11 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan


Image Source: pixabay.com/fresh-yellow-starfruit-fruit-1557491/

Belimbing yaitu buah tropis yang sangat menyegarkan. Dibalik rasa dan bentuknya yang unik, ternyata banyak manfaat buah belimbing yang bisa didapatkan tubuh. Apa manfaat buah belimbing yang bisa diperoleh?

Berikut yaitu beberapa manfaat belimbing yang harus Anda tahu.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

1. Anfi-inflamasi

Manfaat buah belimbing yang pertama yaitu mengurangi risiko terkena peradangan dari radikal bebas. Hal ini sebab belimbing mengandung zat antioksidan flavonoid. Selain itu, khasiat buah belimbing lainnya yaitu kemampuannya untuk membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh berkat kandungan vitamin C nya.

2. Sehat untuk jantung

Manfaat buah belimbing yang tidak disangka yaitu kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan natrium pada belimbing dipercaya membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Selain itu, fungsi otot tubuh sama dengan otot pada jantung yang juga didukung oleh kandungan natrium dan juga magnesium. Sehingga, jantung akan semakin terjaga kesehatannya.

3. Anti-kanker

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, manfaat belimbing yang bisa didapatkan tubuh yaitu melawan aneka macam macam radikal bebas dan zat karsinogenik pada tubuh. Rutin mengonsumsi belimbing juga diyakini akan menurunkan risiko terkena kanker usus besar dengan signifikan.

4. Kesehatan kulit

Tidak hanya bisa mengeluarkan racun, kandungan antioksidan pada belimbing juga dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Efek dari mongkonsumsi belimbing yaitu kulit menjadi lebih sehat, lebih basah dan mencegah munculnya nanah sampai keriput.

5. Membantu produksi ASI

Apa manfaat buah belimbing bagi ibu hamil? Bagi ibu yang kesulitan menunjukkan ASI pada anaknya, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah belimbing. Manfaat buah belimbing ternyata sanggup membantu ibu memproduksi ASI sehabis melalui proses persalinan. Sejumlah gizi yang ada di dalam belimbing di antaranya: kalori, karbohidrat, mineral, kalsium dan zat besi.

6. Dapat menurunkan kolesterol

Manfaat belimbing yang satu ini sangat berkhasiat bagi Anda yang didiagnosis mempunyai kadar kolesterol dalam tubuh tinggi. Khasiat belimbing ini dipercaya sanggup menjadi penurun kolesterol, sebab bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Selain itu, serat pada buah belimbing membantu menurunkan kadar kolesterol total yang ada dalam tubuh.

7. Menjaga kadar gula darah

Kandungan serat dengan jumlah tinggi dalam buah belimbing membantu perembesan glukosa dan memperlambat difusi glukosa ke dalam pedoman darah. Hal ini membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah.  Bagi penderita diabetes, kuliner menyerupai nasi putih dan roti, bila dikonsumsi akan gampang menyebabkan gula darah dan kadar insulin melonjak tinggi. Dengan makan buah belimbing, kandungan insulin dan gula darah akan lebih lambat diserap ke dalam pedoman darah.

8. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Apa manfaat jus buah belimbing? Mengonsumsi buah belimbing dalam bentuk jus atau smoothie bisa membantu menghilangkan lemak melalui kotoran, dengan demikian hal ini menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (Penyakit Jantung).

9. Mengatasi maag

Apa manfaat buah belimbing bagi pencernaan? Khasiat buah belimbing lainnya bisa dipakai untuk meringankan problem perut menyerupai maag. Kandungan lendir dalam buah belimbing menyediakan lapisan pada mukosa gastrointestinal, sehingga membantu menghindari kerusakan akhir gastritis (kondisi dikala lapisan lambung mengalami iritasi).
Sementara itu, kandungan serat pada buah belimbing sanggup merangsang gerak peristaltik tubuh dan sanggup mencegah terkena asam lambung.

10. Membantu penurunan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan aktivitas penurunan berat badan, tampaknya Anda harus memasukan belimbing dalam daftar asupan yang harus dikonsumsi. Satu buah belimbing berukuran sedang terdapat 9 gram karbohidrat dan 3 gram serat makanan.

Setelah Anda melihat banyaknya kandungan nutrisi dan manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh, perlu diketahui bahwa ada kandungan dalam buah belimbing yang harus diwaspadai yaitu kandungan asam oksalat dan karamboxin. Penderita gagal ginjal kronis harus membatasi mengonsumsi buah belimbing.

11. Membantu meredakan batuk

Batuk yaitu penyakit yang diderita hampir seluruh orang di dunia.Penyakit ini juga dengan gampang menular dari satu orang ke orang lain. Apa manfaat buah belimbing wuluh? Belimbing wuluh sangat efektif dalam membantu menyembuhkan batuk.
Caranya:
  • Campurkan beberapa butir adas, tiga buah belimbing wuluh, sedikit gula, dan air.
  • Rebus ketiga materi tersebut selama satu jam sampai air tertinggal sedikit.
  • Tunggu sampai dingin, kemudian saring airnya.
  • Minum air rebusan blimbing wuluh ini dua kali sehari, tiap pagi dan malam sehabis makan.
Related Posts