Perbedaan Teks Sumpah Cowok Versi Orisinil Dan Ejaan Baru


teks sumpah perjaka via indowarta.com

Sebagai perjaka Indonesia, tentunya kita harus berbangga dan bersyukur atas keberanekaragaman yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dari Minangas hingga Pulau Rote. Atas dasar itu, sebagai pemuda, hendaknya kita sanggup mengingat kembali semangat para perjaka tempo dulu.

Sumpah Pemuda, yakni tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan di Indonesia. Ini merupakan salah satu insiden sejarah yang terjadi di Indonesia yang menunjukan bahwa pada 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia sudah ada dan bersatu.

Teks naskah Sumpah Pemuda yakni hasil dari Kongres Pemuda Kedua yang sudah dirumuskan pada 28 Oktober 1928.

Kali ini akan dibahas suara teks sumpah pemuda yang asli dan benar. Sumpah Pemuda sendiri yakni satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Ikrar sumpah perjaka ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan harapan berdirinya negara Indonesia.

Ikrar ini pada awalnya yakni secarik kertas yang dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito hingga kemudian dijelaskan secara panjang lebar oleh Moehammad Yamin.

Sumpah perjaka dihasilkan dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Kongres Pemuda Kedua tersebut dipimpin oleh perjaka Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia).

Namun, Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.

Naskah sumpah perjaka ini menegaskan harapan akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Teks Sumpah Pemuda

Teks sumpah perjaka ini, mempunyai dua versi yaitu versi asli dan versi ejaan baru, yang mempunyai arti yang sama dan makna yang sama.

Tanpa ada perubahan sedikitpun ataupun perhiasan kata. inti dari teks "sumpah pemuda" tetap sama, menegaskan semangat dan harapan bangsa indonesia, terutama untuk muda-mudi Indonesia.

Ini ia 2 versi teks sumpah pemuda, versi orisinil/asli dan versi ejaan gres yang benar. alasannya kini diera yang baru, niscaya isi teks sumpah perjaka yang dipakai yaitu versi ejaan baru, bukan ejaan lama.


Teks Sumpah Pemuda Asli

Bunyi sumpah perjaka yang asli dan otentik yang muncul dari tiga keputusan kongres sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda dan ditulis memakai ejaan van Ophuysen,


teks sumpah perjaka asli via zonareferensi.com

Soempah Pemoeda

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Teks Sumpah Pemuda Ejaan Baru

Ikrar Sumpah Pemuda ini lantas diubah dan disempurnakan memakai ejaan gres Bahasa Indonesia sehingga berbunyi sebagai berikut,


teks sumpah perjaka ejaanbaru via zonareferensi.com

Sumpah Pemuda

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai isi teks sumpah pemuda yang asli dan benar, dimana hari sumpah perjaka selalu diperingati tanggal 28 oktober setiap tahunnya. Semoga bermanfaat dan sanggup menjadi rujukan pengetahuan bagi kita semua.
Related Posts