Clift Sangra Bongkar Isi Surat Wasiat Suzzanna, Misteri Pemakaman Belakang Layar Akirnya Terungkap


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

Masih saja bikin merinding...

Setelah 10 tahun berlalu, Clift Sangra hasilnya memerlihatkan surat wasiat Suzzanna sebelum meninggal dunia.

Terkuak, ini alasan Ratu horor Suzzanna dimakamkan rahasia dan menciptakan bayak penggemarnya penasaran.

Kepergian Suzzanna, sang Ratu Horor Indonesia masih menyisakan misteri. Banyak yang ingin tau dengan penyebab maut Suzzanna alasannya yakni pemakamannya berlangsung secara diam-diam.

Kini, sehabis 10 tahun berlalu, Clift Sangra hasilnya memerlihatkan surat wasiat Suzzanna sebelum meninggal dunia.

Clift Sangra pernah menyampaikan kalau ia menguburkan Suzzanna secara rahasia alasannya yakni usul sang Ratu Horor sebelum meninggal dunia.

Dalam program Rumpi, Clift Sangra juga menyampaikan Suzzanna tidak ingin ada bunga selain melati di pemakamannya.



"Sebelum meninggal, Suzzanna juga pernah bilang 'Pah kalau besok saya udah meninggal, tolong ya makamku dihentikan ada bunga lain selain melati'," ujar Clift Sangra.

Clift Sangra tak mengerti alasan Suzzanna tidak ingin ada bunga selain melati di tanah pemakamannya.

Ia hanya menjalankan perintah Suzzanna sebelum meninggal untuk membuang bunga selain melati yang ada di pemakaman.

"Dari kecil sudah suka melati, saya kenal itu sudah suka melati. Kaprikornus kalau ada yang nanti ngasih mawar atau kantil (Suzzanna bilang) tolong makamku disapu bersih, dibuang ya pah," katanya.

Terkait pemakaman yang berlangsung diam-diam, Clift Sangra hasilnya memperlihatkan surat wasiat Suzzanna sebelum meninggal.


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

Sejak 2004 silam, Suzzanna sudah menulis surat wasiatnya mengenai mekanisme pemakamannya yang hanya boleh dilakukan oleh suaminya, Clift Sangra.

Suzzanna meminta pihak keluarga dan orang lain tidak ikut campur dalam pemakamannya di hari kepergiannya.

Ia juga tidak berkenan jenazahnya diletakkan ke dalam peti mati dan dilihat banyak orang.

"Jadi kurang lebih begini pernyataannya (di surat wasiat) Rabu 26 Mei 2004, Nyonya Suzzanna lahir di Bogor biar pada supaya nanti pada ketika meninggal dunia tidak merepotkan keluarga dan orang lain.

Saya menunjuk suami saya yaitu Clift Andro Natalia (Clift Sangra) untuk menangani segala urusan yang berkenaan dengan pemakaman diri saya.

Oleh alasannya yakni itu, saya mohon kepada pihak keluarga saya atau siapa pun tidak usah ikut campur dalam urusan pemakaman. Cukup maut atau pemakaman diri saya ditangani oleh suami saya dan kalau sekiranya diharapkan seorang dokter untuk keperluan visum serta perangkat kerukunan lingkungan yaitu RT dan RW

Saya juga tidak berkenan atas maut saya diadakan upacara keluarga. Apalagi mayat saya hingga ditaruh di peti mati dan dipertontonkan," ucap Clift Sangra membaca surat wasiat Suzzanna.

Sebelum meninggal, Clift sempat menanyakan alasan Suzzanna tidak ingin orang lain melihat jenazahnya atau mengurus pemakamannya.

Ternyata Suzzanna tidak ingin orang lain menyaksikan penampilannya dalam keadaan pucat dan kaku.

"Aku mau kalau saya meninggal yang ada dipikiran orang itu saya Suzzanna yang manis ibarat di film, Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong. Jangan mereka lihat saya di peti mati dalam keadaan kaku dan pucat. Kaprikornus mau image di masyarakat Suzzanna itu tetap manis ibarat di film, itu tujuannya," terang Clift Sangra.

Suzzanna juga menuliskan surat wasiatnya lagi pada 2007 yang menunjukan wacana pembagian warisan.


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

Dalam surat wasiat tahun 2007, Suzzanna menuliskan dua orang yang berhak mendapatkan harta warisannya yakni suaminya Clift Sangra dan anaknya Rama Yohannes.

"Harta kekayaan saya yang ada pada ketika saya meninggal dunia, baik yang berupa benda bergerak maupun benda tetap yang berupa deposito maupun bangunan rumah tinggal serta di mana pun lokasi dan wujudnya.

Diserahkan kepada suami saya Clift Andro Natalia, anak saya Rama Yohannes secara bersama untuk cuilan yang sama," ucap Clift Sangra membaca isi surat wasiat.

Selain itu, Suzzanna juga menegaskan tidak akan memperlihatkan harta kekayaan peninggalannya kepada anaknya, Kiki Maria.


Clift Sangra tunjukkan surat wasiat Suzzanna youtube/trans tv

"Untuk anak saya Kiki Maria dengan ini saya menyatakan bahwa beliau tidak berhak mewarisi harta kekayaan peninggalan saya yang masih ada," lanjut Clift Sangra.

Keputusan Suzzanna tidak memperlihatkan warisan kepada Kiki Maria pun bukan tanpa alasan.

Suzzanna menuliskan dalam surat wasiatnya bahwa ia ingin mendidik Kiki Maria biar bisa menghormati seorang ibu.

Ia juga menceritakan bahwa Kiki Maria sudah menyakiti hatinya sebagai seorang ibu yang telah melahirkan, membesar dan merawatnya penuh kasih sayang.

Meski begitu, Suzzanna menjelaskan bila ia sudah banyak memperlihatkan harta kekayaannya kepada Kiki Maria semasa hidup.

Kiki Maria telah mendapatkan cuilan berupa uang tunai, deposito, bangunan rumah tinggal dan beberapa kebutuhan hidup selama Suzzanna hidup, meski Kiki sudah berumah tangga.

Suzzanna menulis surat wasiat itu dalam keadaan sadar dan melibatkan notaris. Clift Sangra juga memperlihatkan tanda tangan orisinil di atas materai yang tertera di surat wasiat Suzzanna.

Bahkan surat wasiat Suzzana tersebut sudah didaftarkan dan disahkan oleh Balai Harta Peninggalan Semarang.