Semangka Buah Kesukaan Rasulullah Yang Banyak Mengandung Manfaat


Sumber gambar sahabatnestle.co.id

Jangan makan semangka bila belum makan sanggup menimbulkan diare, masih mempercayai mitos menyerupai itu ?

Rasulullah sangat menyukai buah yang satu ini lantaran banyak mengandung manfaat didalamnya.

Setiap orang niscaya mengenal semangka, buah cantik dan banyak mengandung air dan berbentuk bundar besar dengan kulit berwarna hijau.

Begitupun Rasulullah SAW sangat menyukai semangka, mengapa Rasulullah lebih menyukai semangka dibandingkan dengan buah yang lain?

Diriwayatkan dari Aisyah, ia berkata, “Sesungguhnya Nabi-shallallahu alaihi wasallam-sering makan semangka disertai ruthab." (HR. at-Tirmidzy no 1843, dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

Kandungan Semangka

Ibnu Qayyim beropini bahwa yang dimaksud dengan Al-Biththikh (semangka) yaitu semangka berkulit hijau (bukan melon yang di dalam bahasa Arab juga disebut dengan nama yang sama, yakni Al-Biththikh).

Buah ini lebih cepat dicerna oleh lambung daripada buah ketimun dan wortel. Di samping itu, ia juga cepat mengalami perubahan dikala bercampur dengan zat-zat lain di dalam lambung. Buah ini sebaiknya dikonsumsi sebelum makan.

Selain kandungan buah yang mempunyai banyak manfaat, berikut diantaranya:

Menurunkan Tekanan Darah

Orang yang mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka mempunyai efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

:

  1. Mencerdaskan Anak dengan 5 Makanan Bernutrisi Terbaik Untuk Otak Anak
  2. Akibat Anak Kecanduan Bermain Hp, Balita 4 Tahun Ini Harus Jalani Operasi Mata Karena Derita Gangguan Ini
Mengatasi Sembelit atau susah buang air besar

Semangka yaitu buah yang mempunyai kandungan serat dan air dalam jumlah tinggi. Jika mempunyai dilema buang air besar in syaa Allah serat dalam semangka sanggup mengatasi dilema sembelit ini, terutama bila kekurangan serat larut dalam usus.

Mencegah Dehidrasi

Kekurangan air sanggup menimbulkan badan menjadi lemas dan kurang sanggup konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga sanggup menciptakan ginjal bekerja lebih berat sehingga sanggup menimbulkan gangguan pada ginjal. Oleh lantaran itu mengonsumsi buah semangka sanggup mencegah kehilangan cairan tubuh badan lantaran kandungan air yang banyak dikandungnya.

Mengurangi resiko hipertensi dan stroke

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang sanggup menimbulkan hipertensi . Tentu saja manfaat ini sanggup dirasakan bila mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium yang dikandung semangka juga menyehatkan jantung.

Buat yang kurang menyukai buah semangka, mungkin perlu mencar ilmu untuk mengonsumsi buah merah ini! 
Related Posts