Sebelum Ditemukan Alat Pemindai Tulang X-Ray, Al Quran Sudah Menjelaskan Wacana Osteoporosis


Sumber gambar  mountlawleyphysioandpod.com

Bukti kasatmata bagaimana kebenaran Al Alquran yang meliputi segala aspek kehidupan.

Pengeroposan tulang pun dijelaskan didalam Surat Maryam:4.


Masalah yang sering dihadapi oleh seseorang yang sudah berusia lanjut ialah gangguan pada persendian dan tulang, banyak dari mereka yang merasa bahwa tulang-tulang yang ada didalam badan sudah tidak bisa lagi menopang tubuh.

Masalah menyerupai ini biasa kita dengar dengan sebutan osteoporosis, salah satu penyakit yang menyerang tulang.

Tahukah kau jikalau penyakit menyerupai ini ternyata sudah di jelaskan didalam al quran ?

Allah SWT berfirman yang artinya: “Dia (Zakaria) berkata “Ya Tuhanku, sebenarnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan saya belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.” (QS. Maryam: 4)

Kata Arab “wahana” dalam ayat 4 Surat Maryam berarti “santai, lemah atau tidak cukup.” Jelas sekali, penggunaan kata ini ada dalam konteks penuaan dan perubahan yang terjadi dalam tulang manusia.

Pemindaian tulang yang dilakukan dengan memakai teknologi modern memungkinkan untuk mendeskripsikan penyakit yang dikenal dalam dunia medis sebagai “osteoporosis,” atau pengeroposan tulang.

Osteoporosis yaitu penyakit metabolik tulang yang memiliki sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang sanggup jadinya menjadikan kerapuhan tulang. Kata osteoporosis berasal dari kombinasi kata osteo (tulang) dan porosis (penuh lubang).

:

  1. Viral Lagu "Makan Daging Anjing Dengan Sayur Kol" Ini Fakta Sebenarnya Proses Pemotongan Anjing
  2. Posisi Tangan Ketika I'tidal yang Benar Bersedekap atau Diluruskan?

Tulang kita terus beregenerasi dari waktu ke waktu. Ini berarti tulang yang telah ringkih akan terganti dengan tulang baru. Saat masih kanak-kanak, tulang kita tumbuh dan bisa memperbarui diri dengan cepat.

Pada rentang usia 16-18 tahun, tulang perlahan-lahan akan berhenti tumbuh, sementara massa tulang akan terus bertambah sampai usia selesai 20-an. Namun proses ini melambat seiring dengan pertambahan usia manusia. Secara perlahan, kepadatan tulang akan makin berkurang dan proses ini dimulai sekitar umur 35 tahun.

Menurut pengetahuan medis, massa tulang secara sedikit demi sedikit mulai menurun dari sekitar usia 40 tahun. Pada tahap berikutnya, penyakit ini akan menyerang mereka yang berusia lanjut. Karena hilangnya massa tulang jaringan tadi sampai menimbulkan kerusakan tulang.

Untuk melihat gangguan pada tulang maka kita membutuhan derma X-Ray, mengingat bahwa x-ray hanya ditemukan pada tahun 1890, terang betapa sulitnya mendapat isu apapun mengenai tulang pada waktu itu.

Namun Al Qur’an telah menjelaskan  isu tersebut, yang persis dengan ilmu kedokteran modern. Ini merupakan salah satu tanda terang bahwa Al Qur’an telah turun dari Allah SWT.
Related Posts