Berikut Ini Fakta Menarik Wacana Manfaat Kunyit Bagi Tubuh

Image Source: pixabay.com/turmeric-spice-curry-seasoning-3251560

Kunyit merupakan salah satu tumbuhan herbal yang sering dipakai untuk bumbu memasak.

Tahukah anda apa manfaat kunyit bagi kesehatan? Berikut ini manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan.


Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

1. Anti peradangan alami

Peradangan yang terjadi dalam badan menjadi salah satu penyebab dari munculnya penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan aneka macam kondisi degeneratif lainnya. Tingginya kandungan kurkumin memberi manfaat kunyit sebagai distributor anti inflamasi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kurkumin yang ada di dalam kunyit yaitu salah satu zat anti oksidan yang kuat. Zat ini bisa mencegah radikal bebas yang mengganggu sistem DNA. Sistem DNA yang berpengaruh berkontribusi pada meningkatnya imunitas atau sistem kekebalan tubuh

3. Mengurangi gas pada pencernaan

Buang gas (kentut) sangat penting untuk memastikan bahwa pencernaan Anda baik-baik saja, tapi bila sudah berlebihan? Ada duduk kasus di dalam perut Anda.

Manfaat kunyit untuk pencernaan ini, ampuh untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Senyawa kunyit berfungsi mengurangi asam pada perut yang berlebih, yang juga menciptakan perut menjadi kembung.
Caranya:
  • Tuangkan satu sendok kunyit halus(bubuk juga boleh), 
  • Masukkan ke dalam satu gelas air hangat berukuran sedang. 
  • Lihat hasil selama 2 ahad dengan konsumsi rutin.

4. Mengurangi mual

Ada banyak kondisi kesehatan yang menjadi penyebab timbulnya rasa mual, ibarat stres, dehidrasi, atau bahkan abses pada pencernaan. Jika mual yang dirasakan disebabkan oleh duduk kasus pencernaan, kunyit sebagai rempah alami bisa mengurangi rasa mual pada pencernaan.

Kandungan phytochemical pada kunyit ini, berfungsi untuk menambah antioksidan di badan yang sanggup menetralisir racun sehingga mual Anda bisa diredakan.

5. Meredakan diare

Obat, keracunan makanan, virus, dampak alergi, dan kuliner yang tidak sehat sanggup menjadikan diare. Dengan meminum ramuan herbal kunyit, diare Anda bisa disembuhkan. Kandungan magnesium dan kalium pada kunyit membantu melawan kehilangan cairan tubuh dan menyeimbangkan cairan badan yang terkuras akhir serangan diare.

6. Sebagai antioksidan

Apa manfaat kunyit asam? Sejumlah penelitian menunjukan bahwa kunyit asam bermanfaat sebagai antioksidan. Pasalnya, senyawa kurkumin pada kunyit diketahui mempunyai kegiatan antioksidan yang tinggi, sama halnya dengan asam jawa yang juga mengandung senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh.
Kandungan antioksidan pada manfaat jamu kunyit asam juga mempunyai kegiatan yang lebih besar dibandingkan dengan antioksidan sintetis.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Apa manfaat kunyit putih? Sama dengan manfaat kunyit oranye,kunyit putih telah usang dipakai untuk mengobati duduk kasus pencernaan. Minyak esensial kunyit ini sanggup bermanfaat dalam pengobatan kolik, kejang otot, penurunan nafsu makan, cacingan, perut kembung, jarang buang air besar, dan pengecap yang terasa pahit. Ini juga merupakan pertolongan alami dalam mencegah peradangan usus akhir stres.


Apa manfaat kunyit untuk kecantikan? Selain baik untuk kesehatan tubuh, kunyit mengandung antioksidan dan antiradang. Keduanya menunjukkan sejumlah manfaat kunyit untuk wajah yang bisa menunjukkan kilau dan cerah alami pada kulit.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan 

1. Masker kunyit kasturi

Di samping fungsinya sebagai bumbu rempah kuliner tradisional, masker kunyit bisa dipakai sebagai cara untuk menghilangkan komedo. Tapi perlu diingat juga bila jenis kunyit biasa sanggup menodai kulit, dampaknya kulit bisa berwarna kuning jingga. Kunyit yang bisa dipakai dalam menciptakan masker kunyit yaitu kunyit kasturi.

Cara menciptakan masker kunyit kasturi:
  • Ambil satu sendok makan kunyit kasturi.
  • Masukkan ke dalam adonan minyak kelapa hingga teksturnya ibarat pasta.
  • Oleskan ke penggalan wajah yang terdapat komedo, diamkan hingga 10 menit.
  • Pijat lembut di penggalan T zone (jidat, hidung dan dagu).
  • Bilas dengan air hangat dan lakukan dengan rutin untuk mencegah komedo tiba lagi.

2. Masker kunyit dan pepaya

Masker dari buah pepaya umumnya cocok untuk semua jenis kulit wajah, termasuk kulit wajah sensitif. Pepaya mentah mengandung enzim yang disebut “papain” yang sanggup meminimalisir pertumbuhan rambut halus dengan memecah folikel daerah rambut bertumbuh.

Cara membuatnya sebagai berikut:
  • Kupas pepaya mentah dan potong kecil-kecil.
  • Tumbuk pepaya hingga menjadi adonan kasar.
  • Ambil 2 sendok adonan pepaya yang sudah ditumbuk.
  • Campurkan dengan 1/2 sdt debu kunyit. Aduk rata.
  • Oleskan masker pada wajah atau penggalan tubuh  yang diinginkan.
  • Pijat lembut kulit yang telah dilapisi masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air.
  • Ulangi mekanisme 2-3 kali seminggu untuk mendapat hasil terbaik.

3. Masker kunyit dan yoghurt

Manfaat kunyit untuk wajah tidak hanya sekadar untuk mengecilkan pori-pori atau menciptakan kulit nampak lebih cerah saja. Masker kunyit dan adonan yoghurt juga bisa membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Kandungan zat anti-inflamasi pada masker kunyit sanggup menciptakan jaringan bekas jerawat tidak meradang.

 Anda bisa memakai masker kunyit dan yoghurt untuk wajah dengan cara berikut ini:
  • Ambil 2 sendok teh kunyit bubuk, 4 sendok makan yoghurt plain dingin, dan madu.
  • campurkan yoghurt dan kunyit debu perlahan hingga warna kuning merata.
  • Diamkan dan dinginkan di lemari pendingin 10-15 menit.
  • Sesudahnya campurkan dengan madu.
  • Oleskan ke wajah yang telah dibersihkan dengan perlahan-lahan. 
  • Hindari penggalan mata dan hidung.
  • Biarkan masker kunyit di wajah selama 15-30 menit kemudian bersihkan dengan air.
Related Posts