Potensi Kebun Kurma Di Indonesia Dapat Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat


Kampung kurma via sunahproperty.com

Bagaimana keadaan kebun kurma di Indonesia dikala ini? Apakah kebun kurma di Indonesia masih belum sanggup berbuah? Bagaimana klarifikasi mengenai kebun kurma yang ada di Indonesia?

Pohon kurma memiliki daya adaptabilitas yang tinggi, bahwasanya kebun kurma di Indonesia dulu belum sanggup berbuah namun ternyata kini kebun kurma di Indonesia tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah kurma yang sangat manis. Tetapi masih belum banyak kebun kurma di Indonesia yang sanggup Anda temui.

Penggemar kurma kini tak perlu jauh-jauh pergi ke Timur Tengah untuk melihatnya. Sebab, di beberapa tempat sudah ada kebun kurma di Indonesia meskipun tidak terlalu banyak. Inilah penjelasan mengenai kebun kurma di Indonesia berbuah.

Kebun Kurma di Indonesia

Beberapa tahun belakangan, muncul sebuah informasi yang menyebutkan telah ditemukan pohon kurma berbuah di Thailand. Bahkan bentuknya sudah bukan lagi pohon, melainkan kebun seluas kurang lebih 6,9 hektare. Jumlah pohon yang berbuah juga mencapai 104 pohon kurma betina. Ini tentu saja menjadi informasi besar mengingat Thailand bukanlah termasuk negara gurun dimana kurma sering dijumpai.

Negeri Gajah Putih ialah negara tropis, sebagaimana Indonesia. Tak usang sesudah itu, ternyata informasi perihal berbuahnya kurma di negara tropis terjadi lagi. Kali ini terjadi di Indonesia. Mungkinkah kurma Indonesia berbuah mengingat masih ada animo hujan di negara kita? Jawabannya ialah mungkin dan itu sudah terjadi.

Sebagaimana yang terdapat di Thailand, kurma di Indonesia juga dalam ukuran kebun seluas kurang lebih 5 hektare. Lokasi kebun ini berada di Jonggol Farm Bogor dan Igrow di Pandeglang. Di Igrow, kita sanggup menemukan setidaknya 700 pohon hasil kultur jaringan. Metode kultur jaringan ini telah terbukti menghasilkan buah dengan lebih cepat dan lebih banyak jikalau dibandingkan dengan kurma yang ada di jazirah Arab.


Kebun kurma via papatio.agenproperti.com

Potensi Buah Kurma di Indonesia

Rata-rata, kurma Arab berbuah 120 kilogram. Sedangkan potensi kurma Indonesia berbuah sanggup melebihi angka tersebut dengan tanah yagn lebih subur. Kasus di Malaysia sendiri sanggup dijadikan contoh. Itu terbukti dengan pernah ditemukan kurma dengan buah dengan total mencapai 300 kilogram!

Kampung Kurma di Bogor dan Igrow di Banten ialah sebagian kecil kurma Indonesia berbuah. Selain 2 nama tersebut telah ditemukan juga pohon kurma berbuah di eks Tambang Timah, Bangka Botanical Garden, kemudian agrowisata seluas 4 hektare milik Haji Ruslan di Pasuruan, dan di Riau, tepatnya di Kuansing, dengan luas mencapai 40 hektar, dan masih ada juga di Aceh, Jambi, Yogyakarta, dll.

Kebun kurma kemudian juga dijadikan konsep dasar pembangunan hunian islami gagasan PT Kampung Kurma. Kurma tidak hanya dijadikan hiasan, namun juga nilai investasi bagi penghuninya. Dengan kata lain, kurma yang berbuah di Indonesia juga akan ditemukan di tempat hunian tersebut. Luar biasa!

Nah, itulah klarifikasi mengenai kebun kurma di Indonesia dikala ini. Semoga informasi ini sanggup membantu dan sanggup menambah wawasan Anda, biar bermanfaat.
Related Posts