6 Manfaat Kunyit Putih, Salah Satunya Obat Herbal Anti Kanker

Kunyit identik dengan warna kuning atau oranye 6 Manfaat Kunyit Putih, Salah Satunya Obat Herbal Anti Kanker
Manfaat Kunyit Putih, Salah Satunya Obat Herbal Anti Kanker (gambar; alodokter.com)

Kunyit identik dengan warna kuning atau oranye. Tapi tahukah Anda bahwa selain kunyit kuning terdapat spesies kunyit lain yaitu kunyit putih?

Bahkan manfaat kunyit putih untuk kesehatan lebih luar biasa loh...

Kunyit merupakan salah satu rempah yang termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean.

Kunyit oranye, yang lebih umum ditemukan dan diolah menjadi kuliner sehari-hari sudah terbukti banyak manfaatnya, ibarat nyeri ulu hati, nyeri sendi, sakit perut, diare, sampai depresi.

Nah, saudara kandung dari kunyit oranye, si kunyit putih, ternyata punya kandungan yang berbeda namun sama-sama ampuh mengobati berbagai jenis penyakit.

Kunyit putih atau sering juga disebut dengan Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan jenis flora yang hampir semua bagiannya bisa dipakai untuk obat, ibarat akar, minyak dan daunnya.

Tanaman ini yakni orisinil dari India dan Indonesia, namun juga telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan aneka macam wilayah Asia lainnya.

Tanaman ini banyak dijumpai di beberapa negara ibarat Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand. Kunyit ini mempunyai daging yang lebih lunak dan rasanya sangat ibarat dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir.

Kunyit putih dikala ini sudah jarang dipakai sebagai bumbu masak dan sering digantikan oleh jahe. Namun, di beberapa kuliner Asia, kunyit ini masih digunakan. Di Indonesia, abu kunyit putih sering ditambahkan ke kuliner kari. Di Thailand, irisan kunyit putih dipakai sebagai penyegar rasa salad.

Tanaman ini juga mengandung minyak esensial, pati, dan curcumin. Minyak esensial dari kunyit putih dipercaya sanggup mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu.

Di India, flora ini dipakai secara tradisional untuk pengobatan nyeri menstruasi, maag, muntah, dan kanker.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan


Khsiat kunyit putih (istimewa)

Kunyit kuning memang lebih gampang dijumpai dibanding dengan kunyit putih. Namun, manfaat kunyit putih untuk kesehatan tidak bisa disepelekan.

Manfaat kunyit putih apa saja? Nah, ibarat kami lansir dari hellosehat.com, berikut ulasannya;

1. Antimikroba dan antijamur

Kunyit putih menawarkan kegiatan antimikroba dan antijamur yang ampuh, termasuk manfaat kunyit putih untuk lambung.

Penelitian telah pertanda bahwa ekstrak kunyit putih sanggup melawan beberapa spesies basil yang sanggup menyebabkan penyakit, ibarat E. coli penyebab banyak gangguan pencernaan ibarat diare dan keracunan makanan, serta dan Staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Ekstrak kunyit putih juga sanggup melawan infeksi jamur Candida dan Aspergillus. Kunyit putih juga sanggup mengurangi jumlah basil jahat di lisan dengan hasil yang setara produk obat kumur di pasaran.

2. Obat alergi alami

Kunyit putih mengandung senyawa curcuminoids yang bermanfaat sebagai anti-alergi dan terbukti sanggup mengatasi tanda-tanda reaksi alergi pada kulit.

Kunyit ini bekerja layaknya antihistamin untuk menghambat kegiatan protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

3. Anti kanker

Kunyit putih diyakini sanggup menghambat metastasis kanker atau penyebaran kanker dari suatu organ ke organ badan lain. Tapi, keefektifannya untuk mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Selama ribuan tahun, kunyit putih telah dipakai untuk mengobati persoalan pencernaan. Minyak esensial kunyit pucat ini dilaporkan bermanfaat dalam pengobatan kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan pengecap yang terasa pahit. Ini juga merupakan proteksi alami dalam mencegah peradangan usus akhir stres.

5. Penawar racun gigitan ular

Kunyit putih juga bisa menjadi penawar racun gigitan ular alasannya yakni ekstraknya bekerja menghambat kegiatan bisa ular.

6. Penghilang rasa sakit

Kunyit bersifat analgesik yang lebih baik daripada aspirin alasannya yakni mengandung senyawa alami yang sanggup membantu menghilangkan rasa sakit.

Rempah orisinil Indonesia ini dipakai semenjak zaman nenek moyang kita untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis).

Ini juga dipakai untuk melindungi paru-paru pasien asma dengan menekan peradangan di bronkus yang sanggup menyebabkan penyempitan jalan masuk udara selama terapi jangka pendek.

Manfaat kunyit lainnya yakni sebagai antiperadangan, berkat kandungan diuretiknya. Oleh alasannya yakni itu, rempah ini dipercaya bisa mengatasi nyeri sendi akhir rematik dan arthritis. Sifat diuretik zedoary mendukung abolisi zat beracun badan dan cairan berlebih, terutama pada persendian.

Jika tidak ada detoksifikasi, hal itu bisa menyebabkan peradangan dan nyeri pada kasus artritis dan rematik. Kunyit putih juga mengurangi suhu badan dikala demam dengan melawan infeksi dan mempromosikan keringat.

Manfaat kunyit putih untuk wanita, ibarat yang telah disebutkan di atas zedoaria sanggup dipakai untuk meredakan nyeri menstruasi. Namun begitu, beberapa hebat menyarankan biar kunyit ini tidak dipakai oleh perempuan yang mengalami perdarahan menstruasi berat.

Efek Samping Kunyit Putih


Gambar ilustrasi (best-dokter.com)

Meskipun kunyit putih merupakan flora herbal yang telah banyak manfaatnya, namun setidaknya ada beberapa imbas samping terhadap penggunaanya. Dikutip dari manfaat.co.id,  berikut imbas samping kunyit putih yang juga perlu Anda waspadai;

1. Anemia

Kunyit putih bisa didapatkan dengan aneka macam bentuk baik cairan atau kapsul. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit sanggup menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah. hal ini kalau terjadi secara terus-menerus sanggup merusak sel darah merah ibarat anemia.

2. Penurunan gula darah

Salah satu kemungkinan dikala mengkonsumsi kunyit putih yakni penurunan gula darah. Namun hal ini harus diwaspadai alasannya yakni kalau dikonsumsi secara berlebihan, gula dalam bisa turun drastis. Kondisi ini bisa terjadi, yang dinamakan hypoglycemia atau kondisi badan kekurangan gula darah.

3. Hati-hati kulit sensitif

Selain sebagai pengobatan flora herbal sering dipakai untuk perawatan kecantikan, begitu pula dengan kunyit putih. Namun kunyit putih sedikit berbahaya bagi yang mempunyai kulit sensitif alasannya yakni penggunaan pada kulit secara terus-menerus sanggup mengiritasi kulit.

4. Harus dengan resep dokter

Meskipun kunyit putif sering dijadikan pengobatan alternatif, namun sanggup menurunkan keefektifan obat medis kalau dipakai secara bersamaan.

Oleh alasannya yakni itu butuh pengawasan dokter kalau ingin mengkonsumsinya.

5. Bahaya bagi ibu hamil dan menyusui

Selain itu, bagi ibu hamil dan menyusui juga perlu menghindari penggunaan kunyit putih secara pribadi (dimakan).

Karena kandungan zat dalam kunyit putih tersebut sanggup membahayakan janin sampai menyebabkan keguguran dan juga gangguan usu besar.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!
Related Posts