Nama - Nama Malaikat Beserta Tugasnya


nama nama malaikat beserta tugasnya via pasberita.com

Sebagai umat muslim, mengetahui nama nama malaikat dan tugasnya merupakan suatu hal yang wajib. Apakah kalian sudah mengetahuinya? Inilah 10 nama nama malaikat beserta tugasnya yang harus kau ketahui. 

Rukun doktrin ke 2 adalah beriman kepada malaikat, 10 nama nama malaikat beserta tugasnya ini wajib diketahui oleh kita sebagai umat islam.

Malaikat adalah makhluk yang mempunyai kekuatan dan kiprah tugas yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah SWT.

Malaikat memiliki beberapa sifat dan karakteristik sendiri. Malaikat mempunyai sifat yang berbeda dengan makhluk Allah lainnya menyerupai manusia, jin dan setan. Malaikat dibentuk dari nur (cahaya).

Malaikat juga tidak mempunyai hawa nafsu dan rasa lapar menyerupai jin dan manusia. Malaikat juga tidak tidur, tidak makan dan tidak minum.

Malaikat mempunyai wujud yang tidak bisa dilihat oleh mata insan dan tidak menyerupai dengan yang banyak digambarkan dalam gambar gambar dan film film.


Malaikat jumlahnya sangat banyak, tapi ada 10 malaikat yang wajib diketahui dan diimani. Berikut pengertian dan nama nama Malaikat beserta tugasnya.

Wallahualam, Benarkah Malaikat Penjaga Surga Bernama RIDWAN?

10 Nama-nama Malaikat Beserta Tugasnya, Pengertian dan Sifat

ilustrasi nama nama malaikat beserta tugasnya via plus.google.com

Sebagai umat islam, tentu istilah malaikat sudah tidak absurd lagi di indera pendengaran kita kan?

Malaikat itu jumlahnya sangat banyak, namun ada 10 malaikat yang wajib untuk diketahui dan diimani. Di dalam artikel ini akan dijelaskan perihal pengertian malaikat dalam islam, nama malaikat Allah dan kiprah dari 10 malaikat tersebut.

Pengertian Malaikat

Secara etimologi “malaikat” (ملاءكة) merupakan jamak dari kata “malaka” (ملك) yang artinya yaitu kekuatan, dan berasal dari masdar Al-alukah yang artinya Risalah atau Misi.

Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari An-Nur (cahaya), sebagai mana hadits Rosulullah yang artinya kurang lebih “telah diciptakan malaikat dari cahaya”.

Bagi seorang muslim wajib untuk beriman kepada malaikat, alasannya beriman kepada malaikat merupakan pecahan rukun doktrin yang kedua.

Beriman kepada malaikat disini maksudnya yaitu dengan cara mengimani bahwa adanya malaikat, walau kita tidak sanggup melihat malaikat sendiri, serta meyakini bahwa malaikat yaitu makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya.


ilustrasi mengimani malaikat allah via slideplayer.info

Malaikat selalu menyembah Allah dan tidak pernah mempersekutukannya dan tunduk patuh terhadap semua perintah sang Khalik, sehingga para malaikat tidak pernah berbuat dosa.

Walaupun intinya insan tidak bisa untuk melihat malaikat, akan tetapi dengan izin Allah bila Ia berkehendak, maka insan akan bisa melihat malaikat, dan kejadian ini biasanya terjadi pada para Rosul dan Nabi Allah.

Meskipun para malaikat senantiasa taat dan selalu beribadah kepada Allah, bahu-membahu ibadah dari manusia dan jin lebih disukai oleh Allah Ta’ala.

Kenapa Allah lebih suka ibadahnya insan dan jin dibanding malaikat? Sebab jin dan insan ini bisa menentukan dan menentukan pilihannya sendiri, berbeda halnya dengan malaikat yang tidak demikian.

Wujud para malaikat telah disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam Firmannya pada surat Fathir ayat 1 yang menyebutkan bahwa malaikat mempunyai 2, 3, dan 4 sayap.

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“ Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menimbulkan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus aneka macam macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Selain dari ayat diatas, masih banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebutkan perihal malaikat. Kemudian banyak juga hadits-hadits dari Rasulullah Shalallah ‘Alaihi Wasalam yang menyebutkan perihal wujud Malaikat, dan salah satu haditsnya yang maknanya kurang lebih menyerupai ini:

“Jibril mempunyai 600 sayap, Israfil mempunyai 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayap Jibril dan yang terakhir dikatakan bahwa Hamalat al-‘Arsy mempunyai 2400 sayap dimana satu sayapnya menyamai 1200 sayap Israfil.”

Meski kita tidak bisa melihat malaikat kecuali dengan izin Allah, maka kita harus tetap mengimaninya. Wujud mereka tidak akan bertambah renta seperti manusia, malaikat akan tampak menyerupai pertama kali ia diciptakan oleh Allah Ta’ala.

Sifat Malaikat

ilustrasi sifat malaikat via slideserve.com
Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT tanpa hawa nafsu, sehingga yang mereka tahu hanya ketaatan kepada Allah.

Dibawah ini merupakan sifat-sifat Malaikat yang disebutkan di dalam al-Quran dan hadits:
  1. Malaikat selalu patuh dengan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT dan tidak membantah perintah tersebut sama sekali.
  2. Malaikat tidak pernah melaksanakan apapun yang tidak boleh oleh Allah SWT.
  3. Malaikat selalu beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih, bersujud atau dengan apapun yang diperintahkan oleh-Nya.
  4. Malaikat tidak mempunyai sifat sombong atau berbangga sama sekali, meskipun mereka senantiasa beribadah kepada Allah hingga hari kiamat. Hal ini sangat berbeda dengan insan yang terkadang mempunyai perasaan ujub atau berbangga dengan amal ibadah yang telah dilakukan.
  5. Malaikat senantiasa memohonkan ampun kepada orang-orang beriman.
  6. Malaikat akan merasa senang dikala ada seorang Muslim berhasil meraih lailatul qadar.
  7. Malaikat bisa berubah wujud menjadi insan atau sesuai yang mereka kehendaki atas izin Allah.

Nama-nama Malaikat dan Tugasnya

ilustrasi nama nama malaikat beserta tugasnya via dodoprastyoko.wordpress.com

Jumlah dari malaikat sangatlah banyak dan tidak ada yang tahu niscaya perihal jumlah malaikat yang ada kecuali hanya Allah Ta’ala saja yang mengetahui jumlah mereka.

Namun ada 10 malaikat yang wajib kita ketahui yang mana mereka mempunyai kiprah masing masing yang berbeda, dan berikut ini nama nama malaikat beserta tugasnya:


1. Malaikat Jibril
Malaikat yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu kepada Rasul-rasul Allah dan juga ditugaskan untuk meniupkan ruh pada setiap janin pada dikala didalam kandungan Ibu.

“Dan tidaklah kami (jibril) turun, kecuali denga perintah Tuhanmu, Kepunyaan-Nya lah apa-apa yang ada dihadapan kita, apa-apa yang dibelakng kuta, dan apa-apa yang ada di antara keduany adan tidaklah Tuhanmu lupa”(QS Mawyam:64)

“(Dialah) yang Maha tinggi derajat- Nya, yang mempunyai Arsy, yang emngutus Jibril dengan (membawa) perintah-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba Nya agar ia memperingatkan (manusia) perihal hari pertemuan (hari kiamat).” (QS al Mukmin: 15)


2. Malaikat Mikail
Malaikat yang ditugaskan yang ditugaskan memberikan rizki kepada makhluk yang ada di dunia, serta malaikat Mikail juga yang bertugas mengatur hujan, angin, serta tanaman.


3. Malaikat Israfil
Malaikat yang ditugaskan unuk meniup sangkakala pada hari tamat zaman kelak.


4. Malaikat Izrail
Malaikat yang ditugaskan untuk mencabut seluruh makhluk hidup.


5. Malaikat Munkar
Malaikat Munkar dan Nakir ini mempunyai kiprah yang sama yaitu menanyai kasus insan di alam kubur semasa hidupnya.


6. Malaikat Nakir
Tugasnya sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyai kasus insan di alam kubur semasa hidupnya.


7. Malaikat Raqib
Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan baik insan semasa di dunia.


8. Malaikat Atid
Malaikat yang ditugaskan untuk mencatat amalan jelek insan semasa di dunia.

“Tiada satu ucapan pun pang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf: 18).


9. Malaikat Malik
Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Neraka Allah Ta’ala.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan kelmrgamu dari api neraka yang materi bakarnya yaitu insan dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim: 6).


10. Malaikat Ridwan
Malaikat yang ditugaskan menjaga pintu Surga Allah Ta’ala.

“Dan sampaikanlah info gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka menyampaikan “Inilah yangpernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah: 25).

Nah, itulah klarifikasi perihal nama nama malaikat beserta tugasnya, tentulah kita sebagai muslim berkewajiban mempercayai keberadaan malaikat Allah sebagai tanda doktrin kita lantaran itu termasuk dalam pilar rukun doktrin kedua.

Sifat Sifat Malaikat yang Dijelaskan Dalam Ayat-ayat Al-Quran

Demikian klarifikasi mengenai nama nama malaikat beserta tugasnya sudah cukup terperinci dan bisa dipahami. Semoga klarifikasi di atas sanggup menambah ilmu serta hafalan dan bermanfaat untuk kita semua.
Related Posts