Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat Yang Begitu Luar Biasa

 Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa  Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa
Bukan Sekedar Sunnah, Ini Manfaat Sholat Hajat yang Begitu Luar Biasa (foto:doaniatsholat.blogspot.com)
Sholat hajat merupakan salat sunnah muakkad, namun siapa sangka sholat ini begitu istimewa !

Berikut manfaat sholat hajat dan tata caranya...

Dalam kehidupan ini, insan sebagai makhluk Allah SWT seringkali mempunyai harapan yang ia harapkan sanggup menjadi kenyataan. Baik harapan yang bersifat duniawi maupun yang bersifat akhirati.

Sebagai umat islam kita selalu dianjurkan untuk hanya meminta dan memohon kepada Allah SWT alasannya ialah hanya Allah lah satu-satunya yang sanggup mengabulkan permohonan kita. Salah satu cara untuk memberikan permohonan kita ialah melalui sholat.

Jangankan kita yang hanya insan biasa, Rasullullah yang merupakan seorang nabi yang dicintai Allah tetap meminta kepada Allah melalui sholatnya.

Sholat juga merupakan sarana bagi umat islam semoga terhubung dengan Allah SWT dan memohon petunjuk serta solusi dari kesulitan dan termasuk cara semoga hati tenang.

Salah satu sholat yang  sanggup dilakukan seseorang dikala kita ingin memohon sesuatu atau mengharapkan permintaannya dikabulkan dinamakan shalat hajat. Sholat hajat sendiri merupakan salat sunnah muakkad, dan mempunyai keutamaan yang luar biasa salah satunya buat anak muda manfaat sholat hajat untuk jodoh.

Siapa yang mempunyai hajat atau keperluan dan ingin Allah mengabulkannya, hendaklah menunaikan sholat ini.

Kapan waktu sholat hajad?

Sholat hajat sanggup dikerjakan baik siang maupun malam. Jumlah rakaat sholat hajat sendiri sanggup dikerjakan minimal 2 rakaat hingga dengan 12 rakaat, dengan cara mengerjakannya memberi salam setiap 2 rakaat.

Sehingga untuk para umat muslim yang sekiranya sedang mempunyai sebuah hajat, maka alangkah baiknya apabila anda mengerjakan sholat sunnah hajat ini. Karena sholat hajat merupakan salah satu jenis sholat sunnah yang paling utama bagi mereka yang mempunyai hajat selain sholat tahajud.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist berikut :

Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang insan dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian shalat dua rakaat (shalat hajat), kemudian memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim…” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Manfaat Sholat Hajat dan Tata Caranya


Gambar ilustrasi (kabarmakkah.com)

Manfaat shalat hajat amat luar biasa. Siapa yang melaksanakan shalat hajat dengan segenap hati khusyuk meminta kepada Allah SWT maka segala yang ia minta akan dikabulkan oleh Allah SWT sebagaimana yang disebutkan dalam hadist berikut ini :

Siapa yang berwudhu dan tepat wudhunya, kemudian shalat dua rakaat (Shalat Hajat) dan tepat rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat,” (HR Ahmad).

Keajaiban sholat hajat

Salah satu keajaiban sholat hajat diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi kemudian dicantumkan Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam Shahih at Targhib wa at Tarhib di bawah judul ajuan sholat hajat dan doanya.

Dari Utsman bin Hunaif radhiyallahu ‘anhu, bahwa seorang pria buta tiba kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah semoga menyembuhkan penglihatan mataku.

Beliau bersabda, “Atau saya biarkan saja engkau (seperti itu)?

Dia berkata, “Wahai Rasulullah, hilangnya penglihatanku memberatkanku.

Rasulullah bersabda, “Pergilah kemudian berwudhulah, kemudian sholatlah dua rakaat, kemudian ucapkanlah (doa):

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِىِّ الرَّحْمَةِ يَا مُحَمَّدُ إِنِّى تَوَجَّهْتُ إِلَى رَبِّى بِكَ أَنْ يَكْشِفَ لِيْ عَنْ بَصَرِيْ اللَّهُمَّ شَفِّعْهُ فِىَّ وَ شَفِّعْنِيْ فِيْ نَفْسِيْ

Ya Allah sesungguhnya saya memohon kepadaMu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya saya menghadap kepada Tuhanku denganmu semoga Dia menyembuhkan penglihatanku. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku dan terimalah syafaatku pada diriku.”

Lalu ia pun pulang dan Allah menyembuhkan penglihatannya.” (HR. Tirmidzi; hasan)

Syaikh Nashiruddin Al Albani menjelaskan bahwa arti “wa syaffi’nii fii nafsii” ialah terimalah syafaatku pada diriku yang maksudnya terimalah doaku.

Bacaan doa dan tata cara salat hajat

Berikut ini ialah tata cara mendirikan shalat hajat. Shalat hajat sanggup dilakukan dengan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat sama menyerupai kalau melaksanakan shalat dhuha maupun shalat tahajud.

1. Ambil wudhu dan lakukan dengan memperhatikan cara berwudhu yang benar.

2. Membaca niat.

Sebelum melaksanakan shalat awalilah dengan membaca niat sebagai berikut

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatal haajati rak’aataini lillaahi ta’aala

Yang artinya :  Aku niat shalat sunnah hajat dua rakaat alasannya ialah Allah ta’ala.

3. Dirikanlah shalat hajat dengan khusyuk.

Pada rakaat pertama bacalah surat Al Fatihah dan dilanjutkan dengan ayat dingklik sementara pada rakaat kedua bacalah surat Al Ikhlas sesudah membaca surat Al fatiha.

4. Setelah selesai shalat berzikirlah kepada Allah dengan membaca kalimat istighfar sebanyak 100 kali.

5. Kemudian panjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak 100 kali.

Berikut ialah bacaan shalawat :

Allahuma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridhar ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas jungjunan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.

: Tata Cara Sholat Hajat Khusus Rejeki, InsyaAllah Terkabul


6. Terakhir bacalah doa shalat hajat dan panjatkan doa kepada Allah dengan menyebutkan maksud dan tujuan melaksanakan shalat hajat.

Ucapkan permohonan atau undangan yang dimaksud dalam doa dengan sungguh-sungguh sehingga Allah berkenan untuk mengabulkannya.

Ada dua doa yang harusnya dibaca sesudah shalat hajat  yakni :

a. Doa pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ. لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ. سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. أَسْئَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةِ مِنْ كُلِّ بِـرٍّ وَ السَّلاَمَةِ مِنْ كُلَّ إِثْمٍ. لاَ تَدَعْ لَنَا ذَنْبـًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَ لاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَ لاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَـا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya : Segala Puji bagi Allah yang kuasa semesta Alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada yang kuasa melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah. Maha suci Allah, yang kuasa pemelihara ‘Arasy yang Maha Agung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu saya memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh laba pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang menerima kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.

Atau dengan membaca

اسئلك بمعاقد العز من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك وباسمك الاعظم ووجهك الأعلى وكلما تك التامت ان تقضى حاجتى ….

Artinya : Ya Allah, bekerjsama saya memohon kepada-Mu dengan serba keteguhan kemuliaan Arasy Engkau, dan sepucuk rahmat yang telah engkau tentukan dalam kitabmu, dan dengan nama-Mu yang Agung dan wajah-Mu yang maha Tinggi, dan kalimat-Mu yang maha sempurna. Ya Allah penuhilah hajatku … ( sebutkan maksud yang ingin anda peroleh).

b. Doa kedua

سبحان الذى لبس العز وقال به سبحان الذى تعطف بالمجد وتكرم به سبحان ا الرحمة من كتابك وباسمك الأعظم ووجهك الأعلى وكلماتك التامات التى لايجاوزهن بر ولا فاجر ان تصلى على محم وعلى ال محمدلذى احصى كل شىئ بعلمه سبحان الذى لا ينبغى التسبيح الاله سبحان ذى العذ والكرم سبحان ذى الطول اسئلك بمعاقد العذ من عرشك ومنتهى

Artinya : Maha suci dzat mengenakan sifat keutamaan, dan firmannya : Maha suci dzat mengenakan sifat ketinggian dan menjadi mulia alasannya ialah sifat keluhuran itu. Maha Suci dzat yang menghitung segala sesuatu alasannya ialah ilmu-Nya, Maha Suci dzat yang tidak seyogyanya memahasucikan kecuali kepada Allah, Maha Suci dzat yang mempunyai anugerah dan keutamaan, Maha Suci dzat yang mempunyai keluhuran dan kemuliaan, Maha Suci dzat yang mempunyai kekuatan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai sholat hajat, mulai dari apa keutamaan shalat hajat, wakyunya hingga tata cara sholat hajat.

Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bish shawab.
Related Posts