Fakta Menarik Ihwal Manfaat Jahe Untuk Badan

Image Source: pixabay.com/ginger-vegetables-food-1960613


Jahe merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Manfaat jahe bukan hanya sebagai flora yang bisa menghangatkan badan saja.


Apa manfaat jahe bagi kesehatan? Berikut ini klarifikasi perihal manfaat jahe bagi kesehatan.

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

1. Mengatasi duduk masalah pencernaan

Apa saja manfaat jahe merah? Manfaat jahe merah mempunyai fungsi dalam mengatasi duduk masalah pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan tanda-tanda iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, dan membantu pergerakan masakan dan minuman selama berada di pencernaan.
Jahe disebut sebagai carminative, yaitu sanggup membantu mengeluarkan gas berlebih pada sistem pencernaan Anda.

2. Mengurangi mual

Manfaat jahe lainnya sanggup meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness (khususnya ibu hamil), vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Anda sanggup memakan jahe secara mentah atau menjadikannya minuman, dalam bentuk permen juga sanggup bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

3. Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa, mengkonsumsi pemanis jahe setiap hari sanggup mengurangi sakit pada otot yang diakibatkan berolahraga. Manfaat jahe juga sanggup mengurangi sakit akhir dysmenorrhea, rasa sakit dikala menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% perempuan merasa rasa sakit ketika menstruasi, rasa sakit tersebut sanggup berkurang sehabis mengkonsumsi jahe.

4. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Apa saja manfaat jahe untuk wajah? Jahe merupakan salah satu jenis masakan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga sanggup memicu keluarnya keringat. Para andal meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi badan dari kuman menyerupai E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang sanggup mengakibatkan penyakit kulit.

Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama ketika sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat sanggup melindungi Anda dari mikroorganisme yang sanggup mengakibatkan infeksi kulit.

5. Mencegah kanker

Salah satu kandungan jahe yang berperan dalam mencegah kanker yaitu gingerol dan phytonutrient dalam jahe, yang memperlihatkan rasa  yang unik pada jahe. Gingerol ternyata sanggup mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

University of Minnesota melaksanakan percobaan kepada sekelompok tikus, peneliti yang sama lalu menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol ternyata juga sanggup mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitian tersebut memperlihatkan hasil positif, gingerol dinilai bisa mencegah penyebaran dan bertambahnya sel tumor yang sudah tidak sanggup diatasi.

6. Sebagai anti peradangan

Apa saja manfaat minum air jahe? Hal ini menjelaskan, gingerol ternyata juga bersifat anti-inflamatori(Anti Peradangan). Penderita penyakit persendian menyerupai osteoarthritis dan rematik melaporkan berkurangnya rasa sakit tersebut sehabis mengkonsumsi jahe secara teratur.

Mengkonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit, tetapi juga mengurangi pembengkakan pada kepingan yang sakit. Jahe sanggup menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam badan menyerupai sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

7. Meningkatkan kesuburan pria

Jahe mengandung antioksidan dan mempunyai androgenik. Sehingga, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe sanggup meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga sanggup meningkatkan kesuburan pada pria. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memperkuat temuan ini.
Related Posts