5 Cara Menghilangkan Ngantuk Pada Dikala Kerja


Image Source: saatvamattress.com

Ngantuk dikala beraktivitas merupakan hal yang wajar. Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, termasuk dikala belajar, bekerja atau bahkan dikala menyetir kendaraan. Namun, kalau ngantuk terjadi secara terus-menerus, tentu saja sanggup mengganggu acara sehari-hari.

Oleh lantaran itu bagaimana cara menghilangkan ngantuk? Bagaimana cara mengatasi ngantuk yang berlebihan? Yuk simak dibawah ini.

Faktor Ngantuk Pada Umumnya

1. Kurangnya tidur

Beberapa dampak kurang tidur, adalah gampang ngantuk, kesulitan mengendalikan emosi, dan respons melambat. Selain itu, ngantuk juga bisa disebabkan lantaran terlalu banyak tidur.

2. Stres dan depresi

Stres dan depresi mengakibatkan seseorang sulit tidur nyenyak pada malam hari dan menciptakan mereka merasa ngantuk pada siang hari.

3. Dehidrasi

Kurangnya asupan air minum atau kehilangan cairan tubuh akan menciptakan badan cepat lelah dan rasa ngantuk akan muncul.


4. Makan tidak sehat dan banyak konsumsi kafein

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan ngantuk, termasuk mengonsumsi kafein dan alkohol terlalu banyak.

5. Berdiam diri terlalu lama

Berdiam diri terlalu usang di depan komputer atau di atas meja akan menciptakan badan merasa lelah dan ngantuk.

Cara Menghilangankan Ngantuk

1. Dengan sarapan pagi


Image Source: pixabay.com
Rasa mengantuk juga disebabkan oleh rasa lelah, bukan hanya jam tidur yang kurang. Ketika kita melewatkan sarapan di pagi hari, rasa lapar akan tiba lebih cepat, akhirnya kita tidak mempunyai energi dan lebih gampang ngantuk.

2. Dengan meminum air putih


Image Source: stylecaster.com
Air putih diikat oleh darah, kemudian berfungsi untuk memberi oksigen pada otak. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup bisa menjaga badan kita dari rasa ngantuk.

3. Dengan olahraga ringan


Image Source: painfreelivinglife.com
Olahraga ringan bisa menciptakan adrenalin terpacu, sehingga kembali waspada dan menjaga badan kita dari rasa ngantuk.

4. Dengan mencuci muka


Image Source: musely.com
Mencuci muka atau mandi sanggup menghilangkan rasa ngantuk.

5. Dengan mendengarkan musik


Image Source: videoblocks.com
Mendengar musik bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghindari minum kopi. Pilihlah musik yang menciptakan semangat kembali. Selain sanggup membangkitkan semangat, musik juga sanggup menenangkan pikiran.

Demikian klarifikasi mengenai bagaimana cara mengatasi ngantuk. Selamat mencoba dan biar bermanfaat!