karun 'Titanic dari Timur'
Pada 12 Mei 1999, Michael Hatcher, pemburu asal Australia menemukan bangkai kapal Tek Sing yang mengangkut 360 ribu porselen -- temuan terbesar gerabah berharga asal Tiongkok, dari era Dinasti Ming.

Media Jerman, Spiegel menjuluki kapal itu sebagai 'Titanic of the East' atau Titanic dari Timur alasannya yakni sejarahnya yang sama-sama tragis.

4. Bangkai Kapal Harta Belitung
Sebuah kapal layar jenis dhow mengarungi lautan dari Afrika ke China sekitar 830 Masehi. Namun, ketika berlayar pulang ia tenggelam di titik 1,6 kilometer dari lepas pantai Pulau Belitung.

Tilman Walterfang, seorang eksekutif perusahaan beton asal Jerman ikut andil menemukan harta karun bernilai jutaan dolar itu. Ia menyelam ke dasar lautan.

"Saya mendarat di apa yang tampak menyerupai bab terumbu karang biasa," kata Walterfang kepada majalah Jerman Der Spiegel.

Selain harta karun diatas, banyak yang bilang bahwa bung karno mempunyai harta karun.

Benarkah harta karun bung karno itu ada ?

Rumor harta peninggalan Soekarno pun merebak di masyarakat. Soekarno dikabarkan menyimpan harta yang banyak yang dipakai untuk membangun negeri ini.

Bung Karno dikatakan meninggalkan aneka macam logam mulia, uang, dan bermacam pusaka untuk Indonesia. Harta itu didapatkan Bung Karno dari sumbangan raja-raja terdahulu dan rampasan perang. Kabarnya, nilai harta peninggalan tersebut sanggup melunasi semua utang Indonesia dan sanggup untuk membangun Indonesia. Sayangnya, tidak semua orang sanggup mengambil harta tersebut. Harta tersebut dijaga oleh makhluk gaib. Yang sanggup mengambilnya hanya mereka yang memegang kunci amanah.

Kunci amanah, berdasarkan para jago spiritual, diberikan secara pribadi oleh Bung Karno. Bung Karno telah menitipkan kunci amanah ke beberapa orang secara acak. Dengan kunci amanah, harta karun Soekarno sanggup ditemukan.

Soenuso Goroyo Soekarno alias Satrio Piningit mengaku telah mendapat harta karun milik Soekarno. Mantan anggota Tentara Nasional Indonesia ini mempunyai ratusan keping emas lantakan yang bergambar Soekarno dengan berat tiap kepingnya 8 ons. Selain itu, ia juga mempunyai emas putih lantakan bertuliskan JM Mathey London. Deposito bertanggal 16 Agustus 1945 yang dikeluarkan oleh BPUPKI pun ia miliki.

Tak hanya Goroyo, Hj. Dewi SN juga mengaku sebagai pemegang kunci amanah. Hj. Dewi mendapat harta peninggalan Bung Karno ketika bertapa di Gunung Galunggung. Dalam pertapaannya, ia mendapat mustika rantai bumi serta peti berisi emas batangan dan logam mulia. Sayangnya, semua harta tersebut hilang ketika akan dibawa pulang. Menurut Dewi, harta tersebut belum saatnya untuk dikeluarkan.

Walaupun aneka macam dongeng wacana inovasi harta Soekarno muncul, Soekarno mengaku tak pernah meninggalkan harta. Pengakuan tersebut terdapat dalam buku Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia goresan pena Cindy Adams.

Selain itu kami akan membahas harta karun firaun mesir yang penuh misteri. Simak yuk!

Harta karun firaun mesir

harta karun firaun via intisari.grid.id

Sebuah tim arkeolog pertama yang hadir ketika makam kuno anak raja Tutankhamun dibuka, hanya tersisa satu orang yang hidup hingga lanjut usia.

Apakah ini suatu kebetulan yang aneh? Atau terwujudnya kutukan yang sudan turun temurun selama berabad-abad - kutukan yang sungguh mengerikan dan misterius serta sulit dipahami dunia modern?

Kutukan itu tetap saja masih membuatkan aura kematian hingga kini ....
Dinding terakhir ruang pemakaman putra Faraoh yang terkunci itu dirobohkan pertama kalinya dalam 3000 tahun pada tanggal 17 Februari 1923.

Arkeolog Howard Carter berbisik-bisik, beliau sanggup melihat 'sesuatu yang indah' ketika beliau mengamati harta karun Tutankhamun.

Ketika Carter bersama dengan jago Mesir yang fanatik, Lord Carnarvon, mencermati harta karun yang terdiri atas emas, watu mulia, perhiasan, dan aneka macam peninggalan yang tak ternilai, mereka lupa akan peringatan keras yang sudah tercantum berabad yang kemudian untuk melindungi kuburan itu dari para penjarah.

Di dalam goresan pena hiroglif kuno di atas kepala mereka terbaca: "Kematian akan menjemput mereka yang mengganggu tidur sang Faraoh."

Hantaman terakhir dari alat penggali itu telah membebaskan Kutukan Sang Faraoh.

Lord Carnarvon tidak pernah meremehkan ancaman dari para imam tinggi Mesir kuno.

Di Inggris, sebelum mengawali ekspedisinya, beliau telah berkonsultasi pada seorang paranormal populer masa itu, Count Hamon, yang telah memperingatkannya.

"Lord Carnarvon, jangan masuk ke dalam kuburan. Jika dilanggar akan mengundang celaka. Jika diabaikan akan terjangkit penyakit. Tidak akan ada kesembuhan. Kematian akan menyambutnya di Mesir."

Dua kunjungan terpisah dengan seorang mediator roh di Inggris juga telah meramalkan nasib yang mengancamnya.

Namun, Carter dan Lord Carnarvon yang telah membiayai penggalian terbesar dalam sejarah arkeologi tersebut, seperti telah melupakan semua kutukan dan rumor yang beredar ketika larut dalam kegembiraan pada simpulan penggalian itu.

Penggalian di Luxor telah luput dari perhatian para penggali kuburan selama berabad-abad dan makam yang penuh harta itu merupakan inovasi yang tak ternilai.

Penghormatan dunia akademis mengalir deras kepada mereka beserta timnya.

Pujian dilontarkan pihak museum dan tim pembelajaran dari daerah jauh menyerupai Kairo dan California pun berdatangan kepada mereka.

Namun, sehabis penemuannya tersebut Carnarvon meninggal alasannya yakni gigitan nyamuk yang berbahaya.

Harta karun kerajaan nusantara

Dihimpun dari aneka macam sumber, berikut 10 harta karun yang hingga ketika ini masih terkubur di bumi Nusantara:

1. Harta warisan Bung Karno
2. Harta warisan Tomoyuki Yamashita
3. Harta Karun kerajaan majapahit
4. Reruntuhan flor do mar
5. Harta karun kerajaan sriwijaya
6. Harta karun VOC di Pulai Onust
7. Harta karun belanda di gunung salak
8. harta karun gindu kuno
9. Perairan pulau bangka dan belitung
10. Harta karun singosari.

Harta karun bahari indonesia 

Berikut ini harta karun bahari indonesia yang begitu banyak.

Kapal tenggelam Belitung, Rp 1,2 triliun.
Kapal tenggelam Belitung juga dikenal sebagai kapal tenggelam Tang atau kapal tenggelam Batu Hitam ini terjadi sekitar tahun 830 Masehi. Bangkai kapal itu milik orang Arab yang berlayar dari Afrika ke China. Kapal berhasil menuntaskan perjalanan dari Afrika ke China namun tenggelam dalam perjalanan kembali yang lokasinya akrab Pulau Belitung, Indonesia.

Pada tahun 1998, kapal tenggelam itu ditemukan oleh nelayan di Selat Gelasa. Lokasi bangkai kapal ini dibeli dari nelayan dan perusahaan lokal Indonesia mengurus izin untuk melaksanakan penggalian situs tersebut. Bangkai kapal yang ternyata membawa kargo ini mempunyai cawan emas dinasti Tang terbesar yang pernah ditemukan. Antara lain ada mangkuk emas, mangkuk hijau dari Slovenia, motif dari Asia Tengah dan Persia, kotak perak, piring emas, dan banyak artefak berharga serta mahal dari aneka macam dinasti. Harta karun ini bernilai sekitar Rp 1,2 triliun..

Makara itulah artiikel wacana harta karun. Semoga bermanfaat!
Related Posts