Qanaah Yaitu Perilaku Rela Yang Mendapatkan 5 Hal Ini


qanaah yakni via youtube.com

Untuk mencapai kebahagiaan kita dibutuhkan mempunyai sikap qanaah. Qanaah yakni sikap rela mendapatkan atas hasil yang telah diusahakan. Sifat qanaah mempunyai komponen lho! Yuk simak komponen, pola dan pesan yang tersirat dari sikap qanaah.

Qanaah artinya selalu merasa cukup dengan nikmat yang Allah beri.

Kita sering kali tidak qana'ah, lupa terhadap nikmat yang telah Allah berikan, alasannya yakni umumnya insan melupakan dan selalu merasa kurang atas apa nikmat yang diberi allah.

Qanaah yakni sikap rela mendapatkan dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya serta menjauhkan diri dari dari rasa tidak puas.

Untuk membuat kehidupan yang rukun, sikap qanaah sangat diperlukan. Menurut bahasa qanaah artinya merasa cukup.

Pengertian qanaah adalah suatu sikap rela mendapatkan dan selalu merasa cukup dari semua perjuangan yang sudah dilakukan serta menjauhkan diri dari rasa yang tidak puas.

Qanaah sama dengan sifat bersyukur. Kita memang selalu dianjurkan untuk bersyukur atas semua hal yang diberikan di hidup kita.

Dari semua perjuangan yang telah kita lakukan. Kita harus percaya bahwa semua hal yang kita mempunyai yakni kehendaknya.

Tidak bisa selalu meminta sesuatu hal yang memang belum menjadi hak kita, apa yang terbaik buat kita belum tentu baik berdasarkan allah swt begitu pula sebaiknya.

Qanaah berasal dari bahasa arab yakni dari kata qani’a-qana’atan.

Menurut bahasa, pengertian qanaah adalah merasa cukup atau rela.

Menurut istilah pengertian qanaah adalah sikap rela mendapatkan dan merasa cukup atas karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

Dengan sikap inilah maka jiwa akan menjadi tentram dan terjauh dari sifat serakah atau tamak.

Meskipun demikian bukan berarti bermalas-malas, tidak mau berusaha sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, melainkan dianjurkan berusaha dengan giat, namun apabila karenanya tidak sesuai dengan yang dicita- citakan, tetap dengan rela hati mendapatkan hasil tersebut dengan syukur dan lapang dada.

Sikap demikian sanggup mendatangkan ketentraman hidup tanpa melupakan kesejahteraan.

: Doa Setelah Sholat Wajib yang Singkat Tapi InsyaAllah Ilmu dan Rezeki Barokah

Komponen Qanaah

Bersikap qanaah paling tidak mencakup 5. 5 komponen qanaah adalah:

1) Menerima dengan rela apa yang ada.
2) Memohon kepada Allah Swt suatu aksesori rezeki yang layak dan diiringi dengan ikhtiyar.
3) Menerima dengan sabar akan semua ketentuan Allah Swt.
4) Bertawakkal kepada Allah Swt.
5) Tidak tertarik oleh segala kecerdikan kancil yang bersifat duniawi.

Orang yang mempunyai sifat qanaah akan membentengi harta sekedar apa yang berada dalam genggamannya dan pikirannya tidak menjalar keluar dari yang ada pada dirinya.

Ia berpendirian bahwa apa yang diperolehnya sama ini merupakan suatu ketentuan dari Allah Swt, alasannya yakni itu tidak pernah merasa akan kekurangan.

Dalil ihwal Qanaah. 

لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ 
“Bukanlah kekayaan itu karena banyak harta, akan tetapi kekayaan itu yakni kekayaan jiwa.” (HR. Bukhari-Muslim)


وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ 

"dan tidak ada suatu hewan melata pun di bumi melainkan Allahlah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui daerah berdiam hewan itu dan daerah penyimpanannya. semuanya tertulis dalam kitab yang positif (Lauh Mahfuzh)." (QS. Hud :6)

Contoh Sikap Qanaah

Sikap yang mencerminkan sikap qanaah yakni berikut ini :
  1. Selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.
  2. Tidak pernah merasa iri ataupun dengki dengan keberhasilan orang lain.
  3. Giat bekerja semoga memperoleh hasil yang terbaik.
  4. Hidup sederhana mengikuti keadaan dengan kemampuan, tidak rakus dan tidak tamak.
  5. Tidak gampang kecewa maupun frustasi kalau hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan keinginan.
  6. Selalu yakin bahwa tunjangan Allah SWT merupakan sebuah anugerah.

Hikmah Perilaku Qanaah. 

Sikap qana’ah perlu kita bina semenjak masih kecil. Sikap qanaah ini berkaitan dekat dengan berapa dan apa harta yang ia dapatkan di dunia. Jika kita bisa mengendalikan diri dari urusan-urusan dunia, maka adaptasi qana’ah inilah yang berperan aktif.

Pembiasaan qana'ah sanggup diterapkan dengan hidup sederhana, mensyukuri setiap mendapatkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan tidak mengeluh atas kondisi hidup yang sedang dijalaninya dan tidak mengharap apa yang dipunyai orang lain.

Qanaah dalam kaitannya dengan siswa sanggup dibiasakan melalui tunjangan uang jajan yang tidak melebihi batas kewajaran. Setiap siswa niscaya mendapatkan uang jajan dari orang tuanya saat pergi ke sekolah.

Sebagai siswa yang baik, kau harus mensyukuri berapapun uang yang dikasih oleh orang tua. Bahkan kalau perlu kau tidak jajan dan menabung uang tersebut. Hikmah sifat qana'ah, di antaranya adalah:

1) Hidupnya selalu merasa lebih hening dan tentram.
2) Menumbuhkan sikap optimis dalam setiap usaha.
3) Tidak gampang berputus asa.
4) Mampu menjauhkan dari sikap iri.
5) Selalu bersyukur kepada Allah Swt.

Demikian Pengertian Qanaah dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Semoga kita sanggup menerapkan konsep Qanaah dalam kehidupan sehari-hari.